Inilah Langkah Ombudsman dalam Mengawasi PPDB. Meski pandemi belum berakhir, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 tetap dilaksanakan. Ombudsman Kantor Perwakilan Jawa Barat turut mengawasi PPDB 2020. Sesuai instruksi dari Kepala Ombudsman RI, Ombudsman Jabar melakukan pemantauan, pengawasan, dan penerimaan pengaduan terkait pelaksanaan PPDB mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA sederajat.



Inilah Langkah Ombudsman dalam Mengawasi PPDB

Iniartinya, jika ada keluhan, Sobat Phi yang baru melanjutkan pendidikan di jenjang tersebut, bisa langsung menyampaikan aduan terkait penyelenggaraan PPDB ke Ombudsman Jabar.

Bekerjasama dengan Disdik

Kepala Kantor Wilayah Ombudsman Jawa Barat, Haneda Sri Lastoto mengatakan, untuk melaksanakan pengawasan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar dan Disdik kabupaten/kota. Pihaknya juga telah menerima untuk kemudian mengkaji Perbup maupun Perwal masing-masing daerah yang mengatur mengenai pelaksanaan PPDB, lho.

Memastikan sesuai dengan Aturan



Haneda mengatakan, pengawasan yang dilakukan Ombudsman bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan PPDB tahun ini benar-benar sesuai dengan apa yang telah tertuang dalam aturan. Ombudsman, kata Haneda, fokus pada pengawasan implementasi aturan yang diberlakukan oleh Kemendikbud sampai tingkat dasar untuk diuji, apakah implementasinya tepat sasaran atau tidak.

Berharap Tidak Ada Maladministrasi

Ombudsman berharap pada pelaksanaan PPDB tahun ini tidak ada lagi temuan praktik maladministrasi seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, pengawasan PPDB di masa pandemi covid-19 tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Bahkan sistem pelaksanaan PPDB secara daring diuji betul di tahun ini.



Inilah Langkah Ombudsman dalam Mengawasi PPDB

Tentunya kinerja yang baik dari Ombudsman ini perlu kita apresiasi ya, Sobat Phi. Namun, dengan harapan, PPDB 2020 berjalan dengan baik dan lancar.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Tiga Alasan BPIP Tuai Kontroversi
Tiga Alasan BPIP Tuai Kontroversi

UTBK SBMPTN 2020 Dilaksanakan Dua Gelombang di Masa Pandemi
UTBK SBMPTN 2020 Dilaksanakan Dua Gelombang di Masa Pandemi

New Normal Menuntut Guru Lakukan 3 Hal Ini
New Normal Menuntut Guru Lakukan 3 Hal Ini

Close