Pada tanggal 10 Januari 2020 yang lalu Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Gerakan Nasional satu Juta Pohon . Pemprov Jawa Barat membuat Gerakan Nasional menanam 25 juta pohon di lahan kritis.



Gerakan Nasional satu Juta Pohon

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat (Jabar) Bapak Epi Kustiawan, saat ini sudah terkumpul 21,7 juta pohon dari berbagai instansi.

Dibutuhkan sekitar 24 juta bibit pohon untuk memulihkan lahan kritis di sepanjang hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

DAS Citarum dengan luasnya 600 ribu hektare dari Cisanti sampai Muara Gembong, Bekasi dan lahan kritisnya ada 199 ribu hektare yang terbagi dalam beberapa hulu DAS.

Untuk lahan kritis di Kawasan Bandung Utara, letaknya di ada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat. Total luas kawasan di KBU itu 39 ribu hektare dari luas tersebut lahan kritisnya mencapi 10 ribu dan itu di dalam kawasan hutan sedangkan lahan kritis KBU di luar kawasan hutan mencapai 28 ribu.

“Sebenarnya tadinya awal tahun depan pencanangan penanaman 25 juta pohon di seluruh lahan kritis di Jawa Barat. Namun ternyata, sekarang pohon yang terkumpul sudah cukup banyak. Ujar Bapak Epi.

Dengan Gerakan Nasional satu Juta Pohon, agar bumi tidak semakin panas, mari kita wujudkan lingkungan yang sejuk dan asri.

sumber: https://nasional.republika.co.id

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Talkshow With FOJB (forum Osis Jawa Barat) HUT KE 7
Talkshow With FOJB HUT KE 7

Talkshow With SMK Pasundan 3 Bandung
Talkshow With SMK Pasundan 3 Bandung

Mahasiswa ITB Juara Best Speaker dalam World University Debating Championship (WUDC) 2020 di Thailand
Mahasiswa ITB Juara Best Speaker dalam WUDC 2020 di Thailand

Close