Download Link Twibbon AICIS 2022 Gratis, Ada Desain Terbaru dan Dapat Dibagikan ke Medsos Kekinian. Kegiatan AICIS 2022 adalah sebuah event tahunan yang digelar oleh Kementerian Agama sebagai wujud dari keterlibatan intelektual muslim Indonesia di level dunia.

Event Annual International on Islamic Studies 2022 (AICIS 2022) akan digelar di dua tempat yakni Mataram dan Bali. Untuk itu kami rangkum foto twibbon dan link twibbon AICIS 2022 dengan beberapa desain yang menarik dan dapat dibagian ke media sosial.


Download Link Twibbon AICIS 2022 Gratis, Ada Desain Terbaru dan Dapat Dibagikan ke Medsos Kekinian

Sejarah AICIS

Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) sebenarnya merupakan salah satu “buah” dari perkembangan studi Islam pada masa Soeharto. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika cikal bakal AICIS adalah pertemuan ulama Islam di Semarang, 2001.

Tahun itu Indonesia baru memulai era baru yang disebut “era reformasi”, setelah mengalami beberapa kesulitan transisi dari rezim otoriter ke rezim demokratis. Promotor awal AICIS adalah Forum Direksi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Islam Negeri. Apa yang mereka pikirkan adalah mengadakan konferensi yang mirip dengan Konferensi Asosiasi Studi Timur Tengah, Akademi Agama Amerika dan sejenisnya.

Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, tetapi Islamnya sering dianggap pinggiran dan dangkal oleh orang luar, termasuk beberapa cendekiawan. Memang secara geografis Indonesia terletak jauh dari Mekkah dan Madinah, pusat Islam, dan Islamisasi wilayah Indonesia dimulai jauh lebih lambat daripada di Timur Tengah.
Faktanya, umat Islam Indonesia terus belajar Islam dari ulama Timur Tengah, tetapi pada saat yang sama mereka juga mengkontekstualisasikan apa yang telah mereka pelajari dengan situasi Indonesia. Adalah normal bahwa kepercayaan dan praktik Islam berinteraksi dengan budaya lokal. Sungguh tidak ada yang namanya Islam murni di muka bumi ini selama ia diikuti oleh manusia yang hidup dalam konteks sosial dan budaya tertentu. Dalam pengertian ini, Islam di Indonesia harus dianggap setara dengan yang lain.

Sebagai negara besar dan sangat beragam, umat Islam Indonesia berasal dari latar belakang etnis dan budaya yang berbeda yang mempengaruhi praktik keagamaan mereka masing-masing. Beragamnya latar belakang budaya Muslim Indonesia memperkaya Islam Indonesia itu sendiri, tetapi pada saat yang sama juga dapat menjadi sumber konflik dan disintegrasi.
Salah satu cara mengelola keragaman secara damai adalah dengan mempraktikkan demokrasi. Sementara umat Islam di negara lain masih memiliki perdebatan “panas” tentang apakah Islam kompatibel dengan demokrasi, umat Islam Indonesia telah memutuskan untuk mempraktikkannya, setidaknya sejak jatuhnya pemerintahan Soeharto pada tahun 1998. Indonesia adalah negara terbesar ketiga yang mempraktikkan demokrasi. di dunia, dan salah satu dari sedikit negara berpenduduk Muslim demokratis saat ini.

Akibatnya, masyarakat Indonesia menjadi relatif terbuka di mana berbagai agama dan budaya, termasuk aliran Islam yang berbeda sepanjang garis dari radikal ke liberal, ditemukan di Indonesia.

Selain itu, umat Islam Indonesia tidak hanya mempelajari Islam di Timur Tengah, tetapi juga di India, Pakistan, bahkan di negara-negara Barat. Mereka belajar di luar negeri, dan kembali ke tanah air, membawa ide-ide baru dan sekaligus menjadikannya relevan dengan konteks Indonesia. Selain belajar di luar negeri, umat Islam Indonesia telah mengembangkan lembaga pendidikan Islam sendiri.

Bentuk awal lembaga ini disebut Pesantren. Ribuan Pesantren terdapat di Indonesia, terletak hampir di setiap provinsi di tanah air. Ada juga ribuan sekolah Islam yang disebut Madrasah di seluruh negeri, dari tingkat dasar hingga menengah. Sejak tahun 1950-an, Indonesia juga telah mengembangkan lembaga pendidikan tinggi Islamnya.

Saat ini, ada 56 perguruan tinggi Islam negeri yang didanai oleh negara, sementara ada ratusan lembaga serupa yang didukung oleh yayasan swasta.

Sejak awal perkembangannya, kajian akademik Islam di perguruan tinggi Islam Indonesia telah mencoba menggabungkan model tradisional Timur Tengah, khususnya al-Azhar, dan model modern keilmuan Barat. Pendekatan tekstual dan normatif Timur Tengah diperkaya oleh analisis empiris dan sosio-historis Barat, dan sebaliknya. Diskursus akademis dan kritis tentang Islam menemukan kejayaannya pada masa pemerintahan Soeharto, terutama pada tahun 1970-an hingga 1990-an.

Kebijakan politik Soeharto adalah mencegah Islam dari politik praktis, sedangkan Islam sebagai gerakan budaya ditoleransi. Situasi ini akhirnya membuka pintu bagi para intelektual Muslim untuk lebih memperhatikan wacana keislaman, terutama dalam hal bagaimana ajaran Islam harus menghadapi tantangan modernitas.

Pada awalnya konferensi ini hanya dihadiri oleh para peneliti Indonesia dari perguruan tinggi Islam negeri, terutama dari program pascasarjana. Kemudian berkembang menjadi lebih besar dalam hal jumlah peserta dan lembaga yang terlibat di mana para sarjana dari berbagai universitas dan negara juga datang untuk mempresentasikan makalah mereka. Juga sengaja diputuskan bahwa tempat penyelenggaraan AICIS selalu berbeda, berpindah dari satu kota ke kota lain di Indonesia.

Tidak hanya untuk menarik para sarjana untuk datang, tetapi juga untuk memperkenalkan kekayaan daerah dan budaya Indonesia yang beragam. Melalui AICIS, diharapkan perkembangan baru penelitian di perguruan tinggi Islam dapat dibagikan, didiskusikan dan disebarluaskan. Ini juga merupakan wadah bagi para sarjana untuk mengembangkan jaringan dan kerjasama, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional.

Terakhir, AICIS merupakan forum di mana para sarjana Indonesia dapat berpartisipasi dalam wacana akademik internasional yang pada gilirannya memperkenalkan mereka kepada khalayak dan lingkungan internasional.

Download Link Twibbon AICIS 2022 Gratis, Ada Desain Terbaru dan Dapat Dibagikan ke Medsos Kekinian

Berikut ini link twibbon dari AICIS 2022:

1. https://www.twibbonize.com/readyforaicis2022lombokbali

2. https://www.twibbonize.com/welcomeaicis2022

3. https://www.twibbonize.com/aicis

Demikian link twibbon AICIS 2022 gratis download, desain terbaru siap sambut AICIS 2022 pada tanggal 20-22 Oktober 2022 dan 1-4 November 2022. Cocok dijadikan story dan dibagikan ke Medsos.

Download Link Twibbon AICIS 2022 Gratis, Ada Desain Terbaru dan Dapat Dibagikan ke Medsos Kekinian

Sumber : https://www.medianekita.com


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming