Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban Kelas 7 SMP PKn Halaman 14 15 Tabel 1.2 Perbedaan Antara BPUPKI dan PPKI. Pembahasan soal dan kunci jawaban dalam artikel ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi dan referensi serta memudahkan adik-adik dalam belajar. Simak soal dan pembahasan PKn kelas 7 SMP/MTS yang bersumber dari Buku Tematik Kemendikbud revisi 2017.

Pada halaman 14 15 di buku Pkn kelas 7 SMP siswa diminta untuk mengerjakan tabel 1.2 mengenai perbedaan antara BPUPKI dan PPKI.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 7 SMP PKn Halaman 14 15 Tabel 1.2 Perbedaan Antara BPUPKI dan PPKI

Berikut ini kunci jawaban Pkn kelas 7 SMP halaman 14 15:

Tabel 1.2 Perbedaan Antara BPUPKI dan PPKI

1. Waktu Pembentukannya:

– BPUPKI 1 Maret Tahun 1945

– PPKI 7 Agustus Tahun 1945

Kunci Jawaban Kelas 7 SMP PKn Halaman 14 15 Tabel 1.2 Perbedaan Antara BPUPKI dan PPKI

2. Jumlah Anggota:

– BPUPKI, Keseluruhan jumlah anggota BPUPKI adalah 67 orang di mana 60 di antaranya berasal dari pihak Indonesia dan disebut sebagai anggota aktif sementara 7 sisanya berasal dari pihak Jepang dan disebut sebagai anggota pasif.

– PPKI, Jumlah anggota dari PPKI adalah pada mulanya hanya 21 orang namun tanpa diketahui oleh pihak Jepang kemudian ditambah 6 anggota lainnya sehingga keseluruhan anggota PPKI adalah 27 orang.

3. Susunan Organisasi:

– BPUPKI

Ketua: Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat

Wakil 1: Ichibangase Yosio

Wakil 2: Raden Pandji Soeroso

Anggota: 67 Orang anggota

Kunci Jawaban Kelas 7 SMP PKn Halaman 14 15 Tabel 1.2 Perbedaan Antara BPUPKI dan PPKI

– PPKI

Ketua: Ir. Soekarno

Wakil: Drs. Mohammad Hatta

Anggota: 27 Orang anggota

4. Tugas:

– BPUPKI memiliki beberapa tugas utama seperti mempelajari serta menyelidiki hal hal penting yang berhubungan dengan berbagai hal yang menyangkut pembentukan Negara Indonesia. Di samping itu, ada beberapa tugas BPUPKI berdasarkan sidang seperti: bertugas membahas mengenai Dasar Negara, membentuk reses selama satu bulan, membentuk panitia kecil yang bertugas menampung saran-saran dan konsepsi dari para anggota, membantu panitia sembilan bersama panitia kecil, di mana panitia sembilan menghasilkan Jakarta Charter atau Piagam Jakarta.

– PPKI memiliki tugas seperti berikut ini, mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia, mengesahkan undang-undang dasar negara, memilih dan mengankat presiden dan wakil presiden Indonesia, membentuk komite nasional yang membantu tugas presiden.

Kunci Jawaban Kelas 7 SMP PKn Halaman 14 15 Tabel 1.2 Perbedaan Antara BPUPKI dan PPKI

5. Waktu

– BPUPKI, Sidang pertama tanggal 28 Mei 1945, sidang kedua diadakan pada tanggal 10-17 Juli 1945.

– PPKI, Sidang pertama diadakan pada tanggal 18 Agustus 1945, Sidang Kedua diadakan 19 Agustus 1945, Sidang ketiga diadakan di tanggal 20 Agustus 1945.

6. Hasil Sidang

– BPUPKI, hasil sidang pertama adalah perumusan sebuah dasar negara Indonesia yaitu pancasila. Hasil sidang kedua adalah pembahasan rancangan undang-undang dasar, bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara dan kewarganegaraan indonesia.

– PPKI, Hasil sidang pertama: Mengesahkan UUD 1945 beserta pembukaannya, mengganti sila pertama pancasila dengan ketuhanan yang maha esa dari kaliamat ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya, menetapkan presiden dan wakil presiden RI, membentuk komite nasional.

Hasil sidang kedua: Membagi Indonesia menjadi 8 provinsi, memilih 12 menteri dalam kabinet pertama RI pada 12 departemen.

Kunci Jawaban Kelas 7 SMP PKn Halaman 14 15 Tabel 1.2 Perbedaan Antara BPUPKI dan PPKI

Hasil sidang ketiga: membentuk PNI dan membentuk BKR.

*) Disclaimer:

1. Pembahasan di atas hanya sebagai referensi belajar.

2. Soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku di atas.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban. Siswa dapat mengembangkan jawaban yang lebih baik.

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,