Contoh Soal Tes Wawancara KPPS Pemilu 2024 Peluang Lulus Besar. Seperti diketahui, pendaftaran KPPS Pemilu 2024 sudah dibuka sejak 11-15 Desember 2023. KPPS Pemilu memiliki peran yang penting dalam memastikan transparansi dan integritas seluruh proses pemilihan pada 14 Februari 2024.

Nantinya, anggota KPPS Pemilu dipilih dari masyarakat sekitar TPS dan berjumlah tujuh orang. Jadi, ketujuh orang tersebut terbagi menjadi satu ketua dan enam orang lainnya anggota.

Tidak jauh berbeda dengan rekrutmen lainnya, dalam pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 peserta akan melewati rangkaian seleksi tersebut tahapan wawancara.

Contoh Soal Tes Wawancara KPPS Pemilu 2024 Peluang Lulus Besar

Untuk itu, para peserta perlu banyak melakukan latihan soal dirumah, agar mendapatkan peluang kelulusan yang lebih besar. Menurut PKPU Nomor 8 Tahun 2022, KPPS Pemilu adalah petugas sementara yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Seleksi anggotanya dilakukan berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tugas utama KPPS yakni membantu pelaksanaan Pemilu, mulai dari pemungutan suara di TPS hingga penghitungan suara.

Seleksi anggotanya dilakukan berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tugas utama KPPS yakni membantu pelaksanaan Pemilu, mulai dari pemungutan suara di TPS hingga penghitungan suara.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS adalah kelompok yang dibentuk untuk melaksanakan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tugas KPPS Pemilu adalah memastikan transparansi dan integritas seluruh proses pemilihan. KPPS juga bertugas memastikan proses kegiatan pemilihan berjalan lancar hingga akhir.

Penjelasan mengenai KPPS sendiri terdapat dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 1 ayat (9). Sementara tugas, wewenang, dan kewajiban KPPS tercantum dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 30 ayat (1) dan (3).

Contoh Soal Tes Wawancara KPPS Pemilu 2024 Peluang Lulus Besar

Pengertian KPPS Pemilu

KPPS adalah kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melaksanakan pemungutan suara di TPS.

KPPS dibentuk oleh PPS atas nama KPU kabupaten/kota untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota di TPS.

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan?

Anggota KPPS sebanyak tujuh orang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota dan enam anggota. Anggota KPPS keempat dan anggota KPPS ketujuh merangkap tugas menjaga ketertiban jika di TPS tersebut tidak ada petugas LINMAS.

Syarat menjadi anggota KPPS Pemilu

Berikut syarat menjadi anggota KPPS Pemilu.

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia paling rendah 17 tahun.
  • Setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  • Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.
  • Tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.
  • Berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS
  • Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.
  • Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.
  • Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Selain persyaratan di atas, ada beberapa rincian dokumen di bawah ini yang harus dilengkapi calon anggota KPPS Pemilu 2024:

  • Surat pendaftaran sebagai calon anggota PPS.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).
  • Fotokopi ijazah sekolah menengah atas/sederajat atau ijazah terakhir.
  • Surat pernyataan untuk pemenuhan persyaratan.
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh Puskesmas, rumah sakit, atau klinik yang termasuk di dalamnya terdapat pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol.
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Pas Foto Berwarna 4×6.

Contoh Soal Tes Wawancara KPPS Pemilu 2024 Peluang Lulus Besar

Tugas KPPS Pemilu 2024

KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) merupakan bagian penting dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Menurut UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 61, tugas KPPS adalah:
– Melakukan pemungutan suara
– Penghitungan suara, dan
– Rekapitulasi hasil suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga :  Kode Redeem Game Point Blank 6 Januari 2024 Update Terbaru Valid

Contoh Soal Tes Wawancara KPPS

1. Ceritakan tentang diri Anda secara singkat
Jawaban: (Jelaskan tentang latar belakang minat dan pengalaman kamu)

2. Apa motivasi Anda menjadi Anggota PPS Pemilu 2024?
Jawaban: Motivasi saya, yakni untuk ikut serta sebagai pelaksana dan ikut membantu menyukseskan pemilihan umum di desa/kelurahan masing-masing. Selain itu, membantu menjamin bahwa pemilihan umum akan berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luberjurdil).

