Greeone

Berikut Ini Info Beasiswa S1 di Kanada Kanada menjadi salah satu destinasi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Bagi yang ingin belajar dengan menikmati suasana dan budaya berbeda di Kanada simak informasi beasiswa yang ditawarkan University of British Columbia di Kanada berikut ini.

Kanada, negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri Justin Trudeau ini menjadi negara yang populer sebagai tujuan pelajar internasional melanjutkan studi karena adanya standar pendidikan yang tinggi dan biaya yang terjangkau, serta keberagaman penduduknya yang juga menjadikan negara ini ramah bagi pendatang.

Baca Yuk :

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Selasa (23/11/2021), University of British Columbia (UBC) menawarkan beasiswa untuk pelajar internasional. Program beasiswa ini bernama International Major Entrance Scholarship (IMES) yang menawarkan kuliah S1 gratis di Kanada.

Program ini akan menanggung biaya pendidikan dari penerima sebesar maksimal $25,000 atau Rp356 juta per tahun. Jika biaya tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan untuk kuliah, maka dipersilahkan untuk mendaftar International Scholars Program.

Ada 4 jenis jalur beasiswa berdasarkan latar belakang dari calon penerima, yakni:

1. Karen McKellin International Leader of Tomorrow Award, yang ditujukan bagi pelajar dengan prestasi akademik unggul. Memiliki keterampilan kepemimpinan yang luar biasa, keterlibatan dalam urusan kemahasiswaan dan pengabdian masyarakat, dan prestasi yang diakui di bidang utama lainnya.

2. Donald A. Wehrung International Student Award, ditujukan bagi pelajar berprestasi dari daerah miskin atau dilanda perang yang telah mencapai keunggulan akademik dalam keadaan yang menantang.

3. International Impact Award, diberikan kepada pelajar yang menyatakan komitmen dan solusi untuk masalah keadilan sosial, perubahan iklim, kesetaraan dan inklusi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan kebebasan berekspresi.

4. Vantage One Excellence Award, beasiswa ini berasal dari UBC Vantage College untuk siswa internasional berprestasi akademis yang belum memenuhi Standar Penerimaan Bahasa Inggris untuk penerimaan langsung ke UBC. Manfaat beasiswa bagi penerima, berupa biaya kuliah dan biaya hidup di Kanada.

Bagi pendaftar beasiswa, tidak dapat memilih untuk terdaftar di program tertentu. Panitia akan menilai latar belakang pendaftar, lalu menempatkannya pada program yang tepat.

Pelajar yang akan lolos sebagai penerima beasiswa ini harus memenuhi beberapa kriteria, seperti:

1. Pendaftar merupakan pelajar internasional yang akan belajar di Kanada dan mempunyai izin belajar di Kanada dari kedutaan.

2. Diterima sebagai mahasiswa UBC.

3. Lulusan SMA sederajat yang tidak lebih awal dari bulan Juni dua tahun sebelum tahun akademik mulai perkuliahan. Misalnya, pendaftar untuk kuliah tahun 2022 harus sudah lulus SMA paling lambat Juni 2020.

4. Bagi yang sudah pernah menempuh S1, tidak diperkenankan mendaftar.

5. Menunjukkan prestasi akademik yang unggul (mencapai semua A atau standar yang setara).

6. Menunjukkan kondisi keuangan yang membutuhkan bantuan pembiayaan agar dapat berkuliah di UBC.

7. Memenuhi persyaratan penerimaan UBC, termasuk persyaratan umum dan standar bahasa Inggris.

Lalu bagaimana jika tertarik dengan beasiswa ini? Berikut ini tahapan untuk mendaftarnya.

1. Menentukan program atau jurusan yang ingin dipelajari di UBC.

2. Kirim berkas pendaftaran mahasiswa baru ke UBC sebelum deadline penerimaan mahasiswa baru UBC (15 Januari 2022).

3. Bagi pelajar yang mendaftar sebelum tanggal 15 Januari 2022, akan dipertimbangkan untuk menerima skema beasiswa International Major Entrance Scholarship (IMES).

4. Untuk mendaftar beasiswa jalur International Scholars Program, hanya bisa dilakukan dengan rekomendasi dari sekolah atau organisasi non profit, kemudian masukkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.

5. Kumpulkan berkas-berkas yang berkaitan dengan kondisi keuangan, bersamaan dengan keterangan keaktifan di kegiatan ekstrakurikuler, aktivitas sosial, dan penghargaan.

Informasi lengkap untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru di UBC dapat disimak pada link https://you.ubc.ca/applying-ubc/.

Bagi pendaftar yang lolos seleksi dan diterima sebagai mahasiswa UBC, akan mendapatkan Letter of Acceptance atau LoA. Apabila pendaftar juga ditetapkan sebagai penerima beasiswa, akan mendapatkan pemberitahuan maksimal 21 hari setelah menerima LoA.

UBC memiliki program yang sangat lengkap dan mencakup hampir semua disiplin ilmu yang ditawarkan untuk jenjang S1. UBC memiliki 2 kampus utama yang terletak di Kota Vancouver dan Okanagan. Berikut daftar fakultas dan jumlah jurusan yang bisa kamu pilih untuk kuliah di University of British Columbia:

1. Fakultas Bisnis dan Ekonomi (17 jurusan)
2. Fakultas Kebumian, Lingkungan, dan Pembangunan Berkelanjutan (32 jurusan)
3. Fakultas Pendidikan (7 jurusan)
4. Fakultas Teknik dan Teknologi (33 jurusan)
5. Fakultas Ilmu Kesehatan dan Ilmu Murni (46 jurusan)
6. Fakultas Sejarah, Hukum, dan Politik (20 jurusan)
7. Fakultas Bahasa dan Linguistik (17 jurusan)
8. Fakultas Matematika, Kimia, dan Fisika (25 jurusan)
9. Fakultas Media dan Seni Rupa (22 jurusan)
10. Fakultas Humaniora, Budaya, dan Masyarakat (37 jurusan)

Timeline Seleksi
1 Desember: Deadline pendaftaran mahasiswa baru UBC dan pendaftaran beasiswa
31 Januari: Pengumuman lolos seleksi bahasa Inggris UBC
31 Januari: Mulai kirimkan semua dokumen yang diperlukan untuk penerimaan UBC
Pertengahan April: Pengumuman penerima beasiswa kuliah

Demikian ulasan mengenai beasiswa yang ditawarkan University of British Columbia yang berlokasi di Kanada ini. Ayo segera bersiap untuk mendaftar.

Berikut Ini Info Beasiswa S1 di Kanada
Sumber: https://www.sindonews.com/
Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now