Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi. Gerakan Antikorupsi harus mulai dikenalkan sejak dini. Hal ini sangat disadari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nah, apa saja strateginya? Kita simak sama-sama, yuk!



Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi

  1. Pendidikan

Untuk soal pendidikan, Kepala KPK Firli Bahuri menjelaskan, KPK akan melakukan pendidikan antirasuah terhadap penyelenggaran negara, birokrat, dan politisi, serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan swasta. “Kenapa kita sadar ketiga itu? Karena memang dari pengalaman empiris tiga inilah yang sering terlibat kasus korupsi,” kata Firli. KPK juga bakal melibatkan semua unsur termasuk tokoh agama.



  1. Pencegahan

Untuk pencegahan, KPK akan fokus pada perbaikan sistem. Misalnya dari yang tadinya bersifat manual, menjadi sistem online dengan transparansi yang jelas. Dia menuturkan praktik culas terjadi karena sistem yang buruk. “Kalau sistem itu kita perbaiki, tentu peluang dan kesempatan orang melakukan korupsi itu tidak ada,” tutur dia.

  1. Penindakan

Terakhir, strategi penindakan. Upaya ini diberlakukan bila kedua strategi di atas tidak berhasil. “Para koruptor yang gagal kita didik supaya tidak terjadi korupsi. Kita akan melakukan penindakan secara tegas. Fokusnya adalah kejahatan korupsi yang memang merugikan negara,” ujar Firli.



Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi

Tiga strategi KPK tadi tentunya perlu kita dukung dan awasi implementasinya. Setuju, kan, Sobat Phi?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
mengenal mata kuliah jurusan astronomi, mata kuliah jurusan astronomi, kuliah jurusan astronomi, jurusan astronomi
Mengenal Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Intip Rapor Merah KPK, Yuk!
Intip Rapor Merah KPK, Yuk!

Mengenal PPDB Berdasarkan Usia
Mengenal PPDB Berdasarkan Usia

Close