Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!. SNBP ini hanya bisa diikuti siswa kelas 12 yang tahun 2024 menyelesaikan studinya. Sehingga siswa gap year atau yang tahun 2023 ini lulus tidak bisa mendaftar SNBP.

Lantas kapan SNBP 2024 akan dilaksanakan? SNBP merupakan proses penerimaan mahasiswa baru di PTN dengan berbagai tahapan penting.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) menjadi jalur pertama yang bisa diikuti siswa kelas 12 yang tahun 2024 akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN).

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

SNBP ini pada penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri 2022 disebut dengan istilah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Informasi resmi jadwal SNBP 2024 memang belum disampaikan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Berdasarkan seleksi tahun-tahun sebelumnya, jalur pertama yang akan dibuka dalam rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB) ialah SNBP.

Eligible sendiri adalah siswa dinyatakan layak mendaftar berdasarkan nilai akademik seperti rapor per mapel dan prestasi akademik dan memenuhi kuota di sekolah.

Siswa SMA, MA maupun SMK kelas 12 yang akan mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 2024, dapat mempersiapkan diri untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) maupun Jalur Mandiri PTN.

SNBP merupakan jalur prestasi tanpa tes berdasarkan nilai rapor, prestasi dan sejumlah lainnya. Sehingga, tidak semua siswa bisa mengikuti SNBP, melainkan hanya siswa yang dinyatakan eligible.

Karena itu, untuk bisa mendaftar SNBP 2024, siswa perlu memperhatikan beberapa hal sebelum pendaftaran dibuka sekitar Januari-Februari 2024.

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

Perkiraan jadwal SNBP 2024

Jika mengacu pada SNBP 2023, tahap awal SNBP dimulai dengan melakukan registrasi akun SNPMB.

Atau pada tahun 2022 disebut dengan istilah registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Mengacu pada jadwal SNBP 2023, berikut perkiraan jadwal pelaksanaan SNBP 2024 dan tahapan yang harus diikuti siswa dan sekolah.

Tahap awal pelaksanaan SNBP 2024 dimulai dengan pengumuman kuota sekolah sesuai akreditasi sekolah yakni pada bulan Desember 2023.

Setelah pengumuman kuota sekolah, SNPMB juga memberi waktu bagi sekolah yang akan melakukan sanggah hingga pertengahan Januari 2024.

Registrasi akun SNPMB bagi sekolah dibuka pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari.

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

Sedangkan registrasi akun SNPMB bagi siswa dibuka awal Januari hingga pertengahan Februari.

Baca Juga :  KODE REDEEM Mobile Legends 25 Maret 2024 Terbaru

Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pertengahan Januari hingga pertengahan Februari.

Sosialisasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS): Desember 2023 hingga Februari 2024.

Penetapan Siswa Eligible: awan Januari hingga awal Februari 2024

Pengisian PDSS: awal Januari hingga awal Februari 2024

Pendaftaran SNBP: pertengahan hingga akhir Februari 2024

Pengumuman hasil SNBP dilaksanakan pada akhir Maret 2023.

Setelah tahu perkiraan jadwal SNBP 2024, kamu juga perlu tahu syarat apa saja untuk mendaftar SNBP 2024.

Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul:

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Demikian informasi mengenai perkiraan jadwal SNBP 2024 jika mengacu pada pelaksanaan SNBP 2023.

Siswa berprestasi dan punya nilai rapor bagus dan dinyatakan menjadi siswa eligible punya kesempatan diterima di PTN impian lewat jalur SNBP 2024 ini.

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

Namun jika kamu tidak lolos SNBP 2023 atau bagi siswa yang tidak dinyatakan eligible masih bisa memanfaatkan jalur lain yang dibuka PTN.

berikut 5 hal yang harus dimiliki siswa SMA sederajat agar peluang lolos SNBP semakin besar:

1. Penuhi persyaratan sebagai peserta SNBP

Untuk menjadi peserta SNBP tentunya ada beberapa persyaratan administratif yang harus dipenuhi olehmu.

Pertama, kamu adalah siswa SMA/SMK/MA kelas 12 pada tahun 2023 dengan prestasi unggul dan memiliki prestasi akademik.

Kedua, sudah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Jangan lupa mengunggah portofolio buat kamu yang berminat untuk mendaftarkan diri di program studi seni dan olahraga. Serta memasukkan nilai rapor semester 1 hingga semester 5 di PDSS yang dilakukan oleh sekolah.

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

2. Memastikan kamu adalah siswa yang eligible

Eligible atau tidaknya seorang siswa ditentukan oleh pemeringkatan siswa di sekolah.

Nantinya, sekolah akan memberikan nilai rata-rata semua mata pelajaran dari semester 1 hingga semester 5 dari siswa tersebut.

Selain dari nilai rata-rata, poin lain seperti prestasi akademik juga dapat memberikan kontribusi peringkat bagi para siswa sekolah tersebut yang memiliki nilai serupa.

Untuk itu, baiknya siswa telah mempersiapkan nilai rapor sebaik mungkin sejak kelas 10.

3. Sekolahmu memenuhi persyaratan

Sebagai calon peserta SNBP, bukan hanya nilai semata yang dinilai. Asal sekolahmu pun akan menentukan apakah kamu layak untuk mendaftar SNBP. Apa saja?

