9 Prospek Karir untuk Lulusan Astronomi. Untuk mempelajari benda-benda di luar angkasa, jurusan Astronomi adalah pilihan yang tepat. Tentu tidak mudah untuk menjadi orang yang ahli astronomi, sebab kamu perlu mempelajari banyak aspek. Mulai dari fisika, kimia, biologi dan evolusi benda tersebut. Meski bisa dikatakan sulit, prospek karir untuk lulusan Astronomi sangat menjanjikan lho! Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!



9 Prospek Karir untuk Lulusan Astronomi

  1. Astronom Profesional

Kalau Sobat Phi memang sangat mencintai dunia astronomi, cita-cita menjadi seorang astronom profesional bisa saja terwujud. Tentu kamu harus memulai langkah sebagai sarjana Astronomi hingga mengikuti program doktor. Kamu bisa berkarir sebagai seorang peneliti dan menerbitkan jurnal ilmiah.

  1. Dosen

Salah satu pekerjaan yang menjanjikan dari seorang lulusan Astronomi adalah menjadi pengajar atau dosen. Tentu kamu harus melanjutkan kuliah hingga jenjang paling tinggi untuk bisa bekerja sebagai dosen. Gaji dosen tentu menggiurkan mulai gaji pokok, tunjangan, insentif dan lain-lain.

  1. Lembaga Penelitian

Kamu juga bisa bekerja di lembaga penelitian antariksa, planetarium dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan tentu sesuai dengan keahlian dan kemampuan kamu dalam meneliti benda-benda langit.



  1. Pegawai Pemerintah

Lulusan astronomi bisa menjadi pegawai pemerintah di berbagai lembaga negara seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), bahkan hingga NASA. Kalau cita-cita bisa saja, kan?

  1. Analis Sistem

Pilihan lainnya adalah menjadi seorang analis sistem di perusahaan swasta atau perusahaan negara. Peluang bekerja di pusat satelit dan komunikasi sangat besar dengan gaji yang ditawarkan lumayan memuaskan, kok.

  1. Pengembang Perangkat Lunak

Selain itu, menjadi seorang programmer atau pengembang perangkat lunak juga bisa dilakukan lulusan astronomi. Pasalnya, kamu pasti jago di bidang fisika serta sains yang dipadukan dengan komputerisasi. Gaji seorang pengembang perangkat lunak tentu sangat besar bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta per bulan.

  1. Penulis

Ahli Astronomi bisa menjadikan karir penulis sebagai pilihan. Kamu bisa menjadi seorang penulis yang menerbitkan buku atau mengisi kolom-kolom majalah ilmiah. Prospek kerja Astronomi untuk kamu yang memiliki kemampuan menulis dengan baik.

  1. Editor

Bekerja sebagai editor di penerbitan atau majalah sains bisa menjadi pilihan karir untuk Kamu yang suka dengan dunia astronomi. Bayaran seorang editor sangat besar sebab, ia berkontribusi mengedit sebuah tulisan sebelum dipublikasikan secara luas.

  1. Pengusaha



Kata siapa seorang lulusan Astronomi hanya bisa berkarir menjadi Astronom semata? Kamu juga memiliki peluang besar menjadi seorang pengusaha khususnya pebisnis startup lho! Toh, kecanggihan teknologi semakin mendukung bisnis startup dewasa ini. Omset fantastis menunggu kamu selama mampu mengembangkan bisnis yang digandrungi masyarakat Millenial.

9 Prospek Karir untuk Lulusan Astronomi

Nah, sampai saat ini, ITB merupakan salah satu lembaga pendidikan tertinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Astronomi bahkan di seluruh Asia Tenggara lho! Prospek kerja Astronomi di atas bisa menjadi referensi untuk Sobat Phi yang bingung menentukan jurusan kuliah.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi
Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi

mengenal mata kuliah jurusan astronomi, mata kuliah jurusan astronomi, kuliah jurusan astronomi, jurusan astronomi
Mengenal Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Intip Rapor Merah KPK, Yuk!
Intip Rapor Merah KPK, Yuk!

Close