Info Daftar Bansos 2024 yang Masih Diberikan Pemerintah, Segera Daftar dan Lengkapi Persyaratannya. Salah satu bansos yang diberikan adalah bansos beras, sebagaimana yang disebutkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan, bansos beras akan disalurkan pada Januari hingga Maret 2024. Pemerintah akan memberikan kembali bantuan sosial (bansos) pada awal 2024.

“Jadi kita berdoa bersama kalau APBN-nya mencukupi, nanti Januari langsung, Januari, Februari, Maret. Nanti di bulan Januari, Februari, Maret, 10 kg, 10 kg, 10 kg, setuju enggak?” ujar Jokowi, dikutip dari Kompas TV, Kamis (26/10/2023).

“Bansos” adalah singkatan dari “Bantuan Sosial” dalam bahasa Indonesia. Pengertian bansos mencakup berbagai program atau kebijakan pemerintah yang ditujukan untuk memberikan bantuan atau dukungan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi atau dalam situasi krisis tertentu.

Info Daftar Bansos 2024 yang Masih Diberikan Pemerintah, Segera Daftar dan Lengkapi Persyaratannya

Bantuan sosial ini dapat berupa bantuan tunai, distribusi makanan, pemberian sembako, atau bentuk bantuan lainnya. Tujuan utama dari bansos adalah membantu kelompok-kelompok masyarakat yang rentan atau membutuhkan agar dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka dan meningkatkan kondisi hidup mereka.

Program bansos umumnya dilaksanakan oleh pemerintah sebagai bagian dari kebijakan sosial untuk mengatasi ketidaksetaraan dan memberikan perlindungan sosial kepada mereka yang membutuhkan. Secara umum, bentuk dan ruang lingkup program bansos dapat bervariasi antara negara dan wilayah, tergantung pada kebijakan pemerintah yang bersangkutan.

Setidaknya ada enam jenis bantuan sosial yang akan disalurkan mulai awal tahun 2024. Bansos ini diberikan pemerintah untuk para KPM dengan tujuan agar membantu mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Sejumlah bantuan sosial (Bansos) akan disalurkan pada 2024 nanti. Masyarakat bisa dapatkan bantuan PKH Rp 750 ribu hingga BPNT Rp 400 ribu.

Info Daftar Bansos 2024 yang Masih Diberikan Pemerintah, Segera Daftar dan Lengkapi Persyaratannya

Daftar bansos yang cair di 2024

Selain bansos beras, ada sejumlah bantuan lainnya yang masih akan diberikan pemerintah di tahun 2024. Berikut daftarnya, dilansir dari Kompas TV.

1. Program Indonesia Pintar (PIP) Kemendikbud

PIP merupakan bantuan subsidi pendidikan bagi pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Baca Juga :  Link Download Twibbon Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 2024, Contoh Ucapan Isra Miraj Terbaru 2024

Pada akhir tahun 2023, pemerintah akan mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) PIP dengan nominal antara Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Selain PIP, pemerintah juga akan menyalurkan BPNT pada tahun 2024. Bantuan tersebut diberikan dengan nominal Rp 200.000 setiap bulan berdasarkan bantuan pada tahun 2023.

Bansos BPNT Tahap memasuki pencairan Januari 2024, dana sudah bisa dicairkan dan masih akan terus dicairkan kepada seluruh KPM secara merata.

Sama seperti PKH peneriman BPNT yakni mereka yang terdaftar di DTKS Kemensos RI yang sudah ditetapkan sebagai penerima dana Bansos PKH dan BPNT oleh Kemensos RI.

Untuk Bansos BPNT ini para penerima akan mendapatkan uang Rp400 ribu dari Kemensos RI.

3. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah telah menyalurkan bantuan PKH tahap 4 melalui PT. Pos Indonesia dari bulan Oktober hingga Desember 2023. Bansos jenis ini memiliki beberapa kategori penerima dengan nominal yang berbeda-beda.

Kategori ibu hamil dan anak balita menerima nominal Rp3.000.000 per tahun. Untuk lansia dan penyandang akan menerima uang sebesar Rp2.400.000 per tahun.

Bansos PKH 2024 telah memasuki tahap 1 nantinya untuk periode pencairan Januari Sejumlah penerima telah bisa mencairkan Bansos ini melalui kartu KKS ATM Merah Putih bank Himbara seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BSI

Besaran Bansos PKH 2024 yakni:

  • PKH balita umur 0-6 tahun akan menerima bantuan uang tunai Rp750 ribu.
  • PKH siswa Sekolah Dasar akan menerima bantuan uang tunai Rp225 ribu.
  • PKH siswa Sekolah Menengah Atas akan menerima bantuan uang tunai Rp500 ribu.
  • PKH ibu hamil dan masa nifas akan menerima bantuan uang tunai Rp750 ribu.
  • PKH lansia berusia 70 tahun ke atas akan menerima bantuan uang tunai Rp600 ribu.
  • PKH disabilitas akan menerima bantuan uang tunair Rp600 ribu.

Adapun masyarakat yang akan menerima Bansos PKH yakni yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos RI.

Info Daftar Bansos 2024 yang Masih Diberikan Pemerintah, Segera Daftar dan Lengkapi Persyaratannya

4. Bantuan Cadangan Bantuan Pangan (CBP)

Pemerintah akan menyalurkan bantuan CBP berupa beras 10 kg per bulan di tahun 2024. Bantuan tersebut masih disalurkan pemerintah pada Desember 2023 dengan target penerima mencapai 21,35 juta KPM.

