Info Rekomendasi Bengkel AC Mobil dan Toko Sparepart AC Mobil di Bandung – Herry Autocool Bandung. Melakukan perawatan mobil termasuk bagian AC adalah hal yang penting. Jika AC sudah mengalami kerusakan, maka mobil akan menjadi terasa panas karena AC yang tidak berfungsi secara normal. Namun, bagi Anda yang tinggal di Bandung, Anda bisa melakukan service AC mobil di Bandung yang terpercaya.

Apalagi peran AC dalam mobil saat berkendara sangat krusial. Bayangkan kalau kita harus berkendara di bawah panas terik sinar matahari tanpa AC, sudah pasti keringat bercucuran, bukan? Berkendara dalam suhu yang panas seperti ini pun sangat tidak nyaman dan menyenangkan.

Meski pendingin ruangan dan mobil sama-sama dinamakan AC, belum tentu bagian-bagian di dalamnya sama. Itu sebabnya pada kesempatan ini Kita akan diajak mengetahui apa saja komponen AC mobil dan fungsinya. Mengetahui komponen AC mobil kesayangan Kita jelas penting agar perawatan bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Info Rekomendasi Bengkel AC Mobil dan Toko Sparepart AC Mobil di Bandung – Herry Autocool Bandung

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Barat, Bandung menawarkan banyak sekali spot yang menarik. Bahkan kota ini juga memiliki fasilitas publik yang sangat lengkap mulai mudahnya untuk mencari bengkel AC mobil di Bandung hingga tempat servis lainnya.

Jadi ketika menjelajahi beberapa destinasi wisata di Bandung dan mengalami masalah pada mobil, proses service bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jadi saat proses dengan banyak orang bisa berjalan dengan lebih lancar.

Apabila hendak mencari bengkel AC mobil yang memiliki kualitas sempurna. Ada baiknya untuk menyimak beberapa tips memilih di bawah ini.

  • Ulasan yang Bagus

Ulasan yang dimiliki oleh bengkel tersebut harus benar-benar berkualitas. Ini bisa dilihat dari tingginya rating yang akan didapatkan pada Google sehingga kita bisa dengan mudah menggunakannya sebagai referensi.

Selain itu jangan lupa untuk membaca beberapa ulasan dalam bentuk kata-kata. Apabila sebagian besar menunjukkan kualitas berarti bengkel itu memang cocok untuk digunakan.

  • Kelengkapan Alat

Semakin lengkap alat yang dimiliki pada bengkel tersebut, pekerjaan yang nantinya akan dilakukan semakin sempurna. Itulah kenapa dianjurkan untuk selalu menanyakan ini agar hasil servisnya bisa sempurna.

  • Garansi Pengerjaan

Tips selanjutnya untuk memilih bengkel AC mobil di Bandung adalah dengan selalu memperhatikan garansi dari pengerjaannya. Maksud dari garansi pengerjaan ini adalah AC yang nantinya sudah diperbaiki tidak akan rusak lagi dalam waktu yang singkat.

Katakanlah baru dikerjakan dalam satu hari tetapi besoknya sudah mengalami kerusakan lagi. Bahkan kerusakan itu bisa saja lebih parah dari sebelumnya sehingga bisa menyebabkan mobil menjadi sangat panas.

Sebelum menggunakan layanan dari bengkel disarankan untuk menanyakan ini terlebih dahulu. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Bahkan tidak akan membuat boros.

https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

  • Mekanik Berkualitas

Memperbaiki AC yang ada pada mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ini harus lakukan oleh para mekanik yang berkualitas sehingga tidak akan mengalami kerusakan yang lebih parah serta masalahnya bisa segera diselesaikan.

Biasanya mekanik yang berkualitas ini bisa dilihat dari banyaknya antrian pada bengkel tersebut. Semakin banyak orang yang mengantri untuk melakukan servis roda empat yang mereka miliki berarti kemungkinan besar mekaniknya unggul.

Jadi pastikan untuk melakukan proses pengecekan pada beberapa ulasan yang ada pada Google. Kenapa kita akan mengetahui kira-kira bagaimana layanan yang ditawarkan oleh bengkel tersebut untuk memperbaiki AC.

