Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Yuk Intip Pendidikan dan Biaya untuk Menjadi Pramugari  Pramugari merupakan salah satu profesi yang dianggap bergengsi, karena menganggap bahwa untuk menjadi Pramugari dibutuhkan banyak syarat yang harus dipenuhi terutama dari segi fisik.

Dapat bekerja sambil berkeliling Indonesia, bahkan negara-negara lain di dunia tentu menjadi keinginan banyak orang. Tapi, untuk menjadi pramugari tidak hanya dibutuhkan modal fisik, tapi juga pengetahuan. Ketika kamu ingin menjadi pramugari, kamu juga perlu masuk ke Sekolah khusus yang menyediakan jurusan Pramugari.

Baca Yuk :

Di Indonesia sudah cukup banyak sekolah pramugari, kalian bisa mengambil Program Studi Pendidikan Pramugari setelah lulus dari SMA/SMK. Untuk dapat bekerja menjadi pramugari di berbagai maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, kalian harus mempunyai modal.
Di antaranya telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan sebagai pramugari, melewati berbagai rangkaian tes, seperti tes administrasi, tes kesehatan, tes fisik, dan wawancara.

Dalam pendidikan pramugari, nantinya kalian akan diajari berbagai standar prosedur pelayanan yang perlu diketahui, dan dilakukan ketika bekerja, seperti bagaimana cara pelayanan dan berkomunikasi dengan penumpang, menangani keadaan darurat ketika sesuatu yang buruk terjadi, berbagai manner dan pengetahuan-pengetahuan lain yang diperlukan, penguasaan Bahasa asing untuk melayani penumpang WNA, dan sebagainya.

Untuk masuk ke dalam sekolah Pramugari juga diperlukan berbagai syarat yang harus dipenuhi, dan kalian juga perlu menyiapkan biaya selama menempuh pendidikan Pramugari. Yuk Intip pendidikan yang ditempuh dan biaya untuk menjadi Pramugari:

Di Indonesia, peluang kerja untuk pramugari sudah semakin terbuka lebar. Sudah ada kurang lebih 20 Sekolah Pramugari di Indonesia yang siap melahirkan pramugari/pramugara yang berkualitas dan dapat bersaing di dunia kerja.

Beberapa sekolah pramugari yakni, FAAST (Flight Attendant and Airline Staff Training) Penerbangan, PSPP Penerbangan (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari), dan P3 (Pelatihan Pramugari Pramugara) Nusantara, Sekolah Airlines Crew Jogja Flight Surabaya, Total OutSource Development, dan Tamtaman Training Center.

Untuk masuk ke Sekolah pramugari di Indonesia, diperlukan syarat umum yang hampir sama rata di setiap sekolah, dan beberapa syarat khusus sesuai kebijakan masing-masing sekolah pramugari. Biaya pendidikan yang diperlukan juga berbeda.

Syarat umum yang biasanya diajukan oleh setiap Sekolah Pramugari, yakni:
1) Pria/wanita
2) Mempunyai minimum pendidikan SMA/SMK
3) Bebas Narkoba
4) Sehat jasmani dan rohani
5) Belum menikah
6) Tidak Tatoan

Sedangkan berikut syarat-syarat khusus dan biaya pendidikan di beberapa Sekolah Pramugari:

1. FAAST Penerbangan

FAAST Penerbangan adalah salah satu sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia. Dilansir dari sekolahpenerbangan.com, FAAST Penerbangan memiliki syarat khusus pendaftaran yaitu:
1) Tidak memiliki minus lebih dari -2.00, silinder C-1.00
2) Wanita memiliki tinggi minimum 160 cm
3) Pria memiliki tinggi minimum 170 cm

Biaya yang dikeluarkan untuk masuk Sekolah Pramugari ini, diperlukan biaya pendaftaran sebesar Rp250 ribu, dan biaya pendidikan sebesar Rp38,5 Juta. Biaya pendidikan ini dapat dicicil. Tapi, bagi Peserta pendidikan yang membayar secara lunas akan mendapatkan fasilitas tambahan secara gratis, seperti gratis tambahan les Bahasa inggris, dan gratis biaya tempat tinggal selama mengikuti menempuh pendidikan.

Lama pendidikan pramugari yang ditempuh di FAAST Penerbangan terbilang cukup singkat, yakni selama 7 Bulan. 5 Bulan masa belajar di Sekolah, dan 2 bulan pelaksanaan on the job training atau OJT.

2. PSPP Penerbangan
Selain syarat umum, syarat khusus untuk melakukan pendaftaran di Sekolah Pramugari PSPP, adalah:
1) Usia 18-22 tahun
2) Tidak buta warna
3) Perempuan dengan tinggi minimum 160 cm

Pendidikan yang ditempuh di Sekolah Pramugari ini hanya 6 bulan, 4 bulan di kampus, dan 2 bulan OJT.

Dilansir dari pspp-integrated.com, Biaya yang dibutuhkan untuk pendaftaran sebesar Rp300 ribu, dan biaya pendidikan dikenakan Rp42 juta dengan berbagai fasilitas pendidikan yang mendukung

3. P3 Nusantara
Sekolah Pramugari P3 Nusantara ini juga merupakan sekolah pramugari terbaik, yang Terakreditasi A.
Syarat khusus untuk masuk Sekolah Pramugari P3 Nusantara adalah:
1) Perempuan memiliki tinggi minimum 158cm, maksimal 172 cm
2) Mampu berbahasa Inggris (Tulisan dan Lisan)
3) Memiliki kepribadian positif dan menyenangkan

Biaya pendaftaran yang dikenakan sebesar Rp200 ribu, dan biaya pendidikan Rp39,5 juta dengan berbagai fasilitas pendidikan yang diberikan. Dikutip dari p3nusantara.co.id, Biaya pendidikan tersebut juga sudah termasuk biaya pelatihan salama 4 bulan dan transportasi. Peserta juga akan akan melakukan OJT (On the job training) selama 3 bulan yang akan di tempatkan di hotel bintang 4 dan 5.

Di atas sudah tertera beberapa syarat umum dan khusus untuk masuk ke Sekolah Pramugari beserta biaya pendidikan yang dibutuhkan. Setelah kamu lulus dari Sekolah Pramugari tersebut, kamu dapat melanjutkan ke jenjang karier pramugari di berbagai maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, bahkan dunia.

 

Yuk Intip Pendidikan dan Biaya untuk Menjadi Pramugari

Sumber: https://www.sindonews.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now