Hujan Meteor Alpha Centauri di RI Malam Ini. Dikutip In The Sky, hujan meteor Alpha Centauri sebetulnya sudah dimulai pada 28 Januari lalu. Namun, puncak hujan meteor terjadi pada 8 Februari 2021. Deretan fenomena langit tercatat banyak terjadi di bulan Februari, salah satunya puncak hujan meteor Alpha Centauri. Fenomena itu diklaim bisa disaksikan tanpa alat bantu hari ini, Senin (8/2) sejak pukul 21.43 WIB hingga fajar di langit Indonesia.

Hujan Meteor Alpha Centauri di RI Malam Ini

Hujan meteor ini diprediksi akan menghasilkan kelompok hujan meteor yang jatuh sekitar 6 meteor per jam. Namun, jumlah per jam pada periode puncak ini dihitung dengan asumsi langit gelap sempurna dan pancaran terletak tepat di atas kepala.



In The Sky melakukan pemantauan dari New Delhi, India. Hasilnya, hujan meteor Alpha Centauri tidak akan terlihat sebelum Matahari terbit, melainkan akan terlihat menjelang fajar menyingsing.

Sementara di Indonesia, titik radian hujan meteor akan naik pada tengah malam. Hujan meteor kan terlihat pada pukul 21:50 WIB dan aktif hingga pukul 05:34 WIB.

Bintang jatuh terlihat setiap kali salah satu dari puing-puing meteor bertabrakan dengan atmosfer bumi, biasanya terbakar pada ketinggian sekitar 70 hingga 100 km.

Dikutip Sunday Vision, untuk dapat melihat secara jelas fenomena bintang jatuh, disarankan untuk memilih lokasi yang gelap dan jauh dari polusi cahaya.



Pada hari-hari tertentu dalam setahun, orbit Bumi melewati aliran yang sangat padat yang diantaranya terdapat komet atau asteroid, yang melepaskan sejumlah material padat ke luar angkasa. Hal ini menimbulkan hujan meteor tahunan.

Hujan Meteor Alpha Centauri

Hujan meteor seperti itu dapat berulang setiap tahun, setiap kali Bumi melewati titik tertentu pada orbit, di mana Bumi melintasi jalur material tertentu di langit.

Read previous post:
Beberapa Resep Membuat Seblak
Beberapa Resep Membuat Seblak

Close