Hore, Bansos Cair 2023 Ada PKH, Kartu Prakerja, BPNT Sembako, PIP, SImak Jadwal dan Besaran Uang yang di dapat. Tahun 2022 segera berakhir dan artinya pemerintah akan segera menyelesaikan penyaluran bansos atau bantuan sosial, mulai dari PKH, BPNT, BLT BBM, dan bantuan lainnya. Sementara itu, untuk masyarakat yang belum mendapatkan bansos di 2022, tidak perlu khawatir, karena pemerintah akan menyalurkan kembali bansos di 2023.

Inilah daftar bantuan yang akan cair lagi di 2023, ada bansos BPNT Sembako, PIP, dan PKH, Tersalurkan ke penerima manfaat mulai kapan? Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan sosial atau bansos berupa PKH, BPNT, BLT BBM, diharapakan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.


Hore, Bansos Cair 2023 Ada PKH, Kartu Prakerja, BPNT Sembako, PIP, SImak Jadwal dan Besaran Uang yang di dapat

Memasuki pertengah bulan Desember 2022, bansos PKH dan BPNT masih disalurkan secara bertahap kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Bagi masyarakat yang memenuhi syarat dan kriteria penerima bansos PKH dan BPNT pada Desember 2022 segera mencairkan ke Kantor Pos terdekat atau Bank Himbara.

Bagi Anda yang belum dapat bansos 2022, masih ada kesempatan untuk memperoleh bantuan sosial di 2023, karena pemerintah akan mencairkan kembali bansos hingga Rp3 Juta, berikut kriteria penerima PKH dan BPNT. Adapun nominal bansos PKH dan BPNT yang diberikan kepada masyarakat KPM sebesar Rp 750 hingga Rp3 Juta.

Pada Tahun Baru 2023, terdapat 11 Bantuan Sosial atau bansos yang cair dari PKH, BPNT sembako, Bansos PIP, KIS PIB hingga Kartu Prakerja. Pemerintah diketahui memberikan anggaran Bansos tahun 2023 sebesar Rp454,7 Triliun.

Bansos cair di Tahun Baru 2023 dapat hingga Rp20 Juta, Ada PKH, Kartu Prakerja segera cek!. Mulai 2023, berbagai Bantuan Sosial (bansos) itu akan cair. Di mana besaran dana bansos berbeda-beda, ada Kartu Prakerja dengan bantuan sebesar Rp4,2 Juta, Bantuan Subsidi Uang Muka Perumahan sebesar Rp20 juta dan masih banyak lagi lainya.

Hore, Bansos Cair 2023 Ada PKH, Kartu Prakerja, BPNT Sembako, PIP, SImak Jadwal dan Besaran Uang yang di dapat

1. Bantuan KIS (Kartu Indonesia Sehat) PBI,  BPJS Kesehatan

Bantuan Kartu Indonesia Sehat adalah bantuan jaminan kesehatan berupa KIS atau BPJS dari pemerintah. Bantuan pemerintah datang dalam bentuk jaminan kesehatan, tidak seperti bantuan sosial lainnya yang berupa uang atau pun sembako. Bantuan KIS atau BPJS PBI akan terus berlanjut agar tidak mempengaruhi pencairan bagi penerima bansos seperti PKH dan BPNT.

PBI JK merupakan bansos tidak berupa uang tunai, melainkan bantuan berupa iuran kesehatan. Bansos ini akan disalurkan oleh Kemensos kepada peserta BPJS Kesehatan dan dapat dimanfaatkan oleh PBI JK yang telah terdaftar sebagai fakir miskin atau orang tidak mampu. Adapun jumlah bantuan PBI JK sebesar Rp 42.000 per bulan. Penerima bisa melakukan cek bansos secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

Baca Juga :  Siswa Berprestasi, Ubah Ampas tebu Jadi Peredam, Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Emas Internasional

2. Bantuan Subsidi Listrik

Bantuan subsidi listrik diberikan kepada 40,7 juta pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Bantuan subsidi listrik ini diberikan pemerintah kepada pelanggan dengan kapasitas 450 VA atau 900 VA khusus untuk pelanggan subsidi.

Saat ini, tarif keekonomian listrik adalah sekitar Rp1400-1500/kWh. Namun dengan adanya subsidi dari Pemerintah yang disalurkan melalui PT PLN, maka masyarakat yang menerima subsidi hanya perlu membayar sekitar Rp400-Rp600/kWh, tergantung jenis daya yang digunakan.

3. Bantuan Subsidi LPG 3 kg

Bantuan Subsidi LPG 3 kg akan diberikan kembali kepada masyarakat dengan sasaran sebanyak 8 juta NT. Dilansir dari laman esdm.go.id, program konversi BBM ke LPG 3 kg dilakukan Pemerintah sejak 2007. Program ini bertujuan untuk diversifikasi energi, efisiensi anggaran Pemerintah, mengurangi penyalahgunaan mitan bersubsidi dan menyediakan bahan bakar yang bersih, praktis dan efisien. Penyebaran konversi mitan ke LPG telah menjangkau 29 provinsi.

Tantangan pelaksanaan subsidi LPG 3 kg saat ini karena pendistribusiannya bersifat terbuka, sehingga semua lapisan masyarakat dapat membeli LPG 3 kg. Di sisi lain, perbedaan harga LPG subsidi dan non subsidi yang mencolok, menyebabkan banyak masyarakat mampu bahkan juga restoran-restoran yang menggunakan LPG 3 kg.

4. Bantuan Subsidi Uang Muka Perumahan

Bagi masyarakat yang ingin membeli rumah yang dibangun pemerintah, akan diberikan subsidi uang muka mencapai Rp20 juta per unit rumah.

5. Bansos PKH (Program Keluarga Harapan)

Bantuan PKH adalah bansos yang diberikan kepada KPM secara berkala oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Bantuan PKH di tahun 2023 ditargetkan diterima oleh 10 juta keluarga di seluruh Indonesia yang menjadi penerima manfaat.

Pada tahun 2023, pemerintah menargetkan 10 juta KPM untuk menerima bansos PKH. Salah satu syarat untuk menerima bantuan PKH adalah terdaftar di DTKS, memiliki data penduduk aktif, dan sepasang antara data di Dukcakpil dan DTKS.

Berikut syarat untuk cairkan bansos PKH dan BPNT di bawah ini:

1. Seorang WNI dan memiliki KTP.
2. Terdaftar sebagai golongan keluarga berkebutuhan pada data kelurahan setempat
3. Tidak bekerja sebagai ASN, TNI, maupun Polri
4. Tidak menjadi penerima bantuan lain seperti BLT UMKM, BLT subsidi gaji, atau Kartu Prakerja
5. Terdaftar di DTKS Kemensos RI

Baca Juga :  Cara Pencegahan Stunting

Untuk mengetahui penerima PKH atau status terdaftar DTKS dapat melalui situs cekbansos.kemensos.go.id, yakni:

1. Buka cekbansos.kemensos.go.id.
2. Siapkan Kartu Tanda Penduduk dan data diri calon penerima.
3. Masukkan alamat provinsi, kabupaten, desa atau kelurahan sesuai dengan data yang tertera di KTP pengguna.
4. Masukkan nama dari penerima bantuan sosial sesuai dengan nama yang tertera di KTP.
5. Tuliskan 8 kode yang tertera dalam kotak kode.
6. Klik tombol ‘Cari Data’
7. Tunggu sampai hasil pencarian muncul.

6. Bantuan RST (Rumah Sejahtera Terpadu)

Kementerian Sosial RI juga memberikan bantuan Rumah Sejahtera Terpadu atau RST biasa disebut bedah rumah. Program bantuan bedah rumah diberikan kepada masyarakat yang terdaftar di DTKS dan diusulkan oleh pemerintah baik di daerah desa atau kecamatan.

Besaran bantuan yang diterima KPM adalah sebesar Rp 20 juta yang akan digunakan untuk merenovasi rumah tidak layak huni.

Hore, Bansos Cair 2023 Ada PKH, Kartu Prakerja, BPNT Sembako, PIP, SImak Jadwal dan Besaran Uang yang di dapat.

7. Bantuan Atensi Permakanan

Khusus bagi lansia usia 75 tahun ke atas yang masuk keluarga tunggal, Kementerian Sosial memberikan bantuan atensi permakanan. Sasarannya lansia itu tinggal sebatang kara dan dibuktikan pada Kartu Keluarga(KK).

Selain itu, penyandang disabilitas berat mendapat bantuan atensi permakanan dengan syarat terdaftar di DTKS. Namun, jika penerima sebelumnya menerima PKH dan BPNT, maka akan dihapuskan dan dimasukkan dalam bantuan atensi permakanan.