  • SMA/SMK/MA memiliki NPSN
  • Akreditasi sekolah A: kuota 40 persen terbaik di sekolahnya, Akreditasi B kuota 20 persen terbaik di sekolahnya, Akreditasi C dan lainnya kuota 5 persen terbaik di sekolahnya.
  • Mengisi PDSS dan menginput data siswa yang eligible di sekolah sesuai dengan ketentuan yang ada.
Baca Juga :  KODE REDEEM Mobile Legends 22 Februari 2024 Terbaru

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

4. Memiliki prodi pilihan

Jangan memilih saat sudah mepet. Pastikan saat ini kamu mempertimbangkan matang-matang apa saja prodi prioritas kamu.

Apa pun jurusan yang kamu ambil di saat SMA/SMK/MA baik itu IPA, IPS, atau Bahasa membuatmu tetap berhak memilih program studi di PTN sesuai dengan persyaratan dari PTN yang bersangkutan.

Kamu bisa memilih dua program studi yang berbeda dari satu PTN yang sama atau dua PTN yang berbeda. Lalu, jika kamu memilih dua program studi, maka salah satunya harus berasal dari PTN yang provinsinya sama dengan SMA/SMK/MA tempat kamu berasal.

Namun, jika kamu hanya memilih satu program studi saja, maka kamu dapat memilih PTN yang ada di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

5. Mempunyai portofolio

Tidak semua program studi mensyaratkan untuk mengumpulkan portofolio. Hanya saja, jika kamu memilih program studi seni dan olahraga, pastikan kamu mengumpulkan portofoliomu yang terbaik.

Dalam website resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, disebutkan bahwa ada 11 jenis portofolio. Mereka adalah olahraga; seni rupa, desain, dan kriya; tari; teater; musik; sendratasik; seni karawitan; etnomusikologi; fotografi; film dan televisi; dan seni pendalangan.

Itulah 5 hal yang harus kamu punya sebelum mendaftar SNBP 2024. Siswa SMA, SMK dan MA bisa mempersiapkan kelima hal di atas mulai sekarang.

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

Sistem Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi SNMPTN:

  1. Pahami Prosedur SNMPTN: Pastikan Anda memahami dengan baik seluruh prosedur dan aturan SNMPTN. Bacalah brosur informasi yang disediakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan situs web resmi SNMPTN.
  2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan: Pastikan Anda memenuhi semua syarat dan ketentuan yang diperlukan. Ini termasuk persyaratan nilai rapor, ujian tertulis, dan dokumen lainnya.
  3. Pilih Program Studi dengan Bijak: Pertimbangkan matang-matang program studi yang ingin Anda ambil. Pilih program studi yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan karir Anda.
  4. Pelajari Soal Ujian: Pastikan Anda memahami jenis soal ujian yang akan diujikan. Latihan mengerjakan soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya dapat membantu Anda memahami format dan jenis soal yang mungkin keluar.
  5. Persiapkan Diri dengan Baik: Luangkan waktu untuk belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Buat jadwal belajar yang teratur dan fokus pada mata pelajaran yang diujikan.
  6. Simak Pelajaran di Sekolah: Ikuti pelajaran di sekolah dengan baik. Pelajari materi yang diajarkan oleh guru dan jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang tidak Anda pahami.
  7. Minta Bantuan Guru atau Tutor: Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran, minta bantuan guru atau tutor. Mereka dapat memberikan penjelasan tambahan dan bimbingan.
  8. Baca Buku Referensi: Selain buku pelajaran, baca juga buku referensi yang relevan dengan mata pelajaran yang diujikan. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.
  9. Ikuti Pelatihan atau Kursus: Jika Anda merasa perlu, ikuti kursus atau pelatihan persiapan SNMPTN. Ada banyak lembaga yang menawarkan program persiapan khusus untuk SNMPTN.
  10. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental: Jangan lupakan kesehatan fisik dan mental Anda. Pastikan Anda tidur cukup, makan dengan baik, dan istirahat dengan cukup. Stres berlebihan dapat berdampak negatif pada performa Anda.
  11. Ujian Simulasi: Coba ujian simulasi untuk mengukur kemampuan Anda. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area di mana Anda perlu meningkatkan.
  12. Manajemen Waktu: Selalu atur waktu dengan baik saat mengerjakan soal ujian. Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu pada satu soal. Jika Anda terjebak pada suatu soal, lanjutkan ke soal berikutnya dan kembali nanti jika memungkinkan.
  13. Pahami Skor Minimum: Ketahui skor minimum yang diperlukan untuk diterima di program studi yang Anda inginkan. Hal ini akan memberi Anda gambaran tentang target yang harus Anda capai.
  14. Jangan Menunda-nunda: Persiapan yang baik memerlukan waktu. Jangan menunda-nunda belajar atau persiapan hingga mendekati waktu ujian.
  15. Jaga Semangat dan Percayalah Diri: Percayalah pada diri Anda sendiri dan tetap jaga semangat. Keyakinan diri adalah kunci kesuksesan.
Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 16 Februari 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Ingatlah bahwa persiapan yang baik dan dedikasi yang tinggi akan membantu Anda dalam menghadapi SNMPTN dengan percaya diri. Semoga tips-tips ini membantu Anda meraih kesuksesan dalam SNMPTN.

Cek Syarat Daftar PTN Jalur SNBP 2024, Kapan Dibuka? Simak Tips dan Info Berikut Ini!

Sumber : https://www.kompas.com/