Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 77 Kurikulum Merdeka, Menganalisis Data Kandungan Urine dan Perhitungannya dalam Aktivitas 2.12. Kunci jawaban IPA kelas 8 Aktivitas 2.12 halaman 77 ini memuat materi tentang menganalisis data kandungan urine dalam kondisi normal dan perhitungannya.

Pada buku IPA Kelas 8 SMP halaman 77, siswa diperintahkan untuk mengerjakan tugas Ayo Latihan Aktivitas 2.12. Siswa dapat melihat kunci jawaban soal IPA kelas 8 SMP halaman 77 semester 1 Kurikulum Merdeka di bawah ini sebagai panduan belajar.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 77 Kurikulum Merdeka, Menganalisis Data Kandungan Urine dan Perhitungannya dalam Aktivitas 2.12

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kunci jawaban soal IPA kelas 8 SMP halaman 77 semester 1 Kurikulum Merdeka, Mari Uji Kemampuan Kalian. Sementara di buku IPA Kelas 8 SMP halaman 77 siswa diminta untuk menjawab soal tugas Mari Uji Kemampuan Kalian.

Kunci jawaban IPA kelas 8 ini dikutip dari Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII karya Okky Fajar Tri Maryana, dkk. edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban IPA kelas 8 Semester 1 Kurikulum Merdeka ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Aktivitas 2.12

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 77 Kurikulum Merdeka, Menganalisis Data Kandungan Urine dan Perhitungannya dalam Aktivitas 2.12

Urine terbuat dari air, bahan padatan organik, dan bahan padatan anorganik. Bahan padatan organik terdiri dari urea dan asam urea. Bahan padatan anorganik terdiri dari garam dan mineral. Bahan padatan ini larut di dalam air.

Baca Yuk! :  Soal Kunci Jawaban PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Semester Ganjil

Urine adalah cairan yang dihasilkan oleh tubuh manusia dan hewan melalui proses filtrasi darah oleh ginjal. Cairan ini mengandung limbah yang terkonsentrasi, seperti urea, kreatinin, amonia, dan berbagai senyawa lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh. Proses pembentukan urine melibatkan beberapa langkah, termasuk filtrasi, reabsorpsi, dan sekresi di dalam sistem ginjal.

Setelah ginjal memproses darah dan membentuk urine, cairan ini dikumpulkan dalam kandung kemih sebelum dikeluarkan dari tubuh melalui saluran kemih. Proses pembentukan urine merupakan bagian dari sistem ekskresi, yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, serta mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan.

Warna, bau, dan komposisi urine dapat memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan seseorang. Sebagai contoh, warna urine yang gelap mungkin menunjukkan dehidrasi, sedangkan bau atau perubahan dalam komposisi kimia urine dapat menjadi indikator adanya masalah kesehatan tertentu. Jadi, analisis urine dapat digunakan sebagai alat diagnostik dalam bidang kedokteran untuk menilai kondisi kesehatan seseorang.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 77 Kurikulum Merdeka, Menganalisis Data Kandungan Urine dan Perhitungannya dalam Aktivitas 2.12

Menghitung

1)┬áHitung dan beri label pada grafik ‘Kandungan Urine dalam Kondisi Normal’.

Berapa persentase bahan padat yang terkandung di dalam urine?

Hitung dan beri label pada grafik ‘Bahan Padatan di Dalam Urine yang Normal’.

Berapa persentase urea yang terdapat di dalam urine?

Kunci jawaban:

Berdasarkan grafik, bisa terlihat dengan jelas bahwa persentase bahan padat yang terkandung dalam urine adalah 5%.

Berdasarkan grafik, bisa terlihat dengan jelas bahwa persentase urea yang terdapat dalam urine yaitu 45%.

Baca Yuk! :  Soal Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA SMK Halaman 162 dan 163 Perbedaan Puisi dan Kunci Jawaban

Jika ingin menghitungnya ke dalam satuan besaran lain, harus ada variabel tambahan sebagai pembanding, seperti kadar dalam gram atau ml.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 77 Kurikulum Merdeka, Menganalisis Data Kandungan Urine dan Perhitungannya dalam Aktivitas 2.12

Tantangan

2)┬áCoba lihat grafik ‘Kandungan Urine dalam Kondisi Normal’. Apakah ada pengaruh persentase air dengan kondisi kesehatan seseorang?

Jika terjadi penurunan tajam persentase air dalam grafik tersebut, apakah pengaruhnya terhadap kesehatan manusia?

Kunci jawaban:

Ada pengaruh antara persentase air dan kondisi kesehatan seseorang, karena pada dasarnya tubuh manusia mengandung hampir 70% air.

Jika ada penurunan jumlah air secara drastis, kemungkinan terbesarnya orang tersebut akan mengalami dehidrasi atau mengidap penyakit tertentu.

Urine dalam kondisi normal mengandung berbagai zat-zat yang berasal dari proses metabolisme tubuh dan proses pembentukan urine di dalam ginjal. Beberapa kandungan urine yang normal meliputi:

  1. Air: Komponen utama urine adalah air. Kandungan air dalam urine dapat bervariasi tergantung pada tingkat hidrasi tubuh. Pada umumnya, urine manusia mengandung sekitar 95% air.
  2. Urea: Urea adalah senyawa nitrogen yang dihasilkan sebagai hasil pemecahan protein dalam tubuh. Ginjal membuang urea dari darah ke dalam urine.
  3. Kreatinin: Kreatinin adalah produk sampingan dari pemecahan kreatin fosfat, yang ditemukan dalam otot. Kreatinin diekskresikan oleh ginjal sebagai limbah.
  4. Asam urat: Asam urat adalah produk sampingan dari metabolisme purin, yang ditemukan dalam makanan dan sel-sel tubuh. Ginjal mengeluarkan asam urat melalui urine.
  5. Elektrolit: Urine juga mengandung elektrolit seperti natrium, kalium, klorida, dan bikarbonat. Keseimbangan elektrolit dalam urine penting untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh.
  6. Urobilin: Urobilin adalah pigmen yang memberikan warna kuning pada urine dan berasal dari pemecahan hemoglobin dalam sel darah merah yang tua.
  7. Ammonia: Ammonia adalah zat yang berasal dari metabolisme protein. Ginjal membantu mengeluarkan ammonia yang berlebih melalui urine.
Baca Yuk! :  SIM KELILING Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Senin 20 November 2023

Perlu diingat bahwa kandungan urine dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti diet, tingkat aktivitas fisik, dan kesehatan umum. Pemeriksaan urine dapat memberikan informasi penting tentang kondisi kesehatan, dan perubahan dalam warna, bau, atau komposisi urine dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diidentifikasi dan diatasi.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Halaman 77 Kurikulum Merdeka, Menganalisis Data Kandungan Urine dan Perhitungannya dalam Aktivitas 2.12

Itulah kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 77 Kurikulum Merdeka tentang menganalisis data kandungan urine dan perhitungannya. Semoga bermanfaat.

Sekadar informasi, kunci jawaban ini hanyalah referensi belajar, siswa dapat mengeksplorasi jawaban lebih baik sesuai kemampuan diri.

Sumber :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming