Info Lowongan CPNS 2023 dan PPPK di Universitas Terbuka untuk Lulusan S2 dan S3, Ada 146 Formasi. Seleksi CASN 2023 di Universitas Terbuka mencakup formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Universitas Terbuka (UT) adalah salah satu perguruan tinggi yang membuka seleksi rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Total, ada 146 formasi CPNS dan PPPK yang dibuka di Universitas Terbuka.

Menurut Surat Pengumuman Nomor: B/1485/UN31/PSDM/KP.03.00/2023, lowongan CPNS dan PPPK ini diperuntukkan untuk lulusan S2 dan S3.

Info Lowongan CPNS 2023 dan PPPK di Universitas Terbuka untuk Lulusan S2 dan S3, Ada 146 Formasi

Adapun pendaftaran CPNS dan PPPK dapat dilakukan melalui laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/.

Seleksi Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara Di lingkungan Universitas Terbuka Tahun Anggaran 2023

Dalam rangka mengisi lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Universitas Terbuka Tahun Anggaran 2023 sebagaimana telah ditetapkan dalam Surat Pengumuman Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 32816/A.A3/KP.01.01/2023 tanggal 27 September 2023 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Universitas Terbuka Tahun 2023, sebagaimana telah ditetapkan dalam Surat Pengumuman Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 32817/A.A3/KP.01.01/2023 tanggal 27 September 2023 tentang Seleksi Penerimaan PPPK Tahun Anggaran 2023, Universitas Terbuka membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Universitas Terbuka Tahun Anggaran 2023. Informasi selengkapnya pada laman https://casn.kemdikbud.go.id/

Info Lowongan CPNS 2023 dan PPPK di Universitas Terbuka untuk Lulusan S2 dan S3, Ada 146 Formasi

Formasi Lowongan CPNS dan PPPK Universitas Terbuka 2023

1. Asisten Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Akuntansi, S2 Ilmu Akuntansi, S2 Sains Akuntansi

Alokasi kebutuhan: 3

2. Lektor – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S3 Sains Akuntansi, S3 Ilmu Akuntansi

Alokasi kebutuhan: 3

3. Asistan Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Akuntansi, S2 Ilmu Akuntansi, S2 Sains Akuntansi

Alokasi kebutuhan: 4

4. Asisten Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Ekonomi, S2 Ekonomi Syariah, S2 Ekonomi Sumber Daya, S2 Ekonomi Pembangunan

Alokasi kebutuhan: 8

5. Asisten Ahli – Dosen

Baca Juga :  Kode Redeem Game Super Sus 25 Maret 2024 Terbaru dan Valid, SImak Cara Mainnya

Kualifikasi pendidikan: S2 Ekonomi Syariah, S2 Ekonomi Pembangunan

Alokasi kebutuhan: 6

6. Asisten Ahli Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Ilmu Manajemen, S2 Manajemen Sumber Daya Manusia, S2 Sains Manajemen, S2 Manajemen

Alokasi kebutuhan: 5

7. Lektor – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S3 Manajemen Sumber Daya Manusia, S3 Manajemen, S3 Ilmu Manajemen, S3 Sains Manajemen

Alokasi kebutuhan: 2

8. Lektor – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S3 Manajemen Sumber Daya Manusia, S3 Manajemen, S3 Ilmu Manajemen, S3 Sains Manajemen

Alokasi kebutuhan: 3

9. Asisten Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Administrasi Pajak, S2 Manajemen Pajak

Alokasi kebutuhan: 5

10. Asisten Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Administrasi Bisnis

Alokasi kebutuhan: 2

11. Asistern Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Administrasi Publik, S2 Kebijakan Publik

Alokasi kebutuhan: 4

12. Asisten Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Studi Pemerintahan, S2 Sains Politik, S2 Ilmu Pemerintahan, S2 Ilmu Politik

Alokasi kebutuhan: 3

13. Lektor – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S3 Kebijakan Publik, S3 Administrasi Publik

Alokasi kebutuhan: 2

14. Lektor – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S3 Kebijakan Publik, S3 Administrasi Publik

Alokasi kebutuhan: 5

15. Asisten Ahli – Dosen

Kualifikasi pendidikan: S2 Perpustakan dan Sains Informasi

Alokasi kebutuhan: 2

Info Lowongan CPNS 2023 dan PPPK di Universitas Terbuka untuk Lulusan S2 dan S3, Ada 146 Formasi

Manfaat CPNS

Menjadi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat utama menjadi seorang CPNS atau PNS:

  1. Stabilitas Pekerjaan: Pekerjaan sebagai CPNS atau PNS cenderung menawarkan stabilitas pekerjaan jangka panjang. Anda memiliki perlindungan terhadap pemutusan hubungan kerja yang sepihak, yang seringkali tidak berlaku di sektor swasta.
  2. Gaji dan Tunjangan Tetap: Gaji dan tunjangan CPNS atau PNS biasanya lebih stabil dan tinggi dibandingkan dengan pekerjaan di sektor swasta. Pemerintah juga biasanya memberikan tunjangan kesejahteraan dan kesehatan kepada PNS.
  3. Kesejahteraan dan Jaminan Sosial: CPNS dan PNS memiliki akses ke berbagai program jaminan sosial seperti asuransi kesehatan, pensiun, dan cuti berbayar. Ini memberikan keamanan finansial bagi PNS dan keluarganya.
  4. Kenaikan Pangkat dan Pengembangan Karir: Sistem kenaikan pangkat dalam pemerintah memberikan kesempatan bagi CPNS dan PNS untuk mengembangkan karir mereka. Melalui pengalaman dan pendidikan tambahan, Anda dapat naik ke posisi yang lebih tinggi dalam hierarki pemerintah.
  5. Jaminan Kesejahteraan Sosial: Sebagai PNS, Anda berkontribusi pada pelayanan sosial dan pembangunan masyarakat. Banyak PNS merasa bangga bisa berkontribusi langsung pada pembangunan negara mereka.
  6. Pendidikan dan Pelatihan Berkelanjutan: Pemerintah sering memberikan pelatihan dan pendidikan berkelanjutan kepada CPNS dan PNS untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Ini membantu dalam pengembangan pribadi dan profesional.
  7. Pengakuan dan Penghargaan: PNS sering dihormati dan diakui dalam masyarakat karena peran mereka dalam penyediaan layanan publik. Mereka juga mungkin menerima penghargaan dan penghargaan atas kontribusi mereka.
  8. Fleksibilitas Lokasi Kerja: Sebagai CPNS atau PNS, Anda mungkin memiliki fleksibilitas dalam memilih lokasi kerja. Pemerintah biasanya memiliki kebutuhan untuk PNS di seluruh negeri, sehingga Anda mungkin dapat memilih tempat kerja yang sesuai dengan preferensi Anda.
  9. Jaminan Pekerjaan pada Masa Krisis Ekonomi: Selama masa krisis ekonomi, PNS cenderung memiliki perlindungan pekerjaan yang lebih baik daripada banyak pekerja di sektor swasta.
  10. Peluang untuk Mengabdi pada Negara: Bekerja sebagai CPNS atau PNS adalah kesempatan untuk mengabdikan diri pada negara dan masyarakat Anda. Anda berperan dalam menyediakan layanan publik dan membantu pemerintah dalam menjalankan berbagai program dan inisiatif.
Baca Juga :  Tips Aturan Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa, Mana Yang Lebih Baik?

Namun, menjadi seorang CPNS atau PNS juga membawa tanggung jawab yang besar dan biasanya melibatkan proses seleksi yang kompetitif. Pastikan Anda memahami persyaratan dan tugas yang terkait dengan posisi CPNS atau PNS yang Anda minati sebelum mendaftar.

Info Lowongan CPNS 2023 dan PPPK di Universitas Terbuka untuk Lulusan S2 dan S3, Ada 146 Formasi

Tips CPNS

Mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah proses yang memerlukan persiapan yang baik dan dedikasi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam persiapan dan menjalani proses seleksi CPNS:

  1. Pahami Persyaratan: Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan untuk posisi CPNS yang Anda inginkan. Ini termasuk persyaratan pendidikan, usia, dan kualifikasi lainnya. Pastikan dokumen pendukung seperti ijazah dan transkrip nilai dalam keadaan lengkap dan sah.
  2. Pilih Posisi yang Sesuai: Pilih posisi CPNS yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, keterampilan, dan minat Anda. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam seleksi.
  3. Pelajari Syllabus: Peroleh silabus atau kurikulum resmi yang digunakan dalam seleksi CPNS. Ini akan membantu Anda memahami apa yang akan diuji dan memungkinkan Anda untuk fokus pada materi yang relevan.
  4. Pelajari Soal-soal Tahun Sebelumnya: Belajar dari soal-soal tahun sebelumnya dapat membantu Anda memahami pola soal dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian CPNS.
  5. Buat Jadwal Belajar: Buat jadwal belajar yang teratur dan disiplin. Tetapkan waktu khusus untuk mempersiapkan diri untuk ujian, membaca materi, dan berlatih soal-soal.
  6. Gunakan Sumber Belajar yang Dapat Dipercaya: Gunakan buku pelajaran, materi online, dan sumber-sumber lainnya yang dapat dipercaya untuk mempersiapkan diri. Pastikan sumber-sumber tersebut sesuai dengan silabus yang berlaku.
  7. Berlatih Soal-soal Ujian: Berlatih dengan soal-soal ujian CPNS sebanyak mungkin. Ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman saat menghadapi soal-soal sebenarnya dan meningkatkan kecepatan dan ketepatan Anda dalam menjawab.
  8. Ikuti Pelatihan atau Kursus: Jika ada, pertimbangkan untuk mengikuti pelatihan atau kursus persiapan khusus untuk CPNS. Pelatihan semacam ini biasanya menyediakan panduan dan bimbingan yang berguna.
  9. Perhatikan Kesehatan Anda: Pastikan Anda menjaga kesehatan Anda dengan makan seimbang, beristirahat yang cukup, dan berolahraga. Kesehatan fisik dan mental yang baik dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri dengan baik.
  10. Kelola Waktu dengan Baik: Selama ujian, kelola waktu Anda dengan baik. Jika ada beberapa bagian dalam ujian, alokasikan waktu sesuai dengan tingkat kesulitan dan prioritas.
  11. Berfokus pada Kemampan Umum: Selain mempersiapkan diri untuk ujian tertulis, pastikan Anda juga mengasah keterampilan komunikasi, analisis, dan kemampuan berpikir kritis Anda.
  12. Jangan Menyerah: Seleksi CPNS bisa sangat kompetitif, dan Anda mungkin menghadapi kegagalan sebelum berhasil. Jangan menyerah dan teruskan perjuangan Anda. Teruslah belajar dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan Anda.
Baca Juga :  Cek Jam Masuk ASN di Ramadhan 2024, Link Download PDF Jam Kerja PNS Sesuai Perpres No 21 Tahun 2023

Ingatlah bahwa persiapan yang baik memerlukan waktu dan upaya. Jadilah tekun dan berkomitmen untuk mencapai tujuan Anda dalam mengikuti seleksi CPNS. Semoga tips di atas membantu Anda dalam proses ini.

Info Lowongan CPNS 2023 dan PPPK di Universitas Terbuka untuk Lulusan S2 dan S3, Ada 146 Formasi

Sumber : https://www.ut.ac.id