Dana BST DKI Jakarta Tahap 4 Akan Cair Siapkan Kartu Keluarga Cek Penerima di corona.jakarta.go.id. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai membagikan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 4. Informasi ini dibagikan melalui akun resmi Twitter @DKIJakarta. Disebutkan, penyaluran BST tahap 4 paling lama akan dilakukan pada minggu ke-4 April.

Dana BST DKI Jakarta Tahap 4 Akan Cair Siapkan Kartu Keluarga Cek Penerima di corona.jakarta.go.id

Bansos tunai (BST) DKI Jakarta tahap 4 dikabarkan akan segera disalurkan dalam waktu dekat. Sama seperti tahap-tahap sebelumnya, besaran BST DKI pada tahap 4 yakni sebesar Rp300.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).



“Sesuai informasi yang diterima dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bahwa target pencairan BST Tahap 4 paling lambat dilakukan pada minggu ke IV bulan April 2021. Harap selalu memantau media sosial resmi milik Pemprov DKI Jakarta mengenai informasi tersebut. Terima kasih,” demikian ditulis di akun Twitter Pemprov DKI Jakarta yang dikutip, Senin (19/4/2021).

1. Dana tidak akan hilang jika tak langsung dicairkan

Dana BST ini dapat dicairkan di Bank DKI. Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta sudah membagikan BST tahap 3 mulai 3 April 2021. Ada sejumlah hal yang kerap ditanyakan masyarakat terkait BST, salah satunya adalah pemotongan dana jika tak langsung dicairkan.

Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta menyebutkan, tidak ada potongan dari dana bantuan yang diterima sebesar Rp300.000. Uang akan langsung ditransfer ke rekening penerima manfaat.

2. Warga dengan kategori ini tidak lagi terima BST

Ada beberapa pertanyaan juga terkait sejumlah warga yang mendapat BST tahap 1 tapi tidak menerima BST tahap 2 dan tahap 3.

Mengenai hal ini, Pemprov DKI Jakarta menjelaskan bahwa pada pencairan BST tahap 2 dilakukan pemutakhiran data penerima bantuan, melalui musyawarah kelurahan yang dihadiri oleh RT dan RW.

Penerima bantuan dengan kategori meninggal dunia, pindah, dianggap mampu, penerima PKH/BPNT, dan memiliki penghasilan tetap dihapus dari daftar penerima BST.

3. Warga kategori usulan baru sudah dapat undangan

Sebelumnya, Dinas Sosial DKI Jakarta juga menyebutkan bahwa masyarakat yang masuk kategori usulan penerima bantuan baru melalui RT, sudah mendapat undangan pertama pengambilan kartu ATM dan buku tabungan, yang telah didistribusikan pada 29-31 Maret 2021.

“Apabila tidak hadir, akan diberikan undangan kedua dan ketiga melalui perangkat RT dan RW. Untuk itu disarankan agar penerima manfaat berkoordinasi dengan perangkat RT dan RW,” tulis akun Instagram @dkijakarta, Sabtu (3/4/2021).

Sebelumnya, BST DKI mengalami keterlambatan penyaluran untuk tahap 2 dan 3. Hal ini disebabkan adanya pemutakhiran data penerima BST DKI yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta.

Pemutakhiran data penerima BST DKI tersebut, dilakukan Dinsos DKI Jakarta berdasarkan usulan penghapusan dan penerima baru dari RT atau RW yang ada di DKI Jakarta pada Februari 2021.

Dengan adanya pemutakhiran data tersebut, maka ada sejumlah warga DKI yang sebelumnya terdaftar sebagai penerima, kemudian dihapus dari daftar.

Hal ini dikarena sejumlah faktor, seperti adanya penerima manfaat yang meninggal dunia, pindah luar DKI Jakarta, perubahan status perkawinan, mampu atau tidak mampu secara ekonomi, penerima PKH/BPNT, dan memiliki penghasilan tetap.

Oleh sebab itu, untuk memastikan apakah terdaftar sebagai penerima BST DKI tahap 4, maka warga DKI Jakarta bisa melakukan pengecekan penerima BST DKI tahap 4 dengan cara berikut.

Cara Cek Penerima BST DKI Tahap 4, dilansir Pikiran Rakyat Depok dari laman PPID Jakarta.

  1. Masuk ke laman corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial
  2. Masukkan Nomor Kartu Keluarga (KK) di kolom yang tersedia.
  3. Kemudian klik “Cari”.
  4. Setelahnya Anda dapat melihat apakah Anda termasuk ke dalam daftar penerima BST DKI tahap 4.

Uang BST DKI tahap 4 akan disalurkan melalui rekening Bank DKI sebesar Rp300.000 per bulan.

Penerima BST DKI tahap 4 akan diberikan Kartu Tabungan dan Kartu ATM Bank DKI sebagai alat transaksi untuk mencairkan uang bantuan.

Cara Pencairan BST DKI Tahap 4

  1. Penerima dapat menarik langsung uang BST DKI tahap 4 dari Kartu ATM Bank DKI.
  2. Untuk penerima usulan baru, tidak bisa dicairkan bersamaan dengan penerima yang sudah mendapat BST DKI tahap 1.

Sebab, penerima usulan baru membutuhkan waktu untuk proses administrasi seperti pencetakan buku tabungan dan kartu ATM dari Bank DKI.

Layanan Pengaduan

Dinas Sosial DKI Jakarta menegaskan tidak ada potongan apapun dari pihak Pemprov DKI Jakarta.

Jika warga merasa ada oknum yang melakukan pemungutan uang BST DKI, silahkan lapor kepada pihak Kelurahan untuk selanjutnya dilaporkan ke Dinas Sosial DKI Jakarta.


Warga juga bisa menghubungi layanan Call Center bansos DKI Jakarta berikut.

  • Telepon: (021) 426-5225
  • Whatsapp: 0821-1132-0717

Dana BST DKI Jakarta Tahap 4 Akan Cair Siapkan Kartu Keluarga Cek Penerima di corona.jakarta.go.id

Sumber :

  • https://depok.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-091789627/segera-cek-penerima-bansos-bst-dki-tahap-4-dengan-kartu-keluarga-kk-di-coronajakartagoid?page=4
  • https://www.idntimes.com/news/indonesia/lia-hutasoit-1/siap-siap-dana-bst-tahap-4-dki-jakarta-segera-bisa-dicairkan/3

Read previous post:
blt-umkm-eform-bri
Cara Mengajukan BLT UMKM BPUM BRI, BNI, dan Kantor Pos Cair Rp1,2 Juta

Close