Mengenal Mata Kuliah Jurusan Astronomi. Apakah Sobat Phi senang memperhatikan rangkaian bintang di malam hari? Atau gemar mencari tahu mengenai alam semesta, mulai dari planet, galaksi, hingga nebula dan black hole? Wah, mungkin Sobat Phi cocok melanjutkan kuliah ke program studi astronomi. Selain diajari tentang alam dan penciptaannya, mata kuliah astronomi juga akan membahas tentang astrofisika dan hal menarik lainnya, lho!



Mengenal Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Ilmu astronomi merupakan cabang ilmu yang baru jika dibanding dengan cabang ilmu seperti matematika, sains, dan lain sebagainya. Namun, sejatinya eksistensi cabang ilmu ini sudah ada sejak lama. Sobat Phi pasti masih ingat, kan, penemuan teleskop oleh Galileo Galilei? Pria yang dikenal dengan sebutan Bapak Astronom Observasional ini merupakan jenius di bidangnya yang hidup di abad 16-an.

Nah, lulusan dari cabang ilmu ini banyak yang menjadi peneliti di berbagai lembaga, lho. Mereka para sarjana ini diharapkan dapat menguasai ilmu alam dengan baik, mengidentifikasi masalah ilmiah, dan juga pengetahuan akan astronomi dasar hingga misi ilmiah di masa depan. Berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari jika masuk jurusan Astronomi.



Belajar Bintang-bintang sambil Mendalami Eksistensi Alam Semesta

  1. Ilmu MIPA

Di cabang ilmu ini, matematika dan sains akan diajarkan sebagai pengantar dan pengingat dari mata pelajaran di sekolah menengah atas dulu.

  1. Mekanika dan Astrofisika

Ilmu ini mempelajari tentang gerakan benda dan efek gaya yang menyertainya. Sedangkan Astrofisika, menjelaskan tentang fisika alam semesta dan sifat fisiknya. Termasuk luminositas, suhu, kepadatan, hingga komposisi kimia dari sebuah objek astronomi.

  1. Tata Surya

Kumpulan benda langit yang membentuk alam semesta ini terdiri dari banyak hal, mulai dari planet, bintang, hingga satelit. Fenomenanya pun macam-macam sehingga perlu dipelajari secara mendalam di satu mata kuliah khusus.

  1. Pengantar Kosmologi

Berasal dari bahasa Yunani, kosmologi adalah ilmu yang belajar soal sejarah alam semesta dan struktur besarnya, termasuk asal mula jagat raya hingga evolusi objek yang ada di dalam alam semesta itu sendiri.

  1. Statistika

Statistika adalah ilmu terkait pengumpulan dan penyajian data. Nah, di mata kuliah ini, Sobat Phi akan diajari tentang pengolahan data astronomi guna menjadi profesi peneliti nantinya.

  1. Gelombang




Mata kuliah satu ini mempelajari tentang getaran yang merambat dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Mengenal Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Demikian ulasan singkat tentang mata kuliah Astronomi. Di Jawa Barat, kamu bisa menemukan program studi ini di Institut Teknologi Bandung (ITB). Bagaimana? Apakah kamu tertarik?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Intip Rapor Merah KPK, Yuk!
Intip Rapor Merah KPK, Yuk!

Mengenal PPDB Berdasarkan Usia
Mengenal PPDB Berdasarkan Usia

Inilah Langkah Ombudsman dalam Mengawasi PPDB
Inilah Langkah Ombudsman dalam Mengawasi PPDB

Close