6 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Tubuh, mandi adalah aktivitas personal hygiene yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Mandi berfungsi untuk membersihkan seluruh tubuh dengan bantuan air dan juga sabun. Bagi orang orang yang memiliki gaya hidup bangun lebih awal atau subuh, salah satu aktivitas keseharian mereka adalah mandi. Aktivitas mandi sebelum subuh ini ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat mandi sebelum subuh yang perlu untuk kamu ketahui:

Manfaat Mandi Sebelum Subuh

1. Melancarkan Peredaran Darah

Mandi sebelum subuh memiliki manfaat untuk membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan aliran darah yang lancar, membuat tubuh mendapatkan suplai darah, oksigen, dan nutrisi yang optimal.

2. Mencegah Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi, umumnya menyerang orang yang sudah berumur 40 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit untuk menyerang seseorang yang berusia muda apalagi jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat.

Baca Juga :  Tips Aturan Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa, Mana Yang Lebih Baik?

Menurut seorang ahli hypnotherapy dari American Board of Hypnotheraphy yang bernama Frederic Premji, menyatakan bahwa air dingin yang dirasakan saat mandi subuh bisa mengurangi risiko penyakit darah tinggi karena mampu menekan dari gejala varises dan pengerasan pembuluh darah.

3. Membuat Produktivitas Harian Meningkat

Mandi sebelum subuh, memberikan sinyal untuk bersiap bagi tubuh. Sehingga, organ-organ terangsang untuk aktif dan bangun. Ketika mandi, pompa jantung meningkat membuat aliran darah menjadi lancar dan ritme pernapasan meningkat. Mandi juga membuat metabolisme tubuh menjadi stabil. Hal inilah yang membuat kita lebih siap untuk menghadapi hari dan produktivitas akan lebih baik.

4. Mengurangi Nyeri

Air dingin saat mandi bisa berfungsi sebagai bius lokal untuk meredakan nyeri. Selain itu, air digin juga membantu mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan yang menjadi penyebab nyeri. air dingin pun membantu menghambat penyampaian sinyal rasa sakit ke otak.

Baca Juga :  Makanan Untuk Penyakit Jantung dan Stroke Untuk Pria

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa orang-orang yang mandi pada pagi hari cenderung lebih sehat dan mengurangi risiko untuk sakit. Dengan kata lain, hal ini bisa membantu meningkatkan imun pada tubuh.

6. Terlihat Lebih Bugar dan Awet Muda

Mandi sebelum subuh bisa membuat kerja organ-organ tubuh lebih optimal sehingga kita lebih terlihat bugar. Selain itu, mandi bisa membuat kulit lebih segar, bersih, halus, dan sehat sehingga bisa membuatmu lebih awet muda.

6 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Tubuh

Referensi: idntimes.com, hellosehat.com

Foto Ilustrasi: Hannah Xu on Unsplash

Baca Juga :  Viral, Apa Benar Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista? Ciri-ciri Kista Ovarium, Termasuk Kembung dan Sering Buang Air