  • Akses Mudah Dijangkau

Terakhir dan tidak kalah penting adalah selalu memperhatikan akses jalan menuju ke lokasi. Apabila akses jalan ke bengkel cukup mudah untuk dilakukan maka mobil jenis apapun bisa masuk ke sana.

Baca Juga :  Kode Redeem Clash of Clans (COC) 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Jika aksesnya sedikit sulit untuk dilakukan biasanya cukup rumit untuk mencarinya. Jadi pastikan untuk mencari yang lokasinya di pinggir jalan khususnya di dekat kawasan yang ramai.

Herry Autocool Bandung (Bengkel AC Mobil & Sparepart)

https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

Herry Autocool telah memberikan solusi terbaik bagi Anda yang mengalami kendala pada AC mobil. Banyak yang merekomendasikan karena mereka menawarkan pelayanan yang cekatan dan profesional. Selain itu, lingkungan bengkelnya pun memberikan kenyamanan bagi Anda saat menunggu. Setiap rupiah yang Anda keluarkan di sini benar-benar sepadan dengan hasilnya.

Selanjutnya, ketika Anda datang dengan berbagai masalah pada AC mobil, montir berpengalaman mereka bekerja dengan teliti hingga setiap kerusakan dapat terdeteksi dengan baik. Sehingga, setiap isu yang muncul pada AC mobil Anda akan mendapatkan solusi tepat. Selain itu, montir mereka juga ramah dan akan memberikan penjelasan mendetail tentang kondisi AC Anda serta berbagai langkah perbaikan yang mungkin diterapkan.

Jadi, bila Anda mencari tempat service AC mobil yang bersahabat dengan kantong, namun tetap menawarkan pelayanan prima, pertimbangkan Herry Autocool. Banyak yang menjadikannya sebagai pilihan utama, terutama saat menghadapi kendala AC mobil yang tidak dingin. Setelah menjalani perbaikan di sini, banyak yang merasakan kembali kesegaran udara sejuk dari AC mobil mereka, layaknya baru keluar dari showroom.

Bengkel AC Mobil Bandung. Cek AC Mobil gratis, dikerjakan oleh mekanik handal, profesional, ramah dan berpengalaman. Harga termurah di Bandung. Kami juga menjual Sparepart komplit untuk semua jenis mobil Merk Eropa dan Asia.

Jika AC Mobil anda tidak dingin, AC Mobil anda mengeluarkan bau tidak sedap, AC Mobil anda berbunyi kasar atau AC Mobil anda menetes air. Segera hubungi kami, kami segera mengatasi masalah tersebut, Hasil di jamin memuaskan.

Hubungi Herry Auto Cool Bandung (Bengkel AC Mobil dan Toko Sparepart AC Mobil):

Alamat 1: Jl. Kangkung Kidul No.22, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin – Sabtu (08.00 – 17.00), Minggu tutup
Nomor Telepon: 085923224888


Alamat 2: Jl. Dr. Djunjunan No.1c, Husen Sastranegara, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40174
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin – Sabtu (08.00 – 17.00), Minggu tutup
Nomor Telepon: 082211111688

Alamat Toko Online :

  1. Website : https://www.acherryautocool.com
  2. Tokopedia : https://www.tokopedia.com/herryautocoolbdg
  3. Shopee : https://shopee.co.id/herryautocool
https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

Herry Autocool Bandung (Bengkel AC Mobil & Sparepart)

Komponen AC Mobil dan Fungsinya

Ada berbagai komponen di dalam sistem AC mobil. Masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Penasaran apa saja komponen AC mobil?

1. Kompresor AC

Komponen AC mobil yang pertama adalah kompresor. Fungsi kompresor AC ialah untuk memompa aliran gas freon agar freon mampu bersirkulasi ke semua komponen AC mobil. Namun komponen ini tidak hanya membuat freon bersirkulasi, kompresor akan menekan freon agar molekul di dalamnya menjadi lebih rapat.

Hasilnya, freon akan berubah wujud menjadi cair dan tekanan freon pun jauh lebih besar dibandingkan pada selang input kompresor. Hal ini ditujukan agar proses ekspansi dapat berjalan dengan mulus.

Kompresor itu sendiri bekerja dengan cara menggunakan gerakan rotari yang diperoleh dari pulley mesin. Poros kompresor terhubung dengan pelat yang memiliki beberapa nok.

