Isra’ Mi’raj adalah peringatan dua peristiwa berbeda yang sangat penting dalam ajaran Islam. Dalam kejadian Isra diceritakan Nabi Muhammad pergi dari Mekah ke Yerusalem hanya dalam waktu satu malam. Mekah dan Yerusalem yang dipisahkan dengan jarak lebih dari 1200 km bisa ditempuh hanya dalam waktu satu malam dengan mengunakan Buraq yang dikirim oleh Allah untuk Nabi. Di malam yang sama, Nabi Muhammad juga dinaikkan Allah ke surga untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu. Peristiwa ini dituliskan dalam kejadian Miraj.

Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 22 Maret 2020

Isra’ Mi’raj (bahasa Arab: الإسراء والمعراج, translit. al-’Isrā’ wal-Mi‘rāj‎) adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad S.A.W. dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah dia mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Qur’an, yaitu Surah Al-Isra.



Peristiwa Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriyah. Berdasarkan kalender Masehi, tahun ini Isra Miraj jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Maret 2020.

Kejadia Peristiwa Isra’ Mi’raj

Isra Mikraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi[4] dan mayoritas ulama, Isra’ Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer. Namun, Syekh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menolak pendapat tersebut dengan alasan karena Khadijah radhiyallahu anha meninggal pada bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, yaitu 2 bulan setelah bulan Rajab, dan saat itu belum ada kewajiban salat lima waktu. Al-Mubarakfuri menyebutkan 6 pendapat tentang waktu kejadian IIsra’ Mi’raj. Tetapi tidak ada satupun yang pasti. Dengan demikian, tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya Isra’ Mi’raj.

Sobat Phi, Selamat Hari Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW untuk semua umat Islam yang menyambut atau memperingati Isra’ Mi’raj sebagai momentum perjalanan sejarah Isra Mi’raj yang luar biasa! Mari kita ambil Faedahnya… Tidak hanya hari ini tetapi setiap hari!

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
5 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler
Inilah 5 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler

Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan
Begini Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Ini yang Harus Dilakukan Jika Bingung Pilih Bimbel
Ini yang Harus Dilakukan Jika Bingung Memilih Bimbel

Close