dLuz.club

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Monitoring Konsumsi Daya Listrik Yang Berbasis loT, tiga mahasiswa Universits Negeri Yogyakarta (UNY) membuat inovasi alat monitoring konsumsi daya listrik berbasis internet of thing (IOT).

Alat ini dapat memonitor penggunaan daya listrik secara otomatis, sehingga konsumen dapat mengatahui berapa konsumsi hari itu. Karya ini berhasil meraih dana Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta.

Baca Yuk :

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Monitoring Konsumsi Daya Listrik Yang Berbasis loT

Penghitungan pemakaian listrik sebagai dasar untuk pembayaran tagihan tiap bulan dapat diketaui di kWh meter, baik yang analog maupun digital.

Dari kWh meter tersebut diketahui berapa jumlahnya yang dipakai. Pemakaiannya sedikit pembayarannya juga kecil, sebaliknya pemakainnya banyak pembayaannya juga besar.

Akan tetapi, konsumen jarang mengecek berapa pengunaan per harinya. Mereka hanya langsung mendapatkan berapa tagihan yang harus dibayar tiap bulan, dengan mengetahui pemakaian tiap harinya selain bisa mengontrol agar penggunaannya tidak terlalu banyak juga menghemat konsumsi listrik.

Oleh karena itu, tiga mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merancang alat untuk pemantau yang dapat melaporkan konsumsi daya listrik yang digunakan tiap harinya. Masyarakat membutuhkan alat untuk memantau penggunaan daya tiap harinya, agar dapat menghemat konsumsi listrik pabrik.

Tiga mahasiswa UNY itu, adalah:

  1. Oktania Hasna Sulistiyaningrum (Prodi Pendidikan Teknik Elektro),
  2. Patriya Rusdi Pratama (Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika) dan
  3. Dafa Zenita Qotrunnada (Prodi Pendidikan Teknik Informatika).

Karya ini berhasil meraih dana Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta.

Alat ini diharapkan dapat berguna untuk penghematan energi listrik di Indonesia dan menyelamatkan bumi” kata Oktania Hasna Sulistiyaningrum .

Alat tersebut menggunakan mikrokontroler arduino uno sebagai otak pengendali. Arduino uno diprogram untuk mengeluarkan nilai tarif daya tiap jam lalu tiap pukul 00:00 diupload ke web.

“Alat ini dapat melaporkan konsumsi daya pada hari itu juga dan konsumen dapat melihat langsung melalui web yang hanya dapat login oleh konsumen saja,” jelasnya.

Alat yang dibutuhkan adalah Sensor Arus ACS712, Sensor Tegangan AC ZMPT101B, Modul Relay, Wemos D1 Mini, LCD dan Arduino Uno, Ujar Patriya.

Untuk cara kerjanya yaitu  alat membaca sensor arus dan tegangan, kemudian data sensor diolah lalu masuk pengendalian modul relay. Kemudian data dikirim dari Arduino uno ke Wemos D1 Mini dan diolah kembali untuk diunggah di internet dan ditampilkan pada layar LCD.

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Monitoring Konsumsi Daya Listrik Yang Berbasis loT

Referensi:

  • https://www.uny.ac.id
  • https://edukasi.sindonews.com
  • https://www.medcom.id
Baca Yuk :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now