Info Biaya Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong PPDB 2024. Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, memang belum dibuka secara resmi. Namun orangtua dan siswa bisa tahu berapa biaya sekolah MAN Insan Cendekia Serpong per bulannya.

MAN Insan Cendekia Serpong termasuk sekolah yang dinaungi oleh Kementerian Agama (Kemenag). Banyak siswa SMP dan MTs sederajat berebut kursi masuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong.

Perlu diketahui, MAN IC Serpong adalah SMA terbaik nomor satu berdasarkan data Top 1.000 sekolah terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Info Biaya Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong PPDB 2024

Sekolah ini memiliki sistem boarding School. Jadi seluruh siswa harus tinggal di asrama untuk proses pembelajaran.

MAN IC Serpong diketahui memiliki program unggulan bagi siswa agar bisa lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) top, PTS unggulan maupun kampus di luar negeri.

Biaya sekolah MAN Insan Cendekia

Sementara dari juknis MAN IC 2023, ada biaya yang tidak ditarik sekolah dan ada biaya yang dibayarkan orangtua.

Untuk biaya pendidikan yang ditanggung orangtua atau wali murid adalah biaya personal pendidikan.

Biaya personal ini meliputi uang makan, kebutuhan di asrama, dan pakaian seragam yang tidak dianggarkan dalam DIPA Madrasah.

Namun besaran biaya personal tersebut berdasarkan kesepakatan rapat komite madrasah yang melibatkan orang tua/wali peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

Misalnya, untuk MAN Insan Cendekia OKI, rata-rata siswa diminta membayar antara Rp 1-1,5 juta.

Namun angka ini pastinya akan berbeda dengan MAN IC Serpong atau MAN IC lainnya. Karena dalam aturan Juknis, biaya pendidikan disesuaikan dengan kondisi wilayah.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis via Link DANA Kaget Terbaru 2024 Cepat Cair

Bila siswa berasal dari keluarga kurang mampu, bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan.

Dengan syarat memiliki bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau siswa miskin yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa/Lurah setempat untuk diberikan bantuan biaya pendidikan setelah melalui proses verifikasi, dan visitasi oleh madrasah.

Sementara untuk biaya pendidikan seperti uang pendaftaran dan SPP ditanggung oleh Kementerian Agama.

Jalur seleksi MAN Insan Cendekia Serpong

Perlu diketahui orangtua, ada tiga jalur masuk MAN Insan Cendekia. Berikut rinciannya:

1. Jalur Tes

Jalur tes merupakan seleksi yang berbasis CBT (Computer Based Test) dan diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

2. Jalur Prestasi

Jalur Prestasi yaitu jalur non-tes yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP dengan prestasi nasional peraih medali emas, perak, perunggu atau juara 1, 2, 3.

Prestasi nasional ini mencakup pencapaian di bidang sains pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional, Olimpiade Sains Nasional (OSN), OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat nasional yang diselenggarakan pemerintah, serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN atau penghargaan penghormatan.

3. Jalur Siswa Internasional

Jalur Siswa Internasional yaitu seleksi melalui jalur portofolio dan tes wawancara bagi siswa terbaik lulusan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Sekolah Kedutaan Luar Negeri di Indonesia, atau sekolah setingkat MTs di luar negeri.

Persyaratan MAN Insan Cendekia

Untuk persyaratan masuk MAN Insan Cendekia, harus tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTS/SMP atau sederajat pada tahun ajaran 2022/2023 (semua jalur). Kemudian, rincian lainnya adalah seperti ini:

  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2023 (semua jalur)
  • Mendapatkan rekomendasi kolektif sebagai siswa terbaik dari kepala madrasah/sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan (semua jalur tes)
  • Mendapatkan Surat Keterangan/Rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat nasional serta penghargaan dari luar negeri. (Jalur prestasi)
  • Memilki NISN yang terdaftar ada EMIS bagi MTs atau Dapodik bagi SMP (Jalur Tes dan Jalur Prestasi)
  • Mengunggah berkas persyaratan yang sudah ditentukan.
Baca Juga :  KODE REDEEM Free Fire 25 Maret 2024 Terbaru

Demikian informasi mengenai biaya sekolah, syarat dan jalur masuk MAN Insan Cendekia Serpong yang perlu diketahui siswa. Terkait pendaftaran MAN Insan Cendekia bisa dilihat di laman https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/

Simak Cara Pendaftaran PPDB Online 2024

Jalur yang dibuka selama masa PPDB yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan akademik. Kemudian, juga ada jalur prestasi nonakademik dan perpindahan orang tua atau wali murid bagi sekolah-sekolah negeri.

Setiap jalur tersebut, sudah ditentukan persentase murid yang akan diterima. Namun, biasanya murid paling banyak diterima adalah jalur zonasi.

Berikut langkah-langkah untuk pengajuan pendaftaran melalui https://siap-ppdb.com yang dapat dicoba. Setidaknya ada 17 langkah untuk itu;

1. Buka browser

2. Akses situs publik dengan format https://(namakota).siap-ppdb.com

3. Pilih ‘Jenjang dan Jalur’

4. Pilih menu ‘Daftar>>Pendaftaran Online’

5. Isi data pendaftaran pada form tersedia

• Kolom a, masukkan nomor peserta

• Kolom b, pilih asal sekolah calon siswa

• Kolom c, pilih jenis lulusan, reguler atau lainnya

• Kolom d, masukkan tahun kelulusan

• Kolom e, merupakan kode keamanan yang harus dimasukan sebagai validasi

Baca Juga :  Kode Redeem Game My Hotpot Story 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

• Kolom f, masukkan kode keamanan yang tertera pada kolom e

• Klik tombol ‘Lanjutkan’ yang ada di bagian pojok kanan bawah

6. Cek data yang tertera

7. Bila ada data yang masih belum sesuai atau kosong, lakukan edit atau pengisian data

8. Klik ‘Lanjutkan’ di pojok kanan bawah bila semua data telah terisi

9. Unggah dokumen yang menjadi persyaratan dengan klik pada kotak yang disediakan

10. Klik ‘Lanjutkan’

11. Klik ‘Pilih’ atau ‘Tambah Sekolah’ untuk memunculkan daftar sekolah yang dapat dipilih

12. Klik pada nama sekolah untuk sekolah yang akan dipilih

13. Klik ‘Lanjutkan’

14. Cek kembali data calon siswa, jika sudah sesuai silahkan ‘centang’ atau ‘setujui pernyataan’

15. Klik ‘Lanjutkan’

16. Cetak bukti pengajuan pendaftaran dengan klik ‘Cetak Bukti Ajuan Pendaftaran’

17. Pastikan telah mencetak bukti pengajuan pendaftaran. Sebab, terdapat nomor peserta dan kode verifikasi yang akan digunakan operator dalam melakukan verifikasi pendaftaran pada situs operator.

Info Biaya Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong PPDB 2024. Demikian informasi mengenai biaya sekolah, syarat dan jalur masuk MAN Insan Cendekia Serpong yang perlu diketahui siswa. Terkait pendaftaran MAN Insan Cendekia bisa dilihat di laman https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/

Sumber : https://www.kompas.com/