Untuk Sobat Phi yang masih pelajar, manfaat ikut ekstrakurikuler di sekolah merupakan hal penting selain pendidikan formal. Ekskul bisa membantu kamu mengembangkan diri, sekaligus belajar bersosialisasi. Nah, ada 5 manfaat penting yang bisa kamu dapat dari ikut kegiatan ekskul, seperti yang akan PhiRadio ulas berikut ini.

Inilah 5 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler

  1. Belajar Mengelola Waktu

Dengan mengikuti kegiatan ekskul, Sobat Phi dipaksa untuk bisa mengatur waktu. Intinya adalah belajar menentukan prioritas. Dengan memiliki banyak kegiatan dan mampu melakukan manajemen waktu yang baik, niscaya Sobat Phi akan lebih disiplin, berkomitmen, dan bertanggung jawab.



  1. Lebih Percaya Diri

Salah satu tujuan kegiatan ekskul adalah untuk mengembangkan potensi dan bakat pada satu atau beberapa bidang.Maka secara tidak langsung, ekskul bisa membuat kamu menumbuhkan rasa percaya diri yang sebelumnya tidak dimiliki. Dengan punya kepercayaan diri, kamu tidak akan takut untuk menjadi diri sendiri.

  1. Bersosialisasi

Menurut Jenny Edmons di bukunya yang berjudul Murdoch University School of Psychology, kegiatan ekstrakurikuler dapat melatih kemampuan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan sekitarnya. Ketika bertemu dengan orang-orang baru, secara otomatis kamu akan mengembangkan kemampuan untuk bersosialisasi dan berinteraksi.

  1. Penyaluran Energi

Untuk Sobat Phi yang aktif, ikut kegiatan ekskul bisa jadi penyaluran energi yang baik. Karena salah satu manfaat kegiatan luar sekolah adalah untuk menyalurkan bakat dan minat. Termasuk di dalamnya energi dan kreativitas yang kamu miliki.

  1. Terhindar dari Stres

Mesti diakui bahwa proses belajar di sekolah kadang menimbulkan penat dan rasa jenuh. Sobat Phi bisa meminimalisir perasaan itu jika mengikuti kegiatan ekskul. Melakukan hal yang disukai akan membantu kamu melewati hari-hari yang padat dengan hati senang. Karena kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi terapi sekaligus kesempatan untuk bersantai dari rutinitas yang membosankan.

Itulah lima manfaat yang bisa Sobat Phi dapatkan jika ikut kegiatan ekstrakurikuler. Pilih yang sesuai dengan minat ya, tidak perlu ikut-ikutan teman. Dengan begitu, temanmu tambah banyak dan kaya akan pengalaman bersosialisasi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan
Begini Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Ini yang Harus Dilakukan Jika Bingung Pilih Bimbel
Ini yang Harus Dilakukan Jika Bingung Memilih Bimbel

5 Aplikasi Populer untuk Belajar Online
5 Aplikasi Populer untuk Belajar Online

Close