Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?. Sekarang kita akan mempelajari pembahasan dan kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD MI subtema 2 pembelajaran 5 halaman70 71 72 73 74 76 keunikan rumah adat daerah.

Kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD MI subtema 2 pembelajaran 5 halaman 70 71 72 73 74 76, keunikan rumah adat daerah, merupakan pembahasan artikel ini. Adik adik kelas 4, berikut artikel pembahasan dan kunci jawaban soal Buku Tematik Kemendikbud revisi 2018, Tema 7 kelas 4 SD MI subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pembelajaran 5 halaman 51 52.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

Artikel ini akan membahas kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD MI subtema 2 pembelajaran 5, bersumber dari Buku Tematik Kelas 4 Kemendikbud revisi 2018, keunikan rumah adat daerah.

Alternatif kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD MI subtema 2 pembelajaran 5 halaman 70 71 72 73 74 76, keunikan rumah adat daerah, sebagai pedoman orang tua saat mendampingi kalian belajar, sehingga kalian harus berusaha mengerjakan sendiri terlebih dahulu sebelum bertanya kepada orang tua.

Adik-adik kelas 4, mari kita simak pembahasan Tema 7 kelas 4 SD MI subtema 2 pembelajaran 5 halaman 70 71 72 73 74 76 keunikan rumah adat daerah.

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD halaman 70

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

1. Di provinsi mana kalian tinggal?
2. Apa nama pakaian adat dari daerahmu?
3. Tuliskan keunikan pakaian adat daerahmu.
4. Dalam acara apa sajakah pakaian adat itu biasa digunakan?

Alternatif jawaban :

Provinsi tempat tinggal : Jawa Tengah

Nama pakaian adat: jawi jangkep dan kebaya

Keunikan:

– Jawi Jangkep adalah pakaian yang biasa digunakan pria. Jawi Jangkep terdiri dari atasan berupa baju beskap, sedangkan untuk bawahannya berupa kain jarik yang dililitkan pada ikat pinggang. Terdapat aksesoris pelengkap, seperti keris, alas kaki, blangkon untuk penutup kepala dan bunga melati yang dililitkan di bagian leher.

– Kebaya adalah pakaian yang biasa digunakan oleh wanita. Kebaya merupakan pakaian atasan biasanya dari kain beludru dan sutera. Bagian bawah sama dengan jawi jangkep yaitu berupa kain jarik. Bagian kepalanya terdapat konde yang diperindah bunga melati pada bagian atas. Terdapat aksesoris seperti cincin, kalung, gelang, subang dan kipas.

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD halaman 71

Penggunaan:

– Pakaian adat jawi jangkep dan kebaya biasanya digunakan untuk acara pernikahan adat Jawa dan perayaan adat.

sumber https://perpustakaan.id/pakaian-adat/jawa-tengah/, 18 Pebruari 2022 05.10

kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD halaman 72

Perhatikan beberapa gambar pakaian adat berikut. Tuliskan keunikan yang terlihat dari setiap pakaian daerah pada gambar.

Jawaban :

Gambar 1 Pakaian adat Bali

Keunikan :

– Pakaian adat Bali untuk wanita terdiri dari kebaya dan kamen. Atasan baju adat wanita Bali adalah kebauay. Motif kebaya Bali sangat sederhana tanpa motif. Warna kebaya Bali adalah warna yang fresh dan cerah.

Untuk bawahan baju adat wanita Bali disebut kamen. Kamen seperti kain batik, kamen motifnya sangat sederhana. Sebagian besar motif kamen wanita adalah motif bunga.

Aksesoris pakaian adat Bali untuk wanita meliputi sanggul, selendang dan sabuk prada.

– Pakaian adat Bali untuk pria jumlah kainnya lebih banyak. Atasan pada baju adat baju pria ini disebut dengan yoko. Yoko hanya memiliki satu warna, yaitu warna putih. Bentuk yoko sejenis kemeja atau jas yang berkerah.

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

Untuk bawahan menggunakan kamen. Kamen berbentuk sarung yang terbuat dari bahan yang tipis yang bermotif seperti kain batik. Bagian tengah dibentuk lancip sehingga menjulur ke tanah.

Aksesoris pakaian adat Bali untuk pria meliputi udeng dan sabuk selendang.

kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD halaman 73

Gambar 2 Pakaian adat Kalimantan Barat

Keunikan :

– Pakaian adat Kalimantan Barat untuk pria adalah King Baba. Berupa tut kepaa dengan hiasan bulu burung enggang, rompi, celana panjang setinggi lutut, serta kain yang berfungsi untuk ikat pinggang. Dan sebagai aksesoris menggunakan kalung manik.

– Pakaian adat Kalimantan Barat untuk wanita adalah King Bibinge. Berupa kain yang menutupi bagian dada, terdapat setagen dan kain tenun. Untuk aksesoris yang dikenakan yaitu bulu enggang, kalung manik dan gelang yang dikenakan di lengan atas.

Gambar 3 Pakaian adat Jawa Barat

Keunikan :

– Untuk laki-laki biasa mengenakan pakaian berwarna putih sejenis jas yang disebut Baju Bedahan. Dipadukan dengan kain kebat yang disarungkan, memakai sabuk dan juga ikat kepala yang disebut bengker. Aksesoris penutup kepala untuk pria adalah Bendo. Celana untuk pria hanya sampai betis.

