5 Peristiwa Astronomi Di Tahun 2021. Kalau Sobat Phi menggemari langit malam dan penjelajahan luar angkasa, mulailah membuat rencana dari sekarang, karena 2021 akan penuh dengan peristiwa astronomi yang menarik dan indah untuk dinikmati semua orang.

Baca Yuk :

5 Peristiwa Astronomi Di Tahun 2021

Sobat Phi akan dapat melihat planet yang jarang tampak, galaksi terdekat, gerhana bulan total, konjungsi, cincin api, hujan meteor, dua misi pendaratan di Mars, dan bahkan peluncuran teleskop luar angkasa baru, yang akan memungkinkan kita untuk melihat alam semesta dengan mata yang baru.



Dari hal luar biasa yang hanya terjadi sesekali hingga peristiwa menarik yang sudah biasa terjadi, inilah peristiwa-peristiwa astronomi yang dapat Sobat Phi nantikan.

1. Planet Merkurius Terlihat Jelas!

Sobat Phi pernah melihat Merkurius? Kalau belum, diperkirakan tanggal 24 Januari adalah bisa jadi kesempatan terbaik kamu. Planet merkurius bakal terlihat di cakrawala barat bagi mereka yang penglihatannya baik, gunakanlah teropong atau binokuler agar lebih jelas dan clear. Planet merkurius memerlukan 88 hari untuk berotasi pada matahari, dan kita sangat jarang melihatnya karena merkurius tertutup oleh cahaya matahari. Tapi pada akhir bulan Januari 2021, planet merkurius akan berada dalam fase separuh yang disebut dikotomi, dan hanya 50%-nya yang disinari matahari. Jadi moment itu adalah kesempatan terbaik bagi Sobat Phi untuk melihat planet Mwerkurius. Selamat menerawang!

2. Melihat Benda Langit Di Bagian Selatan Cakrawala Khatulistiwa

Mengamati bintang-bintang di selatan garis khatulistiwa merupakan moment yang sangat istimewa bagi para astronom. Galaksi Bimasakti begitu jelas dan cerah di sini, sehingga kadang terlihat seperti pelangi berbintang berbentuk satu lengkungan cahaya multiwarna yang terus bersambung dari cakrawala ke cakrawala.

Dari belahan planet ini, siapapun dapat mengamati gugus bola (kumpulan bintang berbentuk bola yang disatukan oleh gravitasi), galaksi-galaksi lain, dan nebula dengan mata telanjang. O ya, jangan lewatkan juga Crux atau rasi bintang Salib Selatan, yang meskipun merupakan rasi bintang terkecil dari 88 rasi bintang, bentuknya sangat khas.

Di sebelah timur Crux, Sobat Phi juga dapat melihat Nebula Coalsack, tempat bintang-bintang baru dilahirkan setiap waktu. Dan tak jauh dari Coalsack adalah Jewell Box yaitu gugus yang terdiri dari sekitar 100 bintang merah, biru, dan putih yang tentunya mudah dilihat dengan binokuler.

3. Menyaksikan Bintang Orion

Kalau Sobat Phi adalah pemula dalam menekuni astronomi atau ingin belajar mengidentifikasi satu rasi bintang, mengapa tidak mencari sesuatu yang agak spesial dan tampak dari kedua belahan Bumi?

Orion mudah ditemukan pada musim dingin, baik di langit barat daya jika Anda berada di belahan bumi utara, atau langit barat laut jika Anda berada di belahan bumi selatan.

Rasi bintang Orion ini berbentuk khas dan juga dikenal sebagai “Sang Pemburu” karena bentuknya menyerupai jam pasir, bahkan memiliki “sabuk” yang terdiri dari tiga bintang terang dan satu pedang yang lebih redup. Pengamatan lebih teliti pada pedang ini mengungkap bahwa salah satu komponennya bukanlah bintang melainkan Nebula Orion, tempat bintang-bintang baru terlahir. Bahu Orion juga tidak mengecewakan, terbuat dari Betelgeuse (bintang merah) dan Bellatrix (bintang biru), sedangkan salah satu kakinya terbuat dari bintang super-raksasa Rigel (biru-putih). Namun jangan kaget jika saat mencarinya dari Belahan Bumi Selatan, Orion atau Sang Pemburu akan kelihatan terbalik, seolah-olah sedang jungkir balik.



4. Misi Robot Mendarat Ke Planet Mars

Tahun 2021 ini manusia berharap menyaksikan tidak hanya satu, tetapi dua misi terpisah mengunjungi Mars. Pada tanggal 18 Februari, NASA berharap misi pendaratan di Planet Mars 2 teknologinya yaitu robot rover yang diberi nama Perseverance, dan bersama Ingenuity yaitu sebuah helikopter. Robot Rover yang dirancang sebagai sebuah laboratorium sains bergerak itu dilengkapi dengan seperangkat kamera untuk merekam pendaratan yang rumit serta berbagai peralatan untuk mempelajari permukaan Mars.

Robot Rover akan mencari tanda-tanda bentuk kehidupan di masa lalu atau masa kini, dan menguji teknologi baru untuk misi berawak di masa depan. Dan pada bulan April, robot pendarat dan penjelajah Tianwen-1 milik China juga akan bergabung. Misinya ialah mencari kantong air di bawah permukaan dan meletakkan fondasi untuk misi pengembalian sampel ke Bumi di masa depan. Badan Luar Angkasa Nasional China akan menjadi badan antariksa kedua setelah NASA yang mendaratkan misi di Mars.

5. Gerhana Bulan Total

Pada 26 Mei 2021, Bulan akan terhalang oleh umbra gelap Bumi, atau dengan kata lain bulan akan tertutup bayangan planet kita. Mereka yang mengamati dari Lingkar Pasifik (wilayah geografis yang mengelilingi Samudra Pasifik) akan dapat menyaksikan gerhana bulan total ini secara maksimal. Tempat pengamatan terbaik adalah Hawaii, karena ini akan terjadi ketika bulan berada tinggi di langit mereka pada tengah malam – sementara daerah di utara dan selatan hanya akan dapat melihat beberapa tahapan gerhana sebelum bulan terbenam melewati cakrawala.

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-55583227

Baca Yuk :