Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Keju Termahal D.unia Hingga Rp24 Juta, Terbuat dari Susu Kedelai. Keju pule merupakan keju termahal di dunia yang berharga hingga 1.700 dolar Amerika Serikat pada 2016.

Jika dikonversikan menurut kurs Rupiah pada November 2021, keju pule saat ini berharga sekitar Rp 24 juta per 450 gram.

Baca Yuk :

Keju Termahal D.unia Hingga Rp24 Juta, Terbuat dari Susu Kedelai

Melansir Atlas Obscura, keju pule terbuat dari keledai Balkan yang memiliki kualitas terbaik untuk membuat keju.

Keju pule berwarna putih dan memiliki tekstur rapuh. Selain itu, keju termahal ini memiliki cita rasa mirip manchego, keju bertekstur keras dari Spanyol.

Tidak ada bahan mahal yang ditambahkan untuk membuat keju pule. Hanya saja, susu keledai yang digunakan sangat langka dan sulit diproduksi.

Keledai yang digunakan untuk memerah bahan pembuat keju pule merupakan keledai jinak yang diternak di cagar alam Serbia bernama Zasavica.

Seekor keledai betina bernama Jenny, misalnya. Jenny hanya menghasilkan sekitar satu setengah hingga dua liter susu per hari.

Berbeda dengan Jenny, seekor sapi umumnya diketahui mampu menghasilak susu sebanyak 60 liter.

Susu keledai mengandung padatan yang jauh lebih sedikit daripada susu sapi. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak jumlah susu yang digunakan untuk membuat keju.

Selain langkanya bahan baku, harga keju pule yang mahal juga dipengaruhi biaya tenaga kerja untuk membuat keju ini.

Setidaknya, proses memerah keledai harus dilakukan tiga kali sehari, langsung dengan tangan tanpa bantuan mesin. Sebab, tidak ada mesin pemerah susu yang dapat mengakomodasi industri kecil dan khusus.

Terlepas dari harga keju pule yang mahal, basis susu dan kandungan nutrisi di dalamnya disebut sangat mirip dengan air susu ibu (ASI).

Keju Termahal D.unia Hingga Rp24 Juta, Terbuat dari Susu Kedelai

Sumber : https://www.kompas.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now