Saat nok tersebut menyentuh piston maka piston akan bergerak ke depan. Sehingga dapat menekan freon dan memaksanya keluar dengan tekanan tinggi. Ketika nok lepas dari piston, maka piston kembali bergerak ke belakang karena ada pegas pengembali.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Lords Mobile 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Hal ini membuat freon dari selang low pressure masuk ke dalam ruang piston. Dan begitu seterusnya kinerja kompresor AC.

2. Magnetic Clutch

Fungsi magnetic clutch adalah untuk mengatur kapan waktu kompresor bekerja dan berhenti meskipun pulley mesin tetap berputar. Saat kompresor bekerja, maka tekanan freon yang keluar dari kompresor terus meningkat. Apalagi ketika mesin digas, maka penambahan tekanan freon menjadi lebih cepat.

Tentu ada resiko kalau kompresor terus bekerja, oleh karena itu saat tekanan freon mencapai titik maksimum, magnetic clutch akan memutuskan hubungan antara pulley kompresor dengan poros kompresor.

Magnetic clutch bekerja dengan menggunakan daya tarik magnet, sebuah coil digunakan untuk menimbulkan daya tarik magnet melalui proses induksi elektromagnetik.

Ketika induksi tersebut terjadi maka kopling magnet akan bergerak ke arah coil dan menempel dengan pulley kompresor sehingga poros mampu berputar.

3. Kondensor

Fungsi kondensor adalah untuk memindahkan panas dari dalam freon atau refrigerant ke udara bebas. Prinsip kerja kondensor seperti radiator yang mengharuskan freon terlebih dahulu dilewatkan dalam beberapa core untuk memindahkan panas semaksimal mungkin.

Di antara core tersebut, terdapat sirip-sirip yang bersifat konduktor. Jadi ketika ada aliran udara melewati sirip ini, suhu sirip akan lebih dingin. Kondensor yang bersifat konduktor mengakibatkan suhu menjadi lebih tinggi pada freon akan berpindah ke sirip ini secara otomatis.

4. Dryer

Selanjutnya ada dryer yang termasuk komponen krusial dalam membuat AC bekerja normal. Dryer merupakan komponen tambahan pada sistem AC yang fungsinya mirip filter. Sesuai namanya, fungsi utama dryer adalah mengeringkan freon dari air. Meski siklus AC mobil itu tertutup, tetapi tidak menutup kemungkinan ada sedikit uap air masuk ke dalam saluran AC.

Uap air ini bisa masuk ketika proses refill freon atau ketika Anda melakukan penggantian salah satu komponen AC mobil. Ketika saluran AC terbuka, maka udara bisa masuk ke sistem.

Belum lagi udara di Indonesia yang bersifat lembab sehingga wajar ada sedikit uap air yang masuk juga ke sistem. Di dalam dryer terdapat material pasir silika yang mampu mengikat air di dalam aliran freon. Jadi masalah uap yang masuk tidak akan menimbulkan masalah pada sistem pendinginan di kabin mobil.

https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

https://www.phiradio.net/info-rekomendasi-bengkel-ac-mobil-dan-toko-sparepart-ac-mobil-di-bandung-herry-autocool-bandung/

Namun Anda harus memastikan bahwa filter ini tetap berada dalam keadaan yang baik agar bisa menghilangkan uap air yang masuk. Komponen satu ini memang harus diganti secara berkala oleh teknisi andal demi kinerja yang optimal.

Sebagai tempat servis tepercaya untuk semua mobil keluaran Toyota, Auto2000 memiliki suku cadang berkualitas untuk memastikan kendaraan Anda kembali kepada kondisi semula.

Lakukan Booking Servis Toyota sekarang juga untuk mengganti komponen AC yang sudah aus serta memeriksa berbagai komponen mesin secara keseluruhan. Melalui hal ini Anda jadi bisa tenang saat berkendara tanpa perlu khawatir akan terjadi masalah atau kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan.

5. Expansion Valve

Komponen AC mobil selanjutnya yakni expansion valve. Fungsi expansion valve adalah untuk mengubah wujud freon cair agar condong ke bentuk gas melalui proses spraying. Kita ibaratkan parfum spray, meski suhu tabung parfum normal (tidak dingin) namun ketika kita semprotkan parfum tersebut akan terasa sejuk.

