Ajang Academy Awards memberikan penghargaan terhadap Joaquin Phoenix sebagai Aktor Terbaik pada Piala Oscar 2020 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Senin (10/02/2020).

academy award 2020

Prestasi dari pemeran karakter Arthur Fleck pada film Joker tersebut menyingkirkan nominasi aktor lainnya seperti Jonathan Pryce, Adam Driver, Antonio banderas dan Leonardo Dicaprio.

Joaquin Phoenix

Film Joker yang rilis pada Oktober 2019 lalu nyatanya mampu membawa Joaquin Phoenix meraih kemenangan di Oscar 2020. Ia memerankan tokoh Arthur Fleck atau yang dikenal dengan Joker sebagai musuh Batman.

Warner Bros sebagai rumah produksi dari film karya sutradara Todd Phillips ini mampu meraih pendapatan hingga US$ 93,5 juta atau senilai Rp 1,3 triliun pada pekan pertama, seperti dilansir oleh CNBC.



Totalitas Joaquin dalam dunia akting tidak perlu diragukan lagi. Bahkan adik dari River Phoenix ini harus melakukan banyak hal, salah satunya adalah makan apel setiap hari agar terlihat kurus.

Berkat totalitasnya tersebut tak hanya Oscar 2020 yang menjemput salah satu catatan bersejarah dalam karirnya. Joaquin pernah meraih Golden Globe ke-77 di Beverly Hilton, Los Angeles, Amerika Serikat. Selain itu pada Oscar 2006 Ia juga pernah masuk menjadi nominasi pada film Walk The Line dan The Master pada Oscar 2013.

Dilansir oleh Tirto, dalam pidato kemenangannya, Joaquin meminta manusia untuk tidak berkelahi satu sama lain serta berhenti menjarah sumber daya alam yang ada di bumi.

Ia menutup pidato kemenangannya dengan untaian lirik emosional yang ditulis oleh mendiang kakanya, River Phoenix.

“Melarikan diri untuk selamat dengan cinta, dan kedamaian akan mengikutinya.” pungkas Jaoquin.

Karakter Yang Berbeda Antara Komik dan Film

Film Joker karya Todd Phillips ini menceritakan tentang permusuhan antara Arthur Fleck yaitu Joker dengan Batman. Joker mengawali film bernilai 8.6/10 menurut Internet Movie Database (IMDB) dengan pencarian jati diri di Kota Gotham.

Joker bekerja sehari-hari sebagai badut. Ibunya mengatakan, pada dasarnya Fleck hanya ingin membuat orang lain tertawa. Malam harinya ia tampil sebagai komika. Namun entah bagaimana lelucon yang ia lemparkan selalu berbalik kepadanya.

Ditengah serbuan ejekan dan riak tawa para penonton, akhirnya Fleck membuat keputusan jahat dengan melahirkan jati diri sebagai Joker.

Joker sejatinya adalah karakter penjahat super fiksi yang lahir dari ide Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson. Karakter ini pertama kali muncuk dalam debut komik Batman yang diterbitkan oleh Komik DC.

Karakter Joker pada film dan komik ternyata memang dibuat berbeda oleh sang sutradara, Todd Phillips. Ia mengatakan mungkin ini akan membuat banyak orang marah. Phillips juga menjelaskan bahwa karakter yang muncul dalam film tidak mengikuti apapun dalam serial Komik DC.

Namun begitu, ternyata film Joker sempat meraih penghargaan tertinggi dalam Venice Film Festival, seperti yang dilansir oleh Tirto. ***Prabowo Wisnu Dwiyono Asmoro

Referensi : Tirto | CNBC | Empire

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Makanan Khas Jawa Barat Yang Enak
Makanan Khas Jawa Barat Yang Enak

Inovasi Keyboard Braille Karya Pelajar SMP
Inovasi Keyboard Braille Karya Pelajar SMP

Prodi Langka Di Indonesia Tidak Semua PTN Punya

Close