Hari Perawat Nasional 2021, 7 Maret merupakan Hari Perawat Nasional yang juga merupakan hari lahir organisasi Profesi Perawat yakni Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) tepatnya pada tanggal 17 Maret 1974. Tema dalam peringatan HUT PPNI ke-47 atau Hari Perawat Nasional ini adalah “Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19 dan Masyarakat Sehat”.

Hari Perawat Nasional 2021

Tema tersebut merupakan diangkat sebagai gambaran di tengah pandemi Covid-19, dimana perawat merupakan salah satu dari sekian garda terdepan sekaligus tembok pertahanan terakhir dalam penanganan virus Corona.



Para perawat berjuang secara terus-menerus dan tanpa pilih kasih telah mengemban tugas dan amanah sebagai profesi. Bahkan tidak sedikit perawat demi memenuhi sumpah profesi, mereka memberikan asuhan keperawatan kepada klien sesuai kode etik keperawatan, yang gugur dalam tugasnya.

Para perawat telah berjuang sangat keras, sebagai salah satu garda terdepan dalam merawat kesehatan masyarakat selama ini di masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama setahun belakangan ini.

Asal Mula Kata Perawat

Kata Perawat berasal dari bahasa latin yang berarti “nutrire” yang bermakna menyusu atau yang dimaksud dengan pengasuh. Seperti yang sudah diatur dalam UU Kesehatan No. 23, 1992 definisi perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

Sejarah Perawat

Sejarah tentang perawat sudah ada sejak sebelum masehi lebih tepatnya ditemukan pada tahun 250 sebelum masehi dan pada saat itu hanya kaum laki-laki saja yang boleh mengikuti karena dilihat lebih suci daripada kaum perempuan serta pada saat itu dunia perawatan masih belum berkembang pesat seperti akhir-akhir ini.

Karena belum berkembangnya dunia perawatan itulah di jaman dulu masyarakat jauh lebih mempercayai dukun untuk mengobati segala penyakit yang mereka derita pada saat itu.

Di dunia terdapat  kurang lebih terdapat 104 spesialis perawat. Salah satunya adalah perawat penyakit jantung, perawat rumah sakit, perawat independen, perawat penyakit kritis, perawat jangka panjang, pelatih perawat, dan perawat dosen juga beberapa lainnya.

Ada 60 persen perawat yang dipekerjakan di rumah sakit sebagai perawat rumah sakit sisanya berada di tempat lain seperti sekolah, rumah jompo, rumah para pasien dan masih banyak lainnya.

Sejarah Hari Perawat Nasional Indonesia

Tanggal 17 Maret adalah tanggal dibentuknya hari Perawat Nasional Indonesia,  Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) lahir pada tanggal 17 Maret 1974.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) lahir pada tanggal 17 Maret 1974. PPNI di bentuk oleh perintis perawat dengan tujuan bahwa keperawatan harus berada pada wadah atau organisasi profesi perawat Indonesia.

Sebelum tahun 1974 organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang pesat, sejak zaman penjajahan perawat Indonesia telah ada diantaranya yaitu  Residen Vpabst (1819) dibatavia saat itu berubah menjadi Stadsverband (1919) dan berubah uCBZ (Central Burgerlijke Zieken Inrichting) di daerah Salemba yang saat ini menjadi RSCM.

Pada saat itu perawat sudah memiliki perkumpulan-perkumpulan sebagai wadah organisasi perawat dan dapat menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat.

Dan terdapat beberapa organisasi diantaranya; Perkumpulan Kaum Verpleger fster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Organisasi-organisasi perawat saat itu mengadakan pertemuan yang diantranya dihadiri oleh IPI, PPI dam PDKI dan diantaranya yang hadir adalah Ojo Radiat, HB. Barnas dan Drs. Maskoed Soerjasumantri sebagai pimpinan siding dan sepakat untuk melakukan fusi organisasi dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang saat itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional.

Pengabungan perawat tersebut dilakukan di Ruang Demontration Jl. Prof Eykman Bandung No.34 Bandung Jawa Barat, sejak saat itu Tanggal 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia, serta membentuk suatu kepanitian untuk mempersiapkan Kongres Pertama yang dilangsungkan pada tahun 1976.

PPNI berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat dan profesi keperawatan dengan menyusun RUU keperawatan yang saat ini terus diperjuangkan untuk disyahkan menjadi undang-undang.

PPNI saat ini berproses pada kematangan organisasi serta mempersiapkan anggotanya dalam berperan nyata pada masyarakat dengan memperkecil kesenjangan dalam pelayanan kesehatan, mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan, serta mendapatkan kesamaan pelayanan yang berkualitas.

Peringatan Hari Perawat Nasional kali ini dianggap lebih penting dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena Indonesia sedang menghadapi pandemi virus Corona.




Tema dalam peringatan HUT PPNI ke-47 ini adalah “Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19 dan Masyarakat Sehat”. Perawat sebagai garda terdepan dan juga tembok pertahanan terakhir dalam penanganan covid-19 yang berjuang secara terus-menerus mengemban tugas dan amanah sebagai profesi. Demikian artikel tentang Hari Perawat Nasional 2021, semoga bermanfaat. Terima kasih telah merawat terinfeksi dengan cinta dan perhatian  dan membawa harapan pada dunia, Selamat Hari Perawat Nasional 2021.

Sumber : ppni-inna.org, deskjabar.pikiran-rakyat.com, warta.dinus.ac.id, febykurniawatirejeki.com/hari-perawat-nasional-2021/

 

Read previous post:
Tips Panduan Memilih Jurusan Kuliah
Tips Panduan Memilih Jurusan Kuliah

Close