Cara Dapat Bansos BST Rp 300 Ribu dari Kemensos Pakai KIS. Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Bansos BST Rp300 Ribu dari Kemensos, segera cek nama penerima bantuan langsung tunai lewat dtks.kemensos.go.id.

Cara Dapat Bansos BST Rp 300 Ribu dari Kemensos Pakai KIS

Presiden Joko Widodo telah resmi meluncurkan program bantuan tunai se-Indonesia untuk tahun 2021 di 34 provinsi di Istana Negara Jakarta, Senin 4 Januari 2021.


“Tahun 2021 ini penyaluran bantuan sosial akan terus kami lanjutkan dan dalam APBN 2021 telah disiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Presiden.

Tahun 2021 ini penyaluran bantuan sosial akan terus dilanjutkan dan dalam APBN 2021 telah disiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima bansos hingga akhir tahun.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan rincian tiga bansos yang disalurkan, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Lebih detail, bantuan sosial tunai akan diberikan selama empat bulan, terhitung sejak Januari, Februari, Maret, April, dan nilainya Rp300 ribu per bulan per KK (Kepala Keluarga).

Bantuan akan disalurkan melalui mekanisme pos. Pada Januari 2021 akan disalurkan bagi 10 juta keluarga dengan anggaran Rp3 triliun. Total keseluruhan anggaran yang disalurkan pada Januari 2021 adalah sebesar Rp13,93 triliun.



Adapun syarat untuk mendapatkan Bansos BST Rp300 ribu perbulan dari Kemensos di antaranya adalah :

  1. Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.
  2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi Covid-19.
  3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat.

Bagi masyarakat yang hendak mendapatkan BST Rp 300 ribu dari Kemensos dapat mengecek nama penerima menggunakan Kartu KIS atau Kartu Indonesia Sehat melalui https://dtks.kemensos.go.id, dengan cara:

  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID, Anda bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Pilih KIS.
  3. Masukkan nomor Kartu Indonesia Sehat (KIS).
  4. Masukkan nama sesuai KIS.
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan secara tepat
  6. Klik kata ‘cari’ lalu akan muncul data apakah Anda penerima bantuan sosial bansos BST.

Cara Dapat Bansos BST Rp 300 Ribu dari Kemensos Pakai KIS

DAFTAR

https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-361272324/pemilik-kartu-kis-bisa-dapat-bansos-bst-rp300-ribu-dari-kemensos-cek-disini-nama-penerima-blt?page=2


Read previous post:
jadwal-belajar-di-rumah-bersama-tvri
Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR di TVRI Minggu 17 Januari 2021

Close