Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 untuk Mendapatkan Beasiswa. Syarat mendaftar Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 bagi siswa dari keluarga kurang mampu perlu mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kulit atau di singkat KIP Kuliah 2023.

Bagi siswa yang ingin mendaftar KIP kuliah 2023 dapat terus memantau jadwal pendaftaran sehingga tidak ketinggalan. banyak keuntungan yang dapat di peroleh calon mahasiswa atau mahasiswa yang mendaftar KIP Kuliah. Bagi siswa dari keluarga kurang mampu dan ingin kuliah, bisa daftar KIP Kuliah 2023 atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah di link resmi pemerintah.


Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 untuk Mendapatkan Beasiswa

Jika dilihat pada periode 2022, pendaftaran pembuatan Kartu Pintar Indonesia Kuliah di buka pada tanggal 2 Februari 2022 hingga 1 Desember 2022 dan jika tahun ini mengacu pada pembukaan pendaftaran KIP kuliah tahun 2022, maka kemungkinan pendaftaran KIP kuliah 2023 juga di buka pada 2 Februari 2023.

  • Bebas biaya pendidikan seperti SPP atau UKT
  • Tidak bayar dalam mengikuti seleksi perguruan tinggi SNBP dan SNBT
  • Mendapatkan biaya hidup untuk sehari-hari selama kuliah sebesar Rp. 800.000 hingga Rp. 1.4 juta per bulan
Baca Juga :  Langkah Awal Cara Buat Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk Anak SD-SMA Agar Dapat Bansos PKH Rp4,4 Juta Tahun 2022

Pada tahun lalu banyak prodi Akreditasi C di PTN yang hanya mendapatkan kuota KIP kuliah lebih sedikit karena keterbatasan kota.

Perlu di ingat bahwa KIP Kuliah 2023 hanya untuk siswa atau calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu. Karena syarat dari mendaftar KIP Kuliah memang dikhususkan untuk siswa dari keluarga tidak mampu namun ingin lanjut kuliah.

Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 untuk Mendapatkan Beasiswa

Berikut kategori Bagi siswa atau calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP kuliah:

  • Memiliki KIP SMA atau Sederajat
  • Memiliki BPNT, KKS atau PKH
  • Siswa berasal dari panti asuhan atau panti sosial
  • Terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan keterangan Desil <4
  • Pendapatan gabungan orang tua/wali maksimal Rp. 4.000.000 (Kotor) atau pendapatan kotor maksimal Rp. 750.000 dari gabungan orang tua wali dibagi jumlah anggota keluarga.

Apabila siswa memiliki salah satu dari kriteria di atas, maka siswa masih bisa mendaftar KIP Kuliah.

Baca Juga :  SIM KELILING Malang Jumat 16 Desember 2022

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, selanjutnya, siswa wajib tahu prosedur pendaftaran KIP Kuliah. Berikut prosedur pendaftaran KIP Kuliah 2023 :

  • Siswa atau calon mahasiswa bisa langsung melakukan pendaftaran di situs resmi Sistem KIP Kuliah secara mandiri yaitu di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  • Saat membuat akun dan mendaftar, siswa perlu memasukkan NIK, NPSN, NISN serta alamat email yang aktif dan valid.
  • Setelah itu sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NPSN dan NISN dan juga kelayakan siswa untuk mendapatkan KIP Kuliah.
  • Apabila proses validasi berhasil, maka sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat siswa yang mendaftar.
  • Setelah itu, proses selanjutnya adalah siswa harus menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dengan memilih jalur seleksi yang ingin siswa ikuti seperti SNBP, SNBT atau jalur Mandiri.
  • Proses selanjutnya siswa wajib menyelesaikan proses pendaftaran di sistem informasi seleksi nasional masuk di perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang siswa pilih.
  • Bagi siswa calon penerima KIP Kuliah yang sudah dinyatakan di terima di Perguruan Tinggi. Maka bisa dilakukan verifikasi lanjutan oleh Perguruan Tinggi sebelum dinyatakan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Kelas 7 SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jenis-jenis Teks

Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 untuk Mendapatkan Beasiswa

Kemungkinan pendaftaran KIP Kuliah 2023 di buka pada bulan Januari akhir atau bulan Februari 2023 bersamaan dengan proses pendaftaran SNBP 2023. Tapi untuk memastikannya, akan lebih baik jika siswa selalu uptodate informasi sehingga tidak ketinggalan informasi penting terkait pendaftaran KIP Kuliah 2023.

Jadi karena jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2023 belum pasti, pastikan kamu terus update informasi. Pastikan bahwa kamu tidak mendaftar sebelum jadwal pendaftaran KIP 2023 di buka secara resmi oleh Kemendikbud.

Kamu bisa mendaftar KIP Kuliah 2023 di situs web resmi  https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Nah itulah informasi Panduan Pendaftaran KIP Kuliah 2023: Langkah demi Langkah untuk Mendapatkan Beasiswa. Semoga bermanfaat!

Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) KIP Kuliah 2023 untuk Mendapatkan Beasiswa

Sumber : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/


Live Streaming