Baca Juga :  Cara WhatsApp Sinkronkan Obrolan Terkunci di Seluruh Handphone

Pemerintah berharap penyaluran CBP dapat mendukung masyarakat yang membutuhkan, terkhusus ketika menghadapi tantangan ekonomi.

Pemerintah memastikan bahwa data yang terdaftar dalam DTKS Kemensos menjadi dasar yang akurat dalam penyaluran bantuan sosial.

Bansos yang masih dilanjutkan pencairannya di bulan Desember adalah Bansos beras 10 kg untuk periode bulan Januari 2024.

Mereka yang akan mendapatkan Bansos beras 10 kg yakni terdaftar sebagai penerima Bansos PKH oleh Kemensos RI serta terdata di DTKS Kemensos RI.

Bansos beras Bulog 10 kg akan disalurkan melalui kantor pos atau tenpat yang dijadikan rujukan oleh wilayah masing-masing.

5. Bansos BLT El Nino

Sesuai namanya Bansos BLT El Nino diberikan pemerintah karena dinilai penerima terkena dampak fenomena alam El Nino. Mereka yang jadi penerima Bansos BLT El Nino 2024 akan menerima uang tunai Rp200 ribu.

Syarat jadi penerima Bansos BLT El Nino hampir sama dengan Bansos sebelumnya yakni harus terdaftar di DTKS Kemensos RI. Bansos EL Nino akan dicairkan dua bulan sekaligus sehingga para penerima bakal mendapatkan uang tunai Rp400 ribu.

6. KJP Plus

KJP Plus merupakan bantuan pendidikan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat. KJP Plus Tahap 1 tahun 2024 sudah mulai cair pada November dan akan dilanjutkan pada bulan Desember 2024 ini.

Penerima bantuan KJP Plus Tahap 1 tahun 2024 akan menerima bantuan mulai dari Rp135 ribu sampai yang tertinggi Rp450 ribu. Bansos pendidikan KJP plus Tahap 1 tahun 2024 akan dicairkan melalui rekening bank DKI di setiap KPM siswa penerima.

Info Daftar Bansos 2024 yang Masih Diberikan Pemerintah, Segera Daftar dan Lengkapi Persyaratannya

Cara mengecek DTKS Kemensos

Jika ingin mengecek DTKS Kemensos, berikut langkah-langkahnya.

  • Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ 
  • Isi informasi wilayah penerima manfaat, termasuk provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan
  • Masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Isi kode captcha yang ditampilkan
  • Klik tombol “Cari Data”.

Cara daftar Bansos Tahun 2024

Adapun cara mendaftar DTKS Bansos 2024 yang wajib dilakukan oleh penerima manfaat untuk memperbaharui Datar Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Baca Juga :  Link Live Streaming Gratis Nonton Newcastle vs Manchester City 14 Januari 2024, Prediksi

Untuk melakukan pendaftaran, kamu dapat melakukannya dengan dua cara, yaitu secara online dan offline. Berikut cara mendaftar DTKS Bansos 2024 yang dapat kamu simak dengan seksama.

1. Daftar DTKS Bansos 2024 Online

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store pada ponsel
  2. Lalu, buat akun baru untuk pendaftaran aplikasi cek Bansos
  3. Masukkan data seperti Nomor KK, KTP, dan nama yang sesuai dengan KK serta KTP
  4. Kemudian, unggah foto KTP dan swafoto dengan memegang KTP
  5. Klik ‘Buat Akun Baru’
  6. Setelah itu, cek email verifikasi dan aktivasi akun Cek Bansos
  7. Jika registrasi berhasil, Anda dapat membuka aplikasi Cek Bansos dan klik menu ‘Daftar Usulan’
  8. Masukkan data pribadi sesuai dengan KK dan KTP
  9. Unggah foto KTP dan foto rumah tampak depan
  10. Klik ‘Tambah Usulan’ dan tunggu sampai proses usulan selesai
  11. Selain menggunakan cara online, kamu juga dapat mendaftar DTKS Bansos 2024 dengan cara offlne.

2. Daftar DTKS Bansos 2024 Offline

  1. Masyarakat mendaftarkan diri langsung ke Desa/Kelurahan atau melalui usulan dari RT/RW setempat
    Lalu, usulan-usulan tersebut akan menjadi Prelist Awal
  2. Desa/Kelurahan akan membahas Prelist Awal hingga menjadi Prelist Akhir
  3. Akan dilakukan verifikasi dan validasi lapangan oleh petugas desa, kemudian hasil verifikasi lapangan diinput melalui Aplikasi SIKS NG dan diteruskan ke Dinas Sosial Daerah Kabupaten/Kota
  4. Pengesahan dilakukan oleh Bupati/Walikota melalui Dinas Sosial Daerah Kabupaten/Kota
  5. Proses usulan data yang diajukan oleh Daerah Kapubaten/Kota akan diteruskan ke Menteri Sosial Republik Indonesia
  6. Usulan data tersebut dialkukan dengan cara pengolahan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia Menteri Sosial Republik Indonesia menetapkan dan mengumumkan Data Terpatu Kesejahteraan Sosial.

Info Daftar Bansos 2024 yang Masih Diberikan Pemerintah, Segera Daftar dan Lengkapi Persyaratannya

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : https://www.kompas.com

 

Live Streaming