Mahasiswa Unpad Buat Program Wisata Virtual Layaknya Tur Sungguhan. Mahasiswa Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjutan Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat program wisata virtual ke sejumlah destinasi di Indonesia. Program itu dibuat untuk menumbuhkan geliat sektor pariwisata selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Mahasiswa Unpad Buat Program Wisata Virtual Layaknya Tur Sungguhan

Selama pandemi Covid-19, sektor pariwisata melesu karena masyarakat harus berdiam diri di rumah. Melihat kondisi itu, lima mahasiswa Unpad, antara lain Reza Permadi, Irwan Tamrin, Fahriza Junizar, Muh. Fakhri Jamaluddin, dan Nurul Aldha, membuat program wisata virtual.

Reza Permadi selaku pemimpin kegiatan mengatakan, wisata virtual telah diselenggarakan dua kali ke dua destinasi wisata berbeda, yaitu Tana Toraja pada 26 April 2020, serta Dewa Wisata Nglanggeran pada 3 Mei 2020. Jumlah peserta pada tur kedua meningkat dibandingkan tur pertama.

Selain Tata Toraja dan Desa Wisata Nglanggeran, Reza dan kawan-kawan juga akan menggelar wisata virtual ke dua destinasi lainnya, yaitu Gunung Tambora pada 10 Mei 2020 dan Sawahlunto pada 17 Mei 2020. Pendaftaran peserta bisa dilakukan lewat tautan https://bit.ly/PirtualTour/.

Dipilihnya empat destinasi wisata tersebut bertujuan agar peserta wisata virtual menyadari bahwa destinasi wisata di Indonesia sangat beragam dan kaya perspektif. Di Toraja, peserta diajak melihat kentalnya budaya setempat. Sementara di Nglanggeran, peserta bisa melihat pemberdayaan masyarakat desa yang meraih Penghargaan Desa Wisata Terbaik Se-ASEAN.

View Program Wisata Virtual https://bit.ly/PirtualTour/

Peserta juga bisa melihat kemegahan Tambora sebagai taman bumi dan terakhir Sawahlunto yang memiliki banyak peninggalan kejayaan masa lalu sebagai wisata heritage.

Saat pandemi Covid-19, masyarakat tidak bisa berlibur. Kondisi ini kemudian menjadi bahan diskusi dalam kegiatan perkuliahan, hingga tercetuslah ide untuk membuat konsep wisata secara virtual.

View Program Wisata Virtual https://bit.ly/PirtualTour/

Ketua Program Studi Pariwisata Berkelanjutan Unpad Dr. Evi Novianti, M.Si., mengapresiasi atas inisiasi anak didiknya. Ia berharap, program yang digagas mahasiswa juga dapat direspons oleh para pemangku kepentingan pada bidang kepariwisataan. Dengan demikian, masyarakat bisa secara bersama-sama menghadapi situasi pandemi, khususnya pada sektor pariwisata.

Info lebih lanjut hubungi :
081808389325 – Fahriza (WA only)
_Follow us on Instagram_ : @pirtualproject

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01377079/mahasiswa-unpad-buat-program-wisata-virtual-layaknya-tur-sungguhan

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Memperingati-Hari-Bidan-Sedunia-2020
Memperingati Hari Bidan Sedunia 2020

Rekomendasi-5-SMK-di-Kota-Bandung
Rekomendasi 5 SMK di Kota Bandung

Robot-Medical-Assistant-ITS-Airlangga-(RAISA)-Robot-Pelayan-Pasien-COVID-19
Robot Medical Assistant ITS Airlangga (RAISA) Robot Pelayan Pasien COVID-19

Close