Jawa Barat dikenal dengan makanan dan kudapan yang beragam. Kali ini PhiRadio akan mengajak SobatPhi untuk mengenal lima jenis camilan dan makanan lezat yang berasal dari Jawa Barat.

Ini Dia 5 Makanan Terenak Khas Jawa Barat, Dijamin, Bikin Inget Terus, berikut ulasannya:

  1. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom ini adalah menu makanan berat yang terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan. Nasi tutug oncom ini memiliki perpaduan rasa yang unik, yakni asin dan gurih dari oncom serta pulen dan manisnya nasi menambah nikmatnya sajian khas Tanah Pasundan ini. Nasi tutug oncom ini asalnya dari Tasikmalaya, namun hidangan ini dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Jawa Barat.

  1. Opak

Opak adalah makanan khas Jawa Barat yang mudah ditemukan dimana-mana. Opak sendiri memiliki beberapa varian seperti opak singkong dan opak ketan. Semua bahan opak ditumbuk hingga halus, kemudian adonannya dibentuk bulat pipih. Setelah itu, adonan opak dijemur. Bila proses menjemur telah selesai, opak bisa langsung dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar.



  1. Surabi

Surabi adalah salah satu kue tradisional khas Jawa Barat yang terkenal akan kelezatannya. Surabi dibagi menjadi dua varian, yakni manis dan asin. Zaman dulu, surabi hanya diisi telur atau oncom. Namun kini, para pemilik kedai atau warung surabi telah berinovasi dengan menambahkan berbagai macam topping pada sajian tradisional ini. Mulai dari menambahkan sosis sampai keju mozarella.

  1. Peuyeum

Ada juga cemilan manis dari Jawa Barat yang sangat terkenal, yakni peuyeum. Hasil olahan fermentasi dari singkong ini sering juga dinamakan sebagai tape singkong. Singkong yang digunakan akan dikukus lalu ditaburi dengan ragi untuk merangsang pertumbuhan jamur pada singkong. Peuyeum bisa menjadi makanan pengganjal perut yang bikin nagih banget!

  1. Lotek dan Karedok

SobatPhi pernah menyantap gado-gado? Nah, lotek dan karedok mirip dengan gado-gado. Makanan ini berisi beberapa jenis sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Bedanya, bumbu kacang untuk lotek ini kadang-kadang menggunakan terasi, sedangkan gado-gado tidak memakai terasi. Kadang-kadang penjual lotek juga menambahkan bakwan, ketupat, telur, dan juga kerupuk. Tingkat kepedasan lotek juga bisa disesuaikan dengan selera kita, lho.

Itulah 5 makanan khas Jawa Barat yang sudah tersohor kelezatannya. Semuanya bisa ditemukan dengan mudah di kedai makan, warung, atau restoran. Nah, SobatPhi suka yang mana?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Inovasi Keyboard Braille Karya Pelajar SMP
Inovasi Keyboard Braille Karya Pelajar SMP

Prodi Langka Di Indonesia Tidak Semua PTN Punya

Siat Geni Perang Api Para Pemuda Bali

Close