Tips Menjaga Kesehatan Mata, Bertambahnya usia meningkatkan risiko beberapa penyakit mata. Anda mungkin juga memiliki risiko lebih tinggi terkena beberapa penyakit mata.

Menjaga kesehatan mata dilakukan agar mata tidak mudah lelah dan bisa menimbulkan sakit mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Fungsi mata sangatlah penting bagi manusia. Oleh sebab itu, Kesehatan mata harus selalu dijaga. Ada beberapa cara menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. Dengan mata yang sehat, Anda pun dapat melihat dengan jelas dan melakukan rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Mata minus memang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dicegah progresivitasnya atau perkembangannya.Jagalah kesehatan mata Anda dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Makan makanan yang sehat
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga organ tubuh menjadi sehat, termasuk mata. Mulailah perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain wortel, ternyata kuning telur dan susu juga mengandung banyak vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata.
  • Hindari rokok
    Merokok berbahaya untuk kesehatan dan mempengaruhi kesehatan mata.
  • Gunakan kacamata hitam dengan UV protector
    Jangan sepelekan sinar matahari, karena sinar matahari bisa mengganggu kesehatan mata. Pakailah kacamata hitam yang memiliki perlindungan sinar UV.
  • Istirahatkan mata secara berkala
    Saat Anda sedang bekerja dengan komputer atau saat membaca dalam jangkawaktu yang lama, beristirahatlah secara berkala dengan cara melihat ke kejauhan.
  • Hindari penggunaan gawai terlalu lama
    Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, serta pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik, setiap 20 menit sekali. Anda juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jika mata terasa kering, Anda bisa sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata.
  • Hentikan kebiasaan merokok
    Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata. Oleh karena itu, bila Anda seorang perokok aktif, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang juga.
  • Hati-hati saat menggunakan make up
    Make up berbentuk cairan atau krim umumnya rentan akan pertumbuhan bakteri bila terlalu lama tidak digunakan. Oleh karena itu, buang dan ganti make up Anda jika sudah 3 bulan digunakan. Hindari pula saling berbagi pakai alat rias.
  • Olahraga secara rutin
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata dan bahkan menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi. Selain berbagai cara di atas, Anda juga dianjurkan untuk menghindari kebiasaan membaca di tempat gelap. Saat membaca, jaga jarak antara mata dan buku atau objek bacaan sebanyak sekitar 25–30 cm, termasuk ketika Anda sedang membaca sambil berbaring.
  • Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam
    Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.
  • Kurangi penggunaan tetes mata
    Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.
  • Jangan membaca dalam cahaya redup
    Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.
  • Periksakan mata secara rutin
Baca Juga :  Viral, Apa Benar Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista? Ciri-ciri Kista Ovarium, Termasuk Kembung dan Sering Buang Air

Mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

Itulah Tips Menjaga Kesehatan Mata, lebih baik mencegah daripada mengobati, oleh karena itu rawatlah mata anda mulai saat ini.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Referensi

  • https://www.webmd.com
  • https://www.optometristsclinic.com
  • http://p2ptm.kemkes.go.id
  • https://www.alodokter.com
Baca Juga :  Makanan Untuk Penyakit Jantung dan Stroke Untuk Pria