Info Beasiswa Kuliah S3 Gratis di Kanada Sudah Dibuka, Ada 59 Pilihan Kampus Pilihanmu. Dilansir laman resminya, beasiswa ini dibuka untuk 166 mahasiswa. Beasiswa akan membayar biaya kuliah di beberapa universitas di Kanada selama maksimal 3 tahun.

Beasiswa ini didistribusikan secara merata dari tiga lembaga pemerintah yakni Canadian Institutes of Health Research (CIHR), Natural Sciences and Engineering Research Council (NSERC), dan Social Sciences and Humanities Research Council (SSHRC).

Info Beasiswa Kuliah S3 Gratis di Kanada Sudah Dibuka, Ada 59 Pilihan Kampus Pilihanmu

Pemerintah Kanada menyediakan beasiswa S3 Vanier Canada Graduate Scholarships (CGS) bagi warga lokal maupun internasional. Beasiswa ini menyediakan tunjangan hingga $50.000 per tahun atau setara dengan Rp 576 juta.

Program Vanier CGS bertujuan untuk menarik dan mempertahankan mahasiswa doktoral kelas dunia yang punya keterampilan kepemimpinan dan pencapaian ilmiah berstandar tinggi dalam studi pascasarjana di bidang ilmu sosial dan humaniora, ilmu alam dan/atau teknik dan kesehatan.

Bagaimana persyaratan mendaftar beasiswa ini? Berikut informasinya.

Syarat Daftar Beasiswa Vanier CGS

  • Warga Kanada atau luar Kanada
  • Mempunyai keunggulan akademik
  • Memiliki prestasi di bidang asosiasi profesional seperti olahraga, seni, sains, bisnis, dan lainnya
  • Memiliki transkrip nilai
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Membuat proposal riset
  • Personal statement tentang kontribusi kepemimpinan
  • Memperoleh surat rekomendasi
  • Tidak pernah menerima bantuan serupa dari CIHR, NSERC, dan SSHRC.

Daftar Kampus Pilihan

  1. University of British Columbia
  2. Acadia University
  3. Athabasca University
  4. Brock University
  5. Carleton University
  6. Concordia University/ Université Concordia
  7. Dalhousie University
  8. Dominican University College
  9. Toronto Metropolitan University
  10. Daftar kampus lainnya bisa dilihat DI SINI

Jadwal Seleksi Beasiswa

  • Penyerahan lamaran ke kampus tujuan: Juli – November 2023 (bisa bervariasi)
  • Batas waktu kampus mengajukan nominasi penerima beasiswa: 1 November 2023
  • Review dan seleksi nominasi penerima: November 2023 – Maret 2024
  • Pengumuman pelamar terpilih: April 2024
  • Mulai registrasi: 1 Mei 2024
Baca Yuk! :  Kunci Jawaban Game WOW 22 November 2023 Terbaru

Tentang Beasiswa S3

Mendapatkan beasiswa untuk kuliah S3 (doktoral) adalah pencapaian yang sangat membanggakan, dan ada banyak lembaga dan organisasi yang menawarkan berbagai jenis beasiswa doktoral. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencari dan mendapatkan beasiswa kuliah S3:

  1. Pilih Jurusan dan Riset yang Tepat: Pertama, pilih bidang studi dan topik riset yang sesuai dengan minat dan tujuan karier Anda. Pastikan Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang proyek riset yang ingin Anda lakukan.
  2. Telusuri Beasiswa: Cari tahu tentang berbagai sumber beasiswa, termasuk lembaga-lembaga pendidikan, pemerintah, yayasan, dan organisasi nirlaba yang menyediakan beasiswa S3. Gunakan mesin pencari internet, situs web universitas, dan sumber daya beasiswa untuk mencari informasi tentang beasiswa yang tersedia.
  3. Hubungi Perguruan Tinggi dan Universitas: Banyak universitas dan perguruan tinggi menawarkan beasiswa S3 kepada mahasiswa berprestasi. Anda dapat menghubungi universitas atau fakultas yang Anda minati untuk menanyakan tentang peluang beasiswa yang ada.
  4. Perhatikan Persyaratan Beasiswa: Bacalah persyaratan dan kriteria yang diperlukan dengan seksama. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan tersebut sebelum mengajukan permohonan.
  5. Ajukan Permohonan Tepat Waktu: Perhatikan tanggal batas pengajuan permohonan beasiswa dan pastikan Anda mengirimkan semua dokumen yang diperlukan sebelum tanggal tersebut.
  6. Siapkan Dokumen Pendukung: Siapkan dokumen seperti surat rekomendasi, transkrip akademik, proposal penelitian, dan pernyataan tujuan (statement of purpose) yang kuat.
  7. Maksimalkan Prestasi Akademik Anda: Memiliki catatan akademik yang kuat akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan beasiswa S3. Pastikan Anda memiliki nilai dan prestasi yang mencerminkan kemampuan Anda.
  8. Periksa Beasiswa Eksternal: Selain beasiswa yang ditawarkan oleh universitas, coba cari tahu tentang beasiswa dari lembaga eksternal seperti yayasan, perusahaan, atau organisasi lain yang relevan dengan bidang studi Anda.
  9. Networking: Berkenalan dengan profesor atau peneliti di bidang Anda dapat membantu Anda menemukan peluang beasiswa atau penelitian yang sesuai.
  10. Siapkan Wawancara: Beberapa beasiswa mungkin melibatkan wawancara atau tes lainnya sebagai bagian dari proses seleksi. Bersiaplah dengan baik untuk wawancara tersebut.
Baca Yuk! :  Cara Top Up Saldo GoPay lewat ATM BTN dan Mobile Banking, Kena Biaya Berapa?