Hal ini dikarenakan zat cair yang awalnya berada di dalam selang bertekanan tinggi keluar ke ruang bertekanan rendah dengan kecepatan yang tinggi. Jadi tidak heran kalau suhunya terasa lebih dingin. Pada freon, proses spraying ini dipakai agar suhu freon makin dingin sebelum freon dimasukan ke evaporator.

Baca Juga :  Syarat Beasiswa KIP 2024 serta Manfaat Prioritas Penerima PIP

6. Evaporator

Fungsi evaporator adalah untuk mendinginkan udara yang akan diventilasikan ke dalam kabin mobil. Prinsip kerja evaporator juga sama seperti kondensor, di mana freon bersuhu dingin akan disalurkan ke dalam core yang juga terdapat sirip-sirip konduktor.

Suhu dingin tersebut akan mengalir rata ke semua permukaan sirip karena bersifat konduktor, sehingga ketika ada udara dihembuskan melewati sirip evaporator, suhu udara tersebut akan berkurang.

Di sini terjadi proses perpindahan panas dari udara bebas ke dalam freon. Sehingga udara yang telah berhembus melewati sirip evaporator memiliki suhu dingin, namun suhu freon setelah keluar dari evaporator lebih meningkat daripada sebelumnya.

Cara Kerja Sistem AC Mobil

Berbagai komponen yang telah disebutkan di atas tentunya menunjang cara kerja sistem AC mobil agar bisa menyala dan dingin. Dengan bagian-bagian yang lengkap dan berfungsi normal, AC pada mobil bisa bekerja optimal dalam menciptakan kesejukan di dalam kabin mobil kesayangan. Berikut ini penjelasan cara kerja AC.

1. Kompresor Memompa Freon

Cara kerja sistem AC mobil dimulai ketika Anda menyalakannya. Begitu dinyalakan, maka kompresor mulai memompa freon dalam bentuk gas dengan tekanan tinggi sampai suhunya menyentuh 100 derajat Celcius. Kekuatan pompaan kompresor akan sangat menentukan seberapa cepat AC bisa membuat kabin mobil dingin.

2. Freon Diarahkan ke Kondensor

​​​Setelah suhunya maksimal, maka freon akan berubah menjadi cair. Freon cair diarahkan ke kondensor untuk menjalani proses pendinginan hingga suhunya mencapai 60 derajat Celcius. Pendinginan di dalam kondensor dibantu dengan cooling fan.

3. Freon Disaring Melalui Filter Dryer

Freon cair disaring melalui filter dryer ketika suhunya sudah cukup hangat. Penyaringan freon bertujuan agar udara yang dikeluarkan dari dalam AC menjadi bersih dan segar.

4. Freon Masuk ke Expansion Valve

Setelah proses penyaringan, cara kerja sistem AC mobil dilanjutkan ke bagian expansion valve. Di bagian ini, freon diubah dari cair menjadi gas dan akan disemprotkan dalam bentuk uap dingin.

5. Freon Masuk ke Evaporator

Setelah dari expansion valve, freon akan masuk ke evaporator. Di sini, freon akan didistribusikan ke dalam kabin dengan bantuan blower. Kalau jenis blower-nya single, maka freon dikeluarkan dari satu tempat. Namun, kalau jenis blower-nya double, maka pendistribusian freon dibagi dua.

6. Pengulangan Proses untuk Menciptakan Hawa Dingin

Saat freon sudah didistribusikan ke kabin melalui blower, udara dingin sudah tercipta. Namun, mesin AC akan terus bekerja dengan kompresor mengisap tekanan freon, kemudian memompanya menjadi panas kembali dan diarahkan ke kondensor.

Info Rekomendasi Bengkel AC Mobil dan Toko Sparepart AC Mobil di Bandung – Herry Autocool Bandung

Hubungi Herry Auto Cool Bandung :

Alamat 1: Jl. Kangkung Kidul No.22, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin – Sabtu (08.00 – 17.00), Minggu tutup
Nomor Telepon: 085923224888

Alamat 2: Jl. Dr. Djunjunan No.1c, Husen Sastranegara, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40174
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin – Sabtu (08.00 – 17.00), Minggu tutup
Nomor Telepon: 082211111688

Alamat Toko Online :

  1. Website : https://www.acherryautocool.com
  2. Tokopedia : https://www.tokopedia.com/herryautocoolbdg
  3. Shopee : https://shopee.co.id/herryautocool