Ada beberapa minuman untuk tingkatkan daya tahan tubuh, yaitu jahe, kunyit, temulawak. Tak hanya enak, namun ramuan tersebut dipercaya meningkatkan kekebalan tubuh karena berasal dari bahan-bahan alami. Agar tubuh sehat dan bugar, ini minuman untuk tingkatkan daya tahan tubuh yang enak serta menyegarkan. Ampuh perkuat sistem imun tubuh.

Minuman Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh : Jahe, Kunyit, Temulawak

Tanaman jahe, kunyit, dan temulawak adalah tanaman rempah yang mengandung partikel kekebalan tubuh. Karena, baik temulawak maupun jahe mengandung senyawa kurkumin dan gingerol yang sangat aman dikonsumsi oleh masyarakat.



Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Kementerian Pertanian, Evi Savitri Iriani. “Herbal, khususnya kunyit dan temulawak mengandung kurkumin. Sedangkan jahe mengandung gingerol yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh bila diminum secara rutin,” ujar Evi.

Menurut Evi, masyarakat sebaiknya mampu membedakan antara produk obat dan tanaman rempah. Produk obat adalah tanaman yang sudah diolah menjadi ramuan dan obat di Kementerian Kesehatan. Sedangkan rempah adalah jenis tanaman yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

“Kalau Kementan belum bisa sampai ke produksi obat karena tidak punya wewenang untuk uji klinis yang harus dilakukan oleh dokter,” ungkapnya.

Evi menjelaskan, untuk meningkatkan kebugaran tubuh, masyarakat dianjurkan meminum ramuan rempah dan serbuk olahan sehari sekali. Pola hidup sehat tersebut bisa dilakukan dengan cara sederhana, yakni merebus bahan rempah dengan air mendidih.

“Bisa juga menggeprek bahan rempah, lalu menyiramnya dengan air panas. Bisa juga minum yang instan, walaupun biasanya sudah ada gulanya. Jadi, jangan kebanyakan karena nanti kadar gula meningkat. Kalau yang sudah berupa kapsul, ikuti saja aturan pakai di kemasan,” tuturnya.

Kasubdit Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementan, Wiwi Sutiwi menyampaikan hal serupa. Ia mengungkapkan, konsumsi rempah tahun ini cenderung meningkat karena banyak masyarakat yang mulai sadar pentingnya kebugaran tubuh melalui konsumsi produk pertanian.

“Terutama setelah adanya kasus penularan Covid-19 yang membuat masyarakat menyadari pentingnya produk pertanian untuk kesehatan. Bahkan, akhir-akhir ini konsumsi jahe dan rempah meningkat tajam,” ungkapnya.

Menjaga kesehatan tentu sangatlah penting. Apalagi saat ini ketika wabah virus Corona COVID-19 sedang masif penyebarannya. Selain menjaga kebersihan dari luar dengan mengandalkan hand sanitizer maupun sabun antiseptik, kita juga harus menjaga tubuh dari dalam agar selalu fit, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itu dia daftar minuman untuk tingkatkan daya tahan tubuh yang bisa kamu buat dengan mudah. Beragamnya jenis minuman ini juga bisa kamu sesuaikan dengan selera sobatphi.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan olahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Guru-Berbagi-Kemendikbud-meluncurkan-laman-Guru-Berbagi-disdik
Guru Berbagi – Kemendikbud meluncurkan laman Guru Berbagi

Inilah-Tempat-Les-Online-Buatan-Anak-Indonesia
Inilah Tempat Les Online Buatan Anak Indonesia

Trik-Menyelesaikan-Skripsi-Selama-Diam-di-Rumah
Trik Menyelesaikan Skripsi Selama Diam di Rumah

Close