8. Bantuan Kartu Sembako (BPNT/Bantuan Pangan Non Tunai)

Program bantuan Kartu Sembako merupakan BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai dimana banson ini diberikan kepada KPM dalam bentuk sembako. Nominal bantuan BPNT yang diberikan sebesar Rp200 ribu dengan sasaran penerima bantuan Kartu Sembako di tahun 2023 sebanyak 18,8 juta KPM. Adapun mekanisme pencairan BPNT di tahun 2023 belum ada kepastian akan diberikan dalam bentuk tunai atau non tunai.

9. Bantuan Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja di tahun 2023 akan kembali cair dengan mekanisme yang berbeda dari tahun 2022. Program Kartu Prakerja 2023 fokus pada peningkatan kualitas kerja, sehingga ada perubahan besaran dana bantuan yang diterima.

Program Kartu Prakerja 2023 akan diberikan kepada 1,5 juta penerima dengan rincian insentif lebih besar dari sebelumnya, yakni Rp3,5 juta. Di sisi lain, insentif Rp600 ribu akan diberikan sekali dan survei sebesar Rp100 ribu diberikan dua kali.

10. Bantuan Atensi Anak Yatim

Anda harus terdaftar di DTKS untuk menerima bantuan atensi anak yatim senilai Rp200 ribu. Bantuan ini diberikan Kementerian Sosial RI kepada 1 juta anak yatim piatu di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  SIM KELILING Bandung Senin 4 April 2022

11. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Bagi siswa siswi di bawah naungan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan berhak mendapatkan bantuan PIP yang cair setahun sekali dalam satu anggaran.

Setiap jenjang pendidikan, bantuan PIP diberikan berbeda-beda, untuk jenjang SD sederajat sebesar Rp450 ribu, SMP sederajat Rp750 ribu dan SMA/SMK sederajat sebesar Rp1 juta.

12. Program KIP Kuliah 2023

Informasi lengkap tentang KIP Kuliah 2023 bisa dilihat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. KIP Kuliah dapat digunakan untuk program reguler (Sarjana, D4, D3 dan D2) dan program profesi (dokter, dokter gigi, dokter hewan, perawat, apoteker dan guru).

Hore, Bansos Cair 2023 Ada PKH, Kartu Prakerja, BPNT Sembako, PIP, SImak Jadwal dan Besaran Uang yang di dapat.

13. Penyaluran subsidi bunga KUR

Dilansir dari laman setkab.go.id, setelah Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM pada 22 Juli 2022 diketahui bahwa target penyaluran KUR ditetapkan sebesar Rp470 triliun pada 2023 dan Rp585 triliun untuk 2024.

Namun, besaran plafon KUR juga akan disesuaikan dengan memperhatikan kesesuaian subsidi margin KUR/subsidi bunga yang ditetapkan dalam APBN 2023 sebesar Rp40,94 triliun.

Pemerintah juga melakukan penyesuaian target tambahan yang terdiri dari target debitur baru KUR tahun 2023 sebanyak 1,7 juta debitur dan target debitur KUR graduasi 2023 sebanyak 2,3 juta debitur.

Dalam rapat juga membahas usulan skema kredit khusus alsintan untuk memenuhi arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang memprioritaskan penyaluran KUR ke sektor pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan

Usulan tersebut berupa penetapan suku bunga kredit alsintan sebesar 3% dan menurunkan down payment (DP) dari 30% menjadi 5% sampai 10%.

14. Bansos PKH

Bantuan bansos PKH merupakan bentuk bantuan yang bersifat reguler atau berkelanjutan sampai dengan peraturan pemerintah yang baru. Besaran nilai bantuan PKH bagi setiap KPM disesuaikan atau tergantung pada komponen bantuan.

Yaitu Rp 3 juta per tahun untuk ibu hamil dan usia dini, Rp 900 ribu per tahun untuk SD, dan Rp 1,5 juta per tahun bagi SMP. Untuk pelajar SMA menerima Rp 2 juta per tahun dan Rp 2,4 juta per tahun bagi penderita disabilitas berat dan lansia 70 tahun ke atas. Untuk bansos PKH, masing-masing KPM maksimal hanya diperkenankan menerima empat jenis komponen bantuan.

Hore, Bansos Cair 2023 Ada PKH, Kartu Prakerja, BPNT Sembako, PIP, SImak Jadwal dan Besaran Uang yang di dapat.

Sumber :


Live Streaming