Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Contoh Pemuaian pada Benda dan Cara Mengatasi Supaya Tidak Rusak dan Membahayakan. Di artikel ini akan dibahas subtema 1 tentang Suhu dan Kalor. Kunci jawaban untuk yang dibagikan dalam artikel ini yaitu dari pertanyaan di halaman 58. Berikut Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD MI Halaman 58 Subtema 1 pembelajaran 5 tentang contoh pemuaian pada benda dan cara mengatasi supaya tidak rusak dan membahayakan.

Salam giat belajar adik-adik, kita akan mempelajari Kunci Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD MI Tema 6 Panas dan Perpindahannya Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Alangkah baiknya, adik-adik terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakan soal yang ada semampunya, kemudian setelah selesai mintalah koreksi dari orang tua masing-masing.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Contoh Pemuaian pada Benda dan Cara Mengatasi Supaya Tidak Rusak dan Membahayakan

Pembelajaran 5

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, carilah benda-benda di rumahmu yang dapat mengalami pemuaian saat diberikan panas. Tentukanlah cara untuk mengatasi pemuaian yang terjadi agar tidak terjadi kerusakan pada benda tersebut dan tidak membahayakan.

Jawaban:

Contoh benda-benda di rumahmu yang dapat mengalami pemuaian saat diberikan panas

1. Contoh pemuaian benda: Kaca pada jendela

Cara mengatasi pemuaian: Memasang ukuran bingkai jendela lebih lebar dari ukuran kaca dan ukuran sebenarnya, supaya jika kaca memuai tidak pecah dan ada sedikit ruang.

2. Contoh pemuaian benda: Ban sepeda dan kendaraan bermotor

Cara mengatasi pemuaian: Memompa udara yang tidak terlalu penuh ke dalam ban sepeda dan kendaraan bermotor supaya saat ban memuai tidak mudah meletus.

3. Contoh pemuaian benda: Kabel listrik

Cara mengatasi pemuaian: Pemasangan kabel listrik dibiarkan sedikit mengendur supaya saat malam hari dan kabel menyusut tidak mudah putus dan membahayakan orang yang melintas di bawahnya.

4. Contoh pemuaian benda: Sambungan kereta api yang mudah memuai

Cara mengatasi pemuaian: Pemasangan rel kereta api dipasang dengan memberi celah antara dua batang rel yang berfungsi untuk memberikan ruang pada batang rel yang memuai nantinya agar tidak membengkok.

5. Contoh pemuaian benda: Gelas kaca yang diberi air panas

Cara mengatasi pemuaian: Sebaiknya gelas kaca dipastikan tidak basah dan dalam kondisi dingin supaya tidak pecah atau retak secara tiba-tiba saat dituangkan air panas.

Itulah pembahasan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD MI Halaman 58 Subtema 1 pembelajaran 4 tentang contoh pemuaian pada benda dan cara mengatasi supaya tidak rusak dan membahayakan.***

Disclaimer:
1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Contoh Pemuaian pada Benda dan Cara Mengatasi Supaya Tidak Rusak dan Membahayakan

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,

Streaming Now