Sobat Phi pada Bukber (Buku Berbunyi) kali ini kita akan membahas tentang PKN mengenai Asas Kewarganegaraan. Yuk Kita dengerin sobat phi!

Asas Kewarganegaraan



 

Asas Kewarganegaraan, Tiap-tiap negara mempunyai kebebasan untuk menentukan pihak yang menjadi warga negaranya, melalui penentuan asas kewarganegaraan yang akan ditentukan. ada 2 asas kewarganegaraaan berdasarkan kelahiran yaitu:



  1. Asas ius soli atau asas tempat kelahiran yang menetapkan kewarganegaraan seseorang menurut tempat kelahirannya. Artinya kewarganegaraan anak akan diberikan jika anak tersebut lahir di negara yang menganut asas ius soli.
  2. Asas ius sanguinis atau asas keturunan yang menetapkan kewarganegaraan seseorang menurut keturunan atau pertalian darah. Artinya, kewarganegaraan anak bergantung pada orang tuanya meskipun anak tersebut lahir di negara lain (bukan kewarganegaraan orang tuanya).

 

asas kewarganegaraan

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) adalah orang yang diakui oleh UU sebagai warga negara Republik Indonesia. Setiap WNI akan mendapatkan Kartu Tanda Penduduk, berdasarkan Kabupaten atau (khusus DKI Jakarta) Provinsi, tempat ia terdaftar sebagai penduduk atau warga dan akan diberikan nomor identitas yang unik (Nomor Induk Kependudukan, NIK) apabila ia telah berusia 17 tahun dan mencatatkan diri di kantor pemerintahan. Paspor diberikan oleh negara kepada warga negaranya sebagai bukti identitas yang bersangkutan dalam tata hukum internasional.

Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam UU no. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Demikian tadi tentang asas kewarganegaraan, Sobat Phi, Jangan lupa ya support Channel kita di Phi Radio Dot Net serta Follow Instagram kami di phiradiodotnet dan  Stay Streaming di www.phiradio.net. Gaya – juara.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Fridays Mate With Yupi Amalia
Fridays Mate With Yupi Amalia Mahasiswi Berprestasi

Talkshow with SMK YPF Bandung
Talkshow with SMK YPF Bandung

Permainan Tradisional Anak
Eco Bamboo Permainan Tradisional Anak

Close