Link Cara Cairkan BLT Anak Sekolah 2023 Dapat Rp. 4,4 Juta, Begini Cara Cek Penerima. Total bantuan yang didapat dalam program BLT anak sekolah ini yakni Rp4,4 juta. BLT PKH anak sekolah ini akan diberikan dalam empat kali pencairan yaitu pada Januari, April, Juli, dan Oktober.

Untuk besaran anggarannya siswa SD akan mendapatkan Rp900.000. Melihat penyaluran tahun sebelumnya, BLT PKH anak sekolah disalurkan melalui empat bank. Pemerintah kabarnya akan menyalurkan kembali bantuan langsung tunai atau BLT anak sekolah 2023 untuk para siswa.


Link Cara Cairkan BLT Anak Sekolah 2023 Dapat Rp. 4,4 Juta, Begini Cara Cek Penerima

Jumlah total tersebut merupakan akumulasi dari penerima BLT anak sekolah 2023 mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA. Program Keluarga Harapan atau PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM).

Melihat penyaluran tahun sebelumnya, BLT PKH anak sekolah disalurkan melalui empat bank.

Di antaranya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 7 Halaman 55, 58, 59: Nilai-Nilai Kepemimpinan Tokoh Idolamu, Ini Pembahasannya

Jika Anda penasaran apakah termasuk dalam penerima BLT PKH anak sekolah atau tidak? Berikut cara cek penerimanya.

Link Cara Cairkan BLT Anak Sekolah 2023 Dapat Rp. 4,4 Juta, Begini Cara Cek Penerima

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Kemudian masukkan alamat siswa yang terdiri dari provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa.

3. Setelah itu, masukkan nama lengkap siswa, pastikan ejaan dan hurufnya benar.

4. Kemudian masukkan 4 huruf kode captcha.

5. Langkah terakhir klik ‘Cari Data’ yang terdapat di bagian paling bawah.

Satu keluarga yang menerima BLT anak sekolah nantinya akan mendapat bantuan sebesar Rp4,4 juta dengan rincian sebagai berikut: Rp900 ribu per tahun untuk siswa SD sederajat. Rp1,5 juta per tahun untuk siswa SMP sederajat. Rp2 juta per tahun untuk siswa SMA sederajat.

Program BLT anak sekolah diperuntukkan bagi keluarga miskin yang memiliki anak usia sekolah dengan total mencapai Rp 4,4 juta. Berikut besar rincian bantuan:

  • SD sebesar Rp 900.000
  • SMP sebesar Rp 1.500.000
  • SMA sebesar Rp 2.000.000.

Dikutip dari laman resmi Kemensos, masyarakat penerima BLT anak sekolah harus berasal dari keluarga miskin dan terdaftar pada fasilitas pendidikan terdekat. Bantuan komponen diberikan maksimal untuk 4 jiwa dalam satu keluarga.

Baca Juga :  Cara Mengubah Font WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Setelah mengikuti langkah di atas, maka akan muncul data penerima BLT PKH lengkap dengan jadwal pencairannya. Jika data siswa terdaftar sebagai penerima BLT anak sekolah maka muncul keterangan nama, umur, status, jenis bansos yang didapat.

Syarat daftar BLT anak sekolah

  1. Sudah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  3. Jika tidak memiliki KIP, pihak keluarga bisa melakukan pendaftaran ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  4. Bagi keluarga yang juga tidak mempunyai KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke RT/RW hingga kelurahan untuk dibawa ke lembaga dinas pendidikan.

Cara daftar BLT anak sekolah

Peserta penerima bantuan Kemensos terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun saat ini, masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara online lewat aplikasi Cek Bansos.

Kemensos menjelaskan, aplikasi ini memiliki fitur usul dan sanggah yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Usul digunakan jika ada warga lain yang dinilai layak menerima bantuan namun belum ada di DTKS.

Baca Juga :  200 Link Daftar Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri dari Kemkominfo, Terbuka untuk Umum!

Sedangkan sanggah digunakan jika masyarakat menemui bantuan yang salah sasaran. Usul dan sanggah bisa diakses ID yang telah diverifikasi dan diaktivasi Kemensos, termasuk untuk bantuan BLT anak sekolah.

Respon masyarakat akan masuk dashboard aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) user supervisor di Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Pada menu ini supervisor harus melakukan verifikasi terhadap data dalam tabel yang tampil.

Selanjutnya Dinas Sosial melakukan verifikasi dengan mengecek kesesuaian informasi dan kondisi sebenarnya di lapangan. Data hasil verifikasi yang disetujui akan dikirimkan ke dalam usulan baru DTKS melalui aplikasi sistem SIKS-NG online, disertai surat pengesahan dari kepala daerah untuk diproses dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial.

Itulah cara cek penerima BLT anak sekolah lengkap dengan jumlah besaran uang yang akan didapat para siswa dalam satu kali pencairan.

Link Cara Cairkan BLT Anak Sekolah 2023 Dapat Rp. 4,4 Juta, Begini Cara Cek Penerima

Sumber : cekbansos.kemensos.go.id


Live Streaming