Dana PIP Kemdikbud Cair Juli 2023, Segera Cek Penerimanya di pip.kemdikbud.go.id. Hingga awal bulan Juli 2023, masih ada 7 juta siswa yang belum menerima bantuan PIP 2023. Informasi ini dapat diakses pada lama resmi PIP Kemdikbud.

Siswa yang dipastikan menerima bantuan PIP 2023 adalah mereka yang terdata di laman pip.kemdikbud.go.id. Berikut cara cek penerima PIP 2023.

Dana PIP Kemdikbud Cair Juli 2023, Segera Cek Penerimanya di pip.kemdikbud.go.id

Pencairan bantuan pendidikan PIP terus berlanjut pada bulan Juli 2023. Untuk itu, segera cek penerima PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id.

Masih banyaknya siswa yang belum menerima dana PIP memastikan pencairan PIP 2023 akan berlanjut pada bulan Juli 2023.

Cek Penerima PIP 2023

Guna memastikan diri sebagai penerima PIP Kemdikbud 2023, Anda bisa mengecek lewat HP melalui laman resmi PIP di pip.kemdikbud.go.id.

Langkah pertama ialah buka laman pip.kemdikbud.go.id, pada kolom pencarian isi NISN dan NIK, dan mengisi kode captcha pada kotak yang tersedia. Setelah itu, klik “Cek Penerima PIP”.

Situs resmi PIP Kemdikbud ini atau pip.kemdikbud.go.id akan menampilkan status penerima PIP sesuai dengan data yang dimasukkan. Selain itu, informasi lainnya terkait jadwal pencairan dana PIP 2023 juga dapat dilihat.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 25 Maret 2024 Terbaru

Informasi penting yang harus diperhatikan orang tua dan siswa penerima PIP 2023 adalah aktivasi rekening PIP. Aktivasi rekening PIP dilakukan agar dana PIP bisa tersalurkan ke rekening penerimanya.

Dana PIP Kemdikbud Cair Juli 2023, Segera Cek Penerimanya di pip.kemdikbud.go.id

Langkah-Langkah Aktivasi Rekening PIP 

Aktivasi rekening PIP 2023 untuk peserta didik SD dan SMP dilakukan di Bank BRI, sedangkan untuk siswa SMA dan SMK lewat Bank BNI.

Setelah datang ke pihak bank penyalur, peserta didik akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan rekening SimPel PIP. Kemudian serahkan surat aktivasi rekening dari sekolah ke pihak bank penyalur.

Saat aktivasi rekening jangan lupa untuk membawa KTP/Kartu pelajar baik untuk siswa atau wali siswa. Jika proses aktivasi rekening sudah tuntas, peserta didik tinggal menanti SK Pemberian dari Kemdikbudristek untuk mendapatkan bantuan pendidikan dengan nominal yang beragam.

Dana PIP Kemdikbud Cair Juli 2023, Segera Cek Penerimanya di pip.kemdikbud.go.id

CARA MENGECEK PENERIMA PIP SECARA MANDIRI

TUJUAN PIP

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung

Baca Juga :  Kode Redeem Game Super Sus 25 Maret 2024 Terbaru dan Valid, SImak Cara Mainnya

Dana PIP Kemdikbud Cair Juli 2023, Segera Cek Penerimanya di pip.kemdikbud.go.id

PENERIMA PIP

  • Peserta Didik pemegang KIP
  • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
    • Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera
    • Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
    • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam
    • Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
    • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya
Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Dana PIP Kemdikbud Cair Juli 2023, Segera Cek Penerimanya di pip.kemdikbud.go.id

CARA MENGECEK PENERIMA PIP

1. Buka tautan https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1

2. Isikan NISN dan NIK, lalu isikan Hasil yang diminta sistem, lalu klik Cek Penerima PIP.

3. Jika data sudah dimasukkan dengan benar maka bisa diketahui apakah termasuk penerima PIP atau bukan. Termasuk sebagai pemegang Kartu Indonesia Pintar atau bukan. Jika tercatat sebagai penerima PIP, silahkan konfirmasikan ke sekolah untuk dibuatkan Surat Keterangan Penerima PIP dari sekolah.

Demikian informasi pencairan PIP pada bulan Juli 2023 dan cara cek penerimanya di pip.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat.