Saat ini ikut bimbel atau bimbingan belajar sudah seperti gaya hidup. Tidak wajib diikuti, tapi dirasa perlu. Namun banyak di antara Sobat Phi yang bingung memilih bimbel. Nah, supaya tidak bingung, pertimbangkan 4 hal di bawah ini, yuk!

Ini yang Harus Dilakukan Jika Bingung Memilih Bimbel

  1. Sesuaikan dengan Karakter

Setiap orang berbeda-beda karakternya. Untuk Sobat Phi yang merasa introvert, maka lebih baik memilih bimbingan belajar secara private agar lebih nyaman dalam belajar. Jangan memaksa ikut dalam bimbel dengan peserta lebih banyak. Ini dapat membuat bimbel tidak maksimal.



  1. Perhatikan Kualitas Pengajar

Saat hendak daftar, Sobat Phi berhak bertanya mengenai latar pendidikan para pengajar di sana. Biasanya ini sudah tercantum di brosur, namun tidak ada salahnya ditanyakan lagi. Misalnya, tutor matematika memang lulusan pendidikan matematika, bukan yang lain. Kesesuaian ini bisa menjadi salah satu ukuran kualitas lembaga bimbel, lho.

  1. Pertimbangkan Fasilitasnya

Layanan dan fasilitas merupakan poin penting dalam memilih bimbel. Saat ini sudah banyak yang ditawarkan. Mulai dari diskon biaya, ketentuan refund jika tidak lulus, hingga beasiswa. Namun, hal itu belum cukup untuk dijadikan indikator. Yang paling penting adalah kecakapan para tutor dan kenyamanan Sobat Phi dalam menerima pembelajaran di sana.

  1. Perhatikan Keuangan Orangtua

Hal yang tak kalah penting memilih bimbel adalah menyesuaikan kondisi keuangan orangtua. Ingin masuk bimbel terbaik dengan fasilitas modern, namun biaya tidak terjangkau justru akan menjadi bumerang. Jangan sampai hal ini membuat kebutuhan kamu sebagai pelajar malah terabaikan. Jika kamu hanya kesulitan di satu mata pelajaran, maka bisa memilih alternatif bimbel dengan biaya yang lebih terjangkau.

Nah, itu tadi empat pertimbangan yang bisa kamu lakukan sebelum daftar ke lembaga bimbel. Tidak perlu ikut-ikutan teman, sesuaikan saja dengan minat dan kemampuan kamu ya, Sobat Phi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
5 Aplikasi Populer untuk Belajar Online
5 Aplikasi Populer untuk Belajar Online

jabar coveducation challenge
Jabar Coveducation Challenge

Belajar Di Rumah, Tidak Masalah

Close