Greeone

Apa Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna? Terdapat dua jenis metamorfosis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis berasal dari bahasa Yunani yang berarti bertransformasi. Jadi, metamorfosis adalah transformasi hewan dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Baca Yuk :



Apa Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna?

Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna adalah proses pada hewan yang mengalami perubahan berbeda di setiap fase tubuhnya.

Fase metamorfosis sempurna terdiri dari 4 fase, yaitu telur, larva, pupa (kepompong), dan dewasa. Keempat fase ini memiliki bentuk berbeda.

Proses ini dimulai ketika hewan bertelur. Ketika telur menetas, akan terlihat makhluk yang berbentuk seperti cacing. Fase ini yang disebut larva.

Larva memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Setiap harinya, larva bisa memakan makanan sebanyak beberapa kali berat tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, larva mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Pada akhir fase larva, larva akan berubah menjadi kepompong. Ia akan memiliki selaput cangkang yang cukup keras pada bagian luar tubuhnya. Pada fase ini, larva akan berhenti makan dan bergerak.

Walaupun seperti tidak hidup, di dalam kepompong terjadi perubahan yang luar biasa menjadi bentuk dewasa dari binatang tersebut.

Daftar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut:

– Kupu-kupu
– Lalat
– Lebah
– Kumbang
– Ngengat

Metamorfosis tidak sempurna

Berbeda dengan metamorfosis sempurna, metamorfosis tidak sempurna hanya memiliki 3 fase. Fase metamorfosis tidak sempurna adalah telur, nimfa, dan dewasa.

Perbedaannya terletak di fase kedua. Ketika telur menetas, hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna akan berubah menjadi nimfa.

Pada fase larva, bentuknya sangat berbeda dengan bentuk dewasanya. Sedangkan pada fase nimfa, bentuknya merupakan bentuk lebih kecil dari fase dewasa.

Nimfa masih harus melewati penggantian kulit dan eksoskeleton sebelum mencapai fase dewasa.




Daftar hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:

– Belalang
– Jangkrik
– Kecoa
– Capung
– Kutu
– Rayap

Apa Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna?

Sumber : https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/13/163000223/perbedaan-metamorfosis-sempurna-dan-metamorfosis-tidak-sempurna?page=all

Baca Yuk :

Streaming Now