Ingatlah bahwa persaingan untuk mendapatkan beasiswa S3 bisa sangat ketat, jadi pastikan Anda mempersiapkan aplikasi Anda dengan baik dan menunjukkan komitmen Anda terhadap studi S3 dan penelitian. Juga, jangan ragu untuk mencari bantuan dari penasihat akademik, profesor, atau mentor yang bisa memberi saran dan rekomendasi.

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah S3

Mendapatkan beasiswa untuk kuliah S3 (doktoral) adalah prestasi yang memerlukan persiapan dan usaha yang serius. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam usaha mendapatkan beasiswa S3:

  1. Tentukan Bidang Studi dan Riset yang Jelas: Pilih bidang studi dan topik riset yang sesuai dengan minat dan tujuan karier Anda. Pastikan Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda teliti selama program S3.
  2. Prestasi Akademik yang Kuat: Pastikan catatan akademik Anda selama studi sarjana dan magister sangat baik. Beberapa program beasiswa S3 memiliki persyaratan nilai minimum yang harus dipenuhi.
  3. Transparansi Persyaratan Beasiswa: Pahami dengan baik persyaratan dan kriteria beasiswa yang Anda minati. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan tersebut sebelum mengajukan permohonan.
  4. Kerja Profesional yang Relevan: Pengalaman kerja yang relevan dengan bidang studi Anda dapat menjadi nilai tambah dalam aplikasi Anda. Beberapa program beasiswa S3 lebih menyukai kandidat yang memiliki pengalaman kerja terkait.
  5. Proposal Penelitian yang Kuat: Siapkan proposal penelitian yang baik dan relevan dengan program S3 yang Anda lamar. Proposal ini harus menunjukkan kontribusi yang signifikan terhadap pengetahuan di bidang Anda.
  6. Surat Rekomendasi yang Baik: Permintaan surat rekomendasi dari profesor, pembimbing, atau atasan yang dapat memberikan rekomendasi yang kuat dan relevan dengan bidang studi Anda.
  7. Selidiki Banyak Sumber Beasiswa: Jangan terbatas pada satu sumber beasiswa. Telusuri berbagai beasiswa yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Gunakan sumber daya beasiswa online dan perpustakaan universitas.
  8. Jaga Waktu: Pastikan Anda memantau tanggal batas pengajuan aplikasi beasiswa dan mengajukan aplikasi Anda dengan baik sebelum tanggal tersebut.
  9. Buat Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) yang Kuat: Pernyataan tujuan Anda harus menjelaskan dengan jelas mengapa Anda memilih program S3 ini dan bagaimana ini akan mendukung tujuan karier Anda.
  10. Kembangkan Kemampuan Bahasa Asing: Jika studi S3 Anda memerlukan penggunaan bahasa selain bahasa ibu Anda, pastikan Anda memiliki kemampuan bahasa yang memadai.
  11. Jaringan dan Koneksi: Jalin hubungan dengan profesor, peneliti, dan anggota fakultas yang mungkin menjadi pemberi beasiswa atau dapat memberikan rekomendasi.
  12. Persiapan untuk Wawancara: Jika seleksi beasiswa melibatkan wawancara, persiapkan diri Anda dengan baik. Latihan wawancara dengan seseorang atau merekam diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan berbicara Anda.
  13. Jangan Pernah Menyerah: Persaingan untuk mendapatkan beasiswa S3 bisa sangat ketat. Jangan menyerah jika Anda tidak berhasil dalam aplikasi pertama Anda. Coba lagi dengan aplikasi yang lebih baik dan perbaiki kelemahan dari pengalaman sebelumnya.
Baca Yuk! :  Cek Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2023, Kisi-kisi dan Jumlah Soal

Ingat, mendapatkan beasiswa S3 memerlukan dedikasi dan usaha yang besar, tetapi bisa menjadi peluang besar untuk mengembangkan pengetahuan dan karier Anda.

Itulah informasi seputar beasiswa Info Beasiswa Kuliah S3 Gratis di Kanada Sudah Dibuka, Ada 59 Pilihan Kampus Pilihanmu Vanier CGS dari pemerintah Kanada. Untuk selengkapnya bisa dilihat di sini ya https://vanier.gc.ca/en/nomination_process-processus_de_mise_en_candidature_overview.html


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming