BANDUNG, DISDIK JABAR – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan laman Guru Berbagi. Laman yang bisa diakses di guruberbagi.kemdikbud.go.id ini, bertujuan memberi ruang bagi seluruh guru untuk berbagai ide dan menjalankan praktik baik yang menunjang pembelajaran dari rumah yang dilangsungkan saat ini.

Selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), GURU BERBAGI hadir #darimanasaja mendukung guru untuk tetap memberikan pembelajaran yang bermakna bagi pelajar Indonesia.

Guru Berbagi – Kemendikbud meluncurkan laman Guru Berbagi

“Laman Guru Berbagi ini juga bisa menjadi ruang bagi guru untuk saling berbagi semangat positif dan strategi pembelajaran yang kreatif. Sehingga, guru tetap dapat melakukan proses pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan sembari membantu sesama yang masih beradaptasi dalam situasi ini,” tutur Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Supriano di Jakarta, seperti diberitakan kemendikbud.go.id, Rabu (1/4/2020).



Ia menjelaskan, pemanfaatan teknologi untuk pendidikan saat ini masih menjadi tantangan, terutama dalam pembelajaran jarak jauh. Terlebih, implementasi pembelajaran jarak jauh berbeda dengan pembelajaran langsung/tatap muka.

Namun, Supriono menegaskan, metode Guru Berbagi ini diharapkan menjadi solusi agar proses pembelajaran tetap berlangsung di tengah wabah Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia.

“Masih banyak guru yang belum terbiasa dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh. Adapun sebagian sudah melek teknologi, tetapi belum memiliki praktik baik dalam pembelajaran jarak jauh,” ungkapnya.

Hal tersebutlah yang mendorong Kemendikbud mengajak guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk berkolaborasi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh melalui Laman Guru Berbagi.

Tiga Fitur Utama

Dijelaskannya, terdapat tiga fitur utama pada laman Guru Berbagi, yaitu Rancangan Program Pembelajaran (RPP), Artikel, dan Aksi Guru Berbagi. Di fitur RPP, guru bisa berbagi RPP dengan guru lainnya, komunitas atau praktisi pendidikan bisa mengunggah RPP buatannya. “Guru-guru lain di seluruh Indonesia dapat melihat dan mengunduh RPP ini secara gratis,” ujarnya.

Sedangkan di fitur kedua, lanjutnya, guru bisa berbagi artikel yang berisi referensi tips dan bacaan terkait pembelajaran jarak jauh. Di fitur terakhir, yakni Aksi Guru Berbagi, berisi informasi seputar jadwal kegiatan sesi berbagi dan belajar bersama secara daring oleh komunitas dan rekan guru sejawat yang ditujukan bagi rekan guru yang lain agar dapat meningkatkan kemampuannya seputar pembelajaran jarak jauh.

Menurut Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Praptono, guru dari semua jenjang dapat mendaftar pada laman Guru Berbagi menggunakan akun Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan (SIMPKB) mereka.

Kemendikbud meluncurkan laman Guru Berbagi

“Sedangkan untuk organisasi dan relawan penggerak juga dapat berkontribusi menggunakan akun Organisasi Penggerak dan Relawan Penggerak,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam laman Guru Berbagi tersedia berbagai panduan, bacaan, dan tips sebagai referensi pembelajaran daring untuk siswa dan kegiatan belajar mengajar. Laman Guru Berbagi berjalan dengan dua arah. “Guru dapat berbagi ide dari praktik baik yang dibagikan guru lainnya. Dengan berbagi, kita menciptakan ruang interaksi, kolaborasi, dan kreatif bersama seluruh pengajar di manapun kita berada,” pungkasnya.

GURU BERBAGI merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bersama hadapi Covid-19. Mari gotong royong untuk berbagi ide dan praktik baik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar anak-anak Indonesia bisa belajar dari mana saja.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Inilah-Tempat-Les-Online-Buatan-Anak-Indonesia
Inilah Tempat Les Online Buatan Anak Indonesia

Trik-Menyelesaikan-Skripsi-Selama-Diam-di-Rumah
Trik Menyelesaikan Skripsi Selama Diam di Rumah

5-Rekomendasi-Bimbel-Online-Gratis
5 Rekomendasi Bimbel Online Gratis

Close