295 Pekerja Migran Ilegal Berhasil Diamankan. Sebanyak 295 Pekerja Migran Indonesia (PMI) berhasil diamankan dalam upaya pemberangkatan secara ilegal.

295 Pekerja Migran Ilegal Berhasil Diamankan

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono telah memerintahkan stafnya untuk bergerak cepat dalam rencana pemberangkatan PMI secara ilegal.

“Saya perintahkan apabila ada informasi tentang PMI ilegal yang akan berangkat, tidak perlu menunggu berangkat sampai di laut. Sebelum mereka berangkat silahkan tangkap setelah berkoordinasi dengan pihak terkait. Kalau sudah di laut akan lebih sulit untuk melacaknya,” kata Yudo dalam keterangan tertulis sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Upaya penggagalan PMI ilegal terakhir kali dilakukan oleh TNI Angkatan Laut (AL) pada Selasa (15/3) di sekitar Perairan Bagan, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan dan hasil catatan TNI AL, kasus pemberangkatan PMI ilegal terjadi pada 7 Januari di muara Sungai Asahan, Sumatera Utara. Kemudian kasus berikutnya terjadi pada 19 Januari di Perairan Kualuh Sungai Baru, Sumatera Utara dan di Pelabuhan Pandan Bahari, Batam.

Selanjutnya pada 7 Februari kejadian serupa juga terjadi di Perariran Batubara, Sumatera Utara, 16 Februari di Perairain Sei Nyamuk, Kalimantan Utara, 21 Februari di Perairan Tanjung Kumpul, Sumater Utara, 28 Februari di KEcamatan Tanjung Balai Utara, Sumatera Utara.

Terakhir keberangkatan PMI ilegal yang berhasil digagalkan oleh TNI AL terjadi pada 15 Maret di Perariran Bagan, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

Lebih lanjut Yuda sebagai Kepala Staf Angkatan Laut juga menduga adanya keterlibatan oknum TNI AL dalam kejadian pemberangkatan PMI ilegal. Sebelumnya, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) juga mengatakan hal serupa, namun belum ada kejelasan informasi lebih lanjut terkait hal tersebut.

Menanggapi adanya dugaan oknum TNI AL yang terlibat, Yudo tidak akan melindungi prajuritnya yang terlibat aksi kejahatan pengiriman PMI ilegal.

“Tidak ada prajurit yang lepas dari hukum, semuanya kalau salah pasti kita hukum, semuanya ada reward dan punishment-nya,” lanjutnya.

Melansir dari CNN Indonesia, Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono menegaskan perlunya koordinasi dan sinergitas antar instansi khususnya BP2MI sebagai badan yang menangani PMI.

“Mengingat beberapa kejadian PMI ilegal yang berhasil ditangkap TNI Angkatan Laut belum ada koordinasi sama sekali dan hasil investigasi dari pihak BP2MI,” kata Julius.

295 Pekerja Migran Ilegal Berhasil Diamankan

Sumber: CNN Indonesia