Perkembangan radio streaming di Indonesia kini semakin pesat. Seiring dengan pertumbuhan teknologi dan kecanggihan gawai, kini kamu bisa mendengarkan radio hanya lewat smartphone. Nah, sudah tahu belum, ada beberapa istilah dalam radio streaming. Ini di antaranya.

  1. Bandwidth
    Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu.Definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.
  1. Network Latency
    Network Latency merupakan jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantaran paket data dari pengirim ke penerima. Semakin tinggi jeda waktu atau latency tersebut, maka akan semakin tinggi resiko kegagalan akses. Network latency juga sering diartikan sebagai tingkat keterlambatan pengantaran pada jaringan komunikasi data dan juga suara.
  1. Delay
    Sering banget kan dengar kata ini? Delay artinya yaitu kondisi keterlambatan dalam waktu transmisi data dari pengirim dan penerima. Satuan dari delay adalah sekon (detik).
  1. Jiter
    Nah, kalau ini artinya adalah variasi dari delay atau selisih antara delay pertama dengan delay selanjutnya.



  1. Bitrate
    Menurut Wikipedia, bitrate adalah nomor bits “
    bit rate (kadang-kadang ditulis bitrate atau sebagai variabel R [1]) adalah jumlah bit yang disampaikan atau diproses per unit waktu. Di file audio biasa ditulis misalnya 128 kbps (kilo BIT per second), ini menunjukkan banyaknya data (dalam bit bukan byte) setiap detiknya.Seperti resolusi (DPI = dot per inch) klo kita bandingin di dunia visual (image/video), semakin tinggi bitratenya, semakin “tajam” suaranya.
  1. Sample Rate
    Sample rate
    adalah jumlah sampel audio yang dibawa per detik, diukur dalam Hz atau kHz (satu kHz menjadi 1 000 Hz). Kira-kira artinya, banyaknya suara yang direkam dalam satu detik. Semakin banyak sample suara yang direkam maka semakin halus suaranya.

Itulah enam istilah dalam radio streaming. Masih banyak istilah lain, tapi ini yang paling mendasar. Semoga ulasan ini bermanfaat ya, Sobat Phi. ***Cili Tami

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Gus Sholah Dalam Kacamata Pendidikan
Gus Sholah Dalam Kacamata Pendidikan

Pelaksanaan UNBK SMK 2020 dan US SMK 2020
Pelaksanaan UNBK SMK 2020 dan US SMK 2020

Cara Kerja Radio Streaming
Cara Kerja Radio Streaming

Close