– Untuk Wanita biasa mengenakan atasan pakaian kebaya dengan aneka warna dan corak. Dipadukan dengan sanggul kepala dan kain kebat sebagai rok bawahan. Ikat pinggang dan selendang berwarna disebut Beuber. Alas kaki menggunakan sandal kelom geulis dan asessoris.

Gambar 4 Pakaian adat Sulawesi Selatan

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

Keunikan :

– Pakaian adat Sulawesi selatan pria sering disebut sebagai bella dada. Bella dada dikenakan bersama setelan yang lain yaitu lipa garusuk, paroci, dan passapu. Lipa garusuk merupakan kain sarung yang biasa dililitkan di punggung. Celana untuk pria disebut paroci. Passapu adalah penutup kepala.

Bella dada memiliki bentuk seperti jas yang tertutup dengan lengan panjang, kerah dan kancing sebagai perekat dan terdapat saku di dua sisi kanan dan kiri.

– Pakaian adat Sulawesi selatan wanita disebut baju bodo atau baju bodo gesung. Penyebutan tersebut sesuai dengan bentuk baju perempuan yang terlihat menggelembung di bagian punggung.

Baju bodo terbuat dari bahan dasar kain muslin. Kain tersebut merupakan kain yang terbuat dari pintalan kapas yang kemudian dijahit secara bersamaan dengan katun. Baju bodo didesign lebih longgar dengan rongga benang yang cukup renggang.

Baju bodo memiliki bentuk baju tanpa lengan dengan sedikit jahitan. Untuk bawahan, memakai sarung dengan motif kotak-kotak. Sarung tersebut digunakan dengan cara digulung menggunakan tangan sebelah kiri.

Baju bodo juga dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris tambahan seperti cincin, bando emas, gelang, dan juga kepingan logam.

kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD halaman 74

Gambar 5 Pakaian adat Jambi

Keunikan :

– Nama baju adat Jambi wanita adalah baju kurung. Terbuat dari kain beludru. Dilengkapi dengan selendang, ikat pinggang, teratai dada atau tutup dada, dan juga pending.

Pada bagian bawah, selendang dan sarung songket merah yang ditenun dari benang sutra. Alas kaki sandal selop. Penutup kepala atau mahkota sebagai perhiasan kepala. Mahkota ini disebut pesangkon yang memiliki warna kuning dan berbentuk seperti duri pandan.

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

– Pada pakaian pria biasanya juga menggunakan baju kurung tanggung dengan lengan yang berukuran sedang. Baju kurung untuk pria memiliki panjang lengan yang hanya sampai siku saja. Oleh karena itu, baju kurung pria juga disebut sebagai baju kurung tanggung.

Baju kurung tanggung ini juga terbuat dari bahan beludru dengan tambahan dari benang emas yang membentuk motif kembang bertabur, melayu, pucuk rebung dan juga kembang berangkai.

Penutup kepala pria adalah lacak. Lacak ini terbuat dari kain beludru merah yang senada dengan baju kurung yang digunakan. Bentuknya harus tegak sehingga harus dipasangkan kertas karton di dalamnya.

Lecak ini dilengkapi dengan flora yang merupakan Bungo runci dan tali runci. Sedangkan untuk alas kaki sandal selop warna hitam.

Pembahasan ini dilansir banjarnegaraku.com dari perpustakaan.id pada 18 Februari 2022.

kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD halaman 76

1. Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam bentuk berikut.

Jawaban :

– paragraf 1 : Pakaian adat wanita Minang adalah Limpapeh Rumah Nan Gadang.

– paragraf 2 : Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang terdiri atas beberapa bagian dan memiliki keunikan masing-masing.

– paragraf 3 : Bagian penutup kepala tingkuluak.

– paragraf 1 : Baju adat batabue.

– paragraf 1 : Pelengkap perhiasan gelang dan kalung.

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

2. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut.Tuliskan dalam bentuk berikut.

Jawaban :

Informasi dari Bacaan ‘Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau’

– Pakaian adat bagi wanita Minang adalah Limpapeh Rumah Nan Gadang.

– Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang terdiri atas beberapa bagian dan memiliki keunikan masing-masing.

– Bagian penutup kepala tingkuluak berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau.

– Bagian penutup kepala untuk para pengantin biasanya memakai hiasan yang disebut suntiang.

– Baju adat batabue dipenuhi hiasan benang emas yang melambangkan kekayaan alam Minangkabau.

– Corak hiasan benang emas beragam, pada pinggir baju ada batas yang diberi benang emas dan disebut minsie.

– Baju bagian bawah berupa kain atau sarung yang disebut lambak yang terbuat dari kain tenun atau kain songket.

– Wanita Minang mengenakan selendang yang disebut salempang.

– Pelengkap perhiasan berupa gelang atau galang dan kalung atau dukuah.

Adik-adik kelas 4, itulah alternatif kunci jawaban dan pembahasan materi keunikan rumah adat daerah, pada Tema 7 kelas 4 SD MI SD MI halaman 70 71 72 73 74 76. Semangat belajar!

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

Kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD MI keunikan rumah adat daerah, adalah materi yang dipelajari yang bersumber dari Buku Tematik Kemendikbud Revisi 2018.***

Disclaimer:
1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban, Banjarnegaraku.Com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Tema 7 Halaman 70 71 72 73 74 76 Apa Keunikan Pakaian Adat Bali?

Sumber : pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,