3. Apa yang kamu ketahui mengenai posisi PPS?
Jawaban: PPS adalah panitia yang dibentuk oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilu di tingkat kelurahan/desa atau nama lain. Sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 14 ayat 2, maka kedudukan PPS berada di kelurahan/desa atau nama lain.

4. Apa yang kamu lakukan jika terpilih sebagai anggota atau ketua PPS Pemilu 2024?
Jawaban: Akan melaksanakan pemungutan suara dan memastikan pemilihan umum akan berlangsung sesuai dengan prinsip yakni Luberjurdil atau langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

5. Apa yang kamu lakukan jika terpilih sebagai anggota atau ketua PPS Pemilu 2024?
Jawaban: Saya akan bertanggung jawab dalam melaksanakan pemungutan suara. Lalu memastikan pemilihan umum yang berlangsung sesuai dengan prinsip luberjurdil yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

6. Kontribusi apa yang bisa kamu berikan untuk posisi ini?
Jawaban: Berdedikasi penuh dan loyal pada tugas. Dan berkomitmen untuk menjamin pemilihan umum akan berlangsung dengan luberjurdil yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

7. Apa saja tugas dan wewenang dari Anggota PPS, sebutkan diantaranya ?
Jawaban: Salah satu wewenang anggota PPS adalah menetapkan hasil perbaikan DPS untuk menjadi DPT. Sementara tugas dari PPS yakni melakukan rekapitulasi pengembalian surat pemberitahuan pemungutan suara yang telah diterima dari KPPS. Dan menyampaikannya ke KPU Kabupaten/Kota melalui PPK terkait.

8. Berapa jumlah DPT di desa tempat tinggal kamu? Sebutkan secara rinci?
Jawaban: Jawab sesuaikan dengan kondisi desa domisili kamu.

9. Berapa jumlah surat suara yang dicetak untuk pemilu?
Jawaban: Berdasarkan pasal 344 UU No 7 Tahun 2017, jumlah surat suara yang dicetak harus sama dengan jumlah pemilih tetap, dan ditambah dengan 2 persen dari jumlah pemilih tetap sebagai cadangan, yang telah ditetapkan dengan keputusan KPU.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 13 Februari 2024 Terbaru

10. Apakah yang dimaksud dengan Kolektif Kolegial?
Jawaban: Istilah umum yang merujuk kepada sistem kepemimpinan yang melibatkan para pihak yang berkepentingan dalam mengeluarkan keputusan atau kebijakan melalui mekanisme yang di tempuh, musyawarah untuk mencapai mufakat atau pemungutan suara, dengan mengedepankan semangat keberasamaan.

Contoh Soal Tes Wawancara KPPS Pemilu 2024 Peluang Lulus Besar

Besaran gaji KPPS Pemilu 2024

Gaji atau honor yang didapatkan petugas KPPS Pemilu 2024 mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode sebelumnya. Hanya saja, ketua dan anggota memiliki gaji yang berbeda.
Adapun berikut besaran honor petugas KPPS Pemilu 2024, yakni:
– Ketua KPPS Pemilu 2024 sebesar Rp1.200.000
– Anggota KPPS Pemilu 2024 sebesar Rp1.100.000
Sebelumnya, pada Pemilu tahun 2019, besaran gaji petugas KPPS yakni Rp5.50.000 untuk Ketua KPPS. Sementara anggota KPPS sebesar Rp500.000.

Jadwal pendaftaran KPPS Pemilu 2024

Supaya Anda tidak ketinggal, berikut jadwal pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024, yaitu:
– Pengumuman pendaftaran calon anggota KPPS: 11-15 Desember 2023
– Penerimaan pendaftaran calon anggota KPPS: 11-20 Desember 2023
– Penelitian administrasi calon anggota KPPS: 11-22 Desember 2023
– Pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS: 23-25 Desember 2023
– Tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota KPPS: 23-28 Desember 2023
– Pengumuman hasil seleksi calon anggota KPPS: 29-30 Desember 2023
– Penetapan anggota KPPS: 24 Januari 2024
– Pelantikan anggota KPPS: 25 Januari 2024
– Masa Kerja KPPS: 25 Januari-25 Februari 2024

Demikian mengenai contoh tes wawancara KPPS Pemilu 2024. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal Tes Wawancara KPPS Pemilu 2024 Peluang Lulus Besar

Sumber : www.cnnindonesia.com/

Live Streaming