Kunci utama kesuksesan adalah mau belajar. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan dalam belajar, tapi yang terpenting adalah bagaimana Sobat Phi bisa menerapkan cara belajar yang berkualitas. Menemukan metode belajar yang efektif memang perlu proses. Tapi Sobat Phi bisa coba cara di bawah ini untuk mendapatkan proses belajar yang efektif dan menyenangkan.

Begini Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

  1. Fokus pada Tujuan

Jika ingin belajar lebih dalam mengenai pelajaran Kimia, maka fokuslah di situ. Singkirkan gawai, televisi, dan alat elektronik lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi kamu. Kemudian disiplinlah mengenai hal ini. Buatlah daftar belajar lengkap dengan waktunya. Jalankan semua daftar tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah kamu buat.



  1. Cari Tempat yang Nyaman

Salah satu yang mendukung proses belajar adalah tempat atau lokasi belajar.Ini bisa mempengaruhi kamu dalam berkonsentrasi. Suasana yang nyaman akan membantu otak bekerja lebih prima. Perlu diingat ya Sobat Phi, tempat yang nyaman tidaklah harus luas. Melainkan rapi dan bersih. Usahakan lampu di ruangan belajar , pas di mata untuk membaca.

  1. Kenali Tipe Belajar

Tidak mendapat hasil yang maksimal saat ulangan atau ujian bukan karena tidak bisa. Bisa jadi penyebabnya karena cara belajar yang salah. Ada yang suka belajar dengan bantuan suara, ada pula yang visual. Setiap orang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kenali tipe belajar kamu, agar proses belajar menjadi lebih efektif.

  1. Olahraga

Sebelum belajar, meregangkan badan sejenak baik untuk mempersiapkan tubuh dan otak. Cukup setengah jam latihan aerobik seperti lari atau jogging atau yoga bisa mempertajam kemampuan otak memahami konsep baru. Atau, kamu juga bisa berolahraga yang lebih fun, seperti menirukan koreografi lagu Kpop dan semacamnya. Dengan begitu, otak jadi segar, badan juga makin sehat dan bugar.

Sedikit tips tadi bisa Sobat Phi praktikkan sendiri di rumah. Jika perlu, kamu juga bisa tambahkan poin penting lainnya yang membuat kamu lebih nyaman saat belajar.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Ini yang Harus Dilakukan Jika Bingung Pilih Bimbel
Ini yang Harus Dilakukan Jika Bingung Memilih Bimbel

5 Aplikasi Populer untuk Belajar Online
5 Aplikasi Populer untuk Belajar Online

jabar coveducation challenge
Jabar Coveducation Challenge

Close