Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Live Streaming

Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair. Bagi masyarakat yang masih belum tahu cara cek nama penerima bansos 2022 tidak perlu bingung lantaran ada dua metode yang bisa ditempuh, yakni melalui aplikasi Cek Bansos dan link cekbansos.kemensos.go.id.

Pasalnya, setidaknya ada tiga bantuan dari Kemensos yang saat ini sedang cair. Sehingga, kemungkinan tidak sedikit kalangan yang mencari informasi cara cek nama penerima bansos 2022.


Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair

Simak cara cek nama penerima bansos 2022 lewat aplikasi Cek Bansos dan link cekbansos.kemensos.go.id yang tersedia dalam artikel ini.

Perlu diketahui, cara cek nama penerima bansos 2022, baik lewat aplikasi Cek Bansos dan link cekbansos.kemensos.go.id bertujuan untuk mengetahui atau memastikan apakah dapat bantuan dari Kemensos atau tidak.

Sebagaimana diketahui, Kemensos memang masih menyalurkan bansos 2022 ke sejumlah masyarakat yang sebelumnya telah terdata di DTKS.

Adapun bansos 2022 dari Kemensos yang masih terus digulirkan hingga saat ini yakni Program Keluarga Harapan atau PKH. PKH merupakan salah satu bansos 2022 dari Kemensos yang menyasar kepada sejumlah kategori dalam masyarakat.

Setidaknya ada tujuh kategori penerima bansos 2022 PKH. Mereka di antaranya ibu hamil, balita usia 0-6 tahun, lansia, penyandang disabilitas, siswa jenjang SD, SMP, dan SMA.

Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair

Kategori bansos 2022 PKH nantinya bakal menerima nominal berbeda satu sama lain, karena menyesuaikan kebutuhan masing-masing penerima.

Kemudian, bansos 2022 dari Kemensos selanjutnya adalah Bantuan Pangan Non-Tunai atau BPNT. BPNT merupakan bansos 2022 yang disalurkan rutin setiap bulan berupa saldo sembako senilai Rp200.000 per penerima.

Saldo sembako senilai Rp200.000 tersebut bisa dibelanjakan penerima untuk membeli kebutuhan pokok yang mencakup karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral.

Kemudian bansos 2022 dari Kemensos yang terbaru yakni Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak atau BLT BBM.

Bansos BLT BBM merupakan salah satu daftar bansos 2022 dari Kemensos untuk menyikapi kondisi yang saat ini tengah terjadi, seperti BLT Minyak Goreng beberapa bulan lalu.

Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair

BLT BBM merupakan bansos 2022 yang disalurkan sebagai bantuan tambahan atas kenaikan harga barang secara global pascakenaikan harga BBM yang sudah diberlakukan sejak 3 September 2022 lalu.

BLT BBM termasuk bansos 2022 yang kabarnya bakal menyasar kepada 20,65 juta jiwa yang merupakan KPM PKH dan BPNT dengan anggaran Rp12,4 triliun.

Bagi yang penasaran apakah namanya masuk sebagai salah satu pihak yang mendapat bansos 2022 dari Kemensos tersebut, bisa mengikuti cara cek nama penerima bansos 2022 dengan tahapan di bawah ini.

Sebelumnya, untuk tahap awal cara cek nama penerima bansos 2022 masyarakat cukup menyiapkan KTP dan HP yang terkoneksi internet, lalu menginput sejumlah data yang dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara cek nama penerima bansos 2022 lewat Aplikasi Cek Bansos maupun cekbansos.kemensos.go.id.

Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair

Aplikasi Cek Bansos

  • Unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store atau App Store;
  • Untuk cek penerima bansos 2022, Anda harus memiliki akun yang bisa dibuat dengan klik tombol “Buat Akun”;
  • Isikan sejumlah data sesuai KTP, sebab data bakal dipadankan dengan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil);
  • Jika sudah, segera unggah foto KTP sesuai ketentuan dan Anda akan menerima kode OTP melalui alamat email yang digunakan untuk memverifikasi akun;
  • Selanjutnya, untuk cek nama penerima bansos 2022 cukup klik menu “Cek Bansos”;
  • Lalu, masukkan data wilayah berupa provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nama sesuai KTP;
  • Pastikan lagi data yang diinputkan benar, lalu dilanjut klik tombol “Cari Data”.

Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair

Link cekbansos.kemensos.go.id

  • Akses laman https://cekbansos.kemensos.go.id;
  • Lalu, masukkan data wilayah penerima manfaat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa;
  • Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP dan ketikkan 8 huruf kode captcha pada kotak;
  • Pastikan kembali data yang dimasukkan telah benar, lalu klik tombol “Cari Data”.

Selanjutnya, sistem Cek Bansos atau cekbansos.kemensos.go.id bakal menampilkan hasil pencarian nama penerima bansos 2022 berdasarkan data yang diinput.

Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair

Apabila data penerima yang dicari melalui aplikasi Cek Bansos dan cekbansos.kemensos.id termasuk ke dalam daftar penerima bansos 2022, maka bakal tersedia informasi berupa nama penerima, umur, dan jenis bansos yang diperoleh.

Sedangkan apabila nama yang dicari tidak masuk dalam penerima bansos 2022, maka bakal muncul keterangan “Tidak Terdapat Peserta/PM”.

Bagi nama yang muncul dipastikan bakal dapat PKH, BPNT, BLT BBM 2022 yang bisa diambil di lembaga penyalur, seperti Kantor Pos atau Bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI, BTN).

Ada 2 Cara Cek Nama Penerima Bansos 2022, BLT BBM, BLT PKH, BPNT dari Kemensos Cair

Sumber : https://depok.pikiran-rakyat.com


Rekomendasi Untuk Anda :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,