Greeone

Cicipi Kuliner Kaki Lima Bogor. Jalan-jalan ke Kota Hujan tak lengkap rasanya jika hanya melihat pemandangan. Kuliner kaki lima di Kota Bogor wajib Sobat cicipi juga jika berkunjung kesana.

Cicipi Kuliner Kaki Lima Bogor

Baca Yuk :

Melansir dari Detik, Kota yang berada di bagian selatan Jakarta ini juga dikenal sebagai kota seribu angkot. Punya destinasi wisata alam yang banyak dan menarik membuat kota Bogor kerap dipilih sebagai tujuan berwisata saat akhir pekan tiba yang tak perlu pergi terlalu jauh dari ibu kota.

Tak hanya punya beragam wisata yang menyenangkan, kota Bogor juga identik sebagai surga kuliner. Berbagai lokasi di sini terkenal sebagai spot kuliner. Mulai dari kawasan kuliner kekinian hingga daerah dengan deretan beragam kuliner legendaris yang sudah terkenal kelezatannya selama puluhan tahun.

Tak hanya sekadar tempat makan atau kafe-kafe, banyak juga daftar kuliner kaki lima yang legendaris dan tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota hujan ini. Hingga saat ini beberapa deretan penjaja makanan kaki lima ini bahkan masih begitu dipadati oleh para pelanggan setia maupun mereka yang baru mencoba.

1. Toge Goreng Mang Gebro Putro

Terkenal dengan porsinya yang banyak, nama ‘Gebro’ pada Toga Goreng Mang Gebro Putra ini berasal dari julukan yang diberikan pelanggan. ‘Gebro’ yang berasal dari kata sagebro yang berarti banyak memang sesuai dengan toge goreng yang disajikan dalam porsi banyak dengan rasanya yang gurih legit.

Berlokasi di Pasar Anyar, Blok B.2, Jalan Dewi Sartika No.35, Bogor warung toge goreng ini ‘ngumpet’ tak jauh dekat SD Pengadilan. Dibanderol seharga Rp 13 ribu, toge goreng dengan porsi jumbo ini buka mulai pukul 08.00 dan tak jarang dijadikan sebagai tujuan sarapan khas Bogor.

2. Cungkring Pak Jumat

Cungkring adalah hidangan berbahan kikil maupun jeroan sapi. Di kawasan Surya Kencana ada cungkring yang disajikan secara kaki lima dan begitu tersohor kelezatannya. Adalah Cungkring Pak Jumat yang bahkan seringkali diburu para food vlogger yang berkunjung ke kota Bogor.

Ikut ‘nyempil’ di kawasan Jalan Suryakencana, Pasar Babakan No.285, seporsi cungkring di sini cocok untuk kamu yang penasaran dengan jajanan ringan ala kota Bogor yang legendaris. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 cukup merogoh kocek sebesar Rp 18 ribu kamu sudah bisa mendapatkan cungkring lengkap dengan lontong.

3. Lumpia Basah Gang Aut

Jika hidangan lumpia dikenal sebagai makanan khas dari Jawa tengah, berbeda dengan lumpia basah. Olahan makanan yang menggunakan kulit lumpia, toge serta bengkoang ini menjadi jajanan khas di Jawa Barat yang begitu digemari. Salah satu yang paling populer adalah Lumpia Basah Gang Aut yang kelezatannya benar-benar tak tertandingi.

Sudah hadir sejak sekitar 5 tahun yang lalu, pemiliknya, Bu Weli dibantu dengan anaknya mempertahankan cara memasak lumpia basah yang masih tradisional dengan kompor arang. Berlokasi Jl. Surya Kencana No.307, Bogor, setiap harinya lumpia basah ini dijajakan mulai pukul 09.30 hingga 19.30 dan cocok untuk menjadi camilan alternatif saat berada di kota Bogor.

4. Martabak Encek

Martabak yang sudah berusia 47 tahun ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam hingga ludes diburu pembeli. Dimasak dengan kompor arang tradisional, kedai martabak sepetak ini selalu dipadati para pelanggan yang dengan sabar mengantre demi seporsi martabak yang legit manis di sini.

Martabak yang berlokasi di Jalan Surya Kencana No. 289, Bogor tepatnya di seberang gang Aut ini bahkan sudah dijual sejak harganya masih Rp 250 dan kini sudah dibanderol mulai dari Rp 40 ribu. Buka mulai pukul 14.00 jika kamu ingin mencicipi legitnya Martabak Encek ini harus sabar mengantre dan jangan datang terlambat karena akan kehabisan.

5. Soto Kuning Pak Yusup

‘Nyempil’ di kawasan Surya Kencana, Soto Kuning Pak Yusup selalu padat pengunjung. Sejak tahun 1998, soto kuning yang satu memang sudah hadir di salah satu sisi di kawasan Surya Kencana. Dijajakan di depan kios kecil dengan gerobak yang sederhana, Soto Kuning Pak Yusup selalu diserbu baik oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan yang tengah mengunjungi kota Bogor.

Cara penyajiannya pun cukup unik, para pelanggan dipersilahkan untuk memilih potongan daging yang diinginkan. Ada potongan dengan jenis daging, paru, kikil hingga pelengkap seperti perkedel. Berlokasi Jalan Surya Kencana No. 287, bogor, soto kuning yang buka mulai pukul 10.00 ini dibanderol hanya Rp 10 ribu per potong daging yang diambil.

*Artikel ini telah tayang sebelumya di laman Detik

Cicipi Kuliner Kaki Lima Bogor

Sumber: Detik

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , ,

Streaming Now