Tips Menata Rumah Minimalis ala Skandinavia, Furnitur bergaya scandinavian dipastikan dapat memenuhi kebutuhan serta dapat menghemat ruangan.Tidak heran jika banyak sekali orang yang mengaplikasikan interior ini ke dalam tempat tinggal mereka.

Konsep Scandinavian minimalis seperti dikutip dari scandification.com menggabungkan kesederhanaan, kenyamanan (hygge) dan kepraktisan. Konsep ini tentang membuat rumah menjadi indah tetapi juga praktis dan nyaman sehingga Anda dapat merasa benar-benar santai dan damai.

Tips Menata Rumah Minimalis ala Skandinavia

Konsep desain Skandinavia hadir dengan gaya yang ringan, terang dan simpel. Gaya interior ini sangat cocok digunakan untuk tipe hunian berukuran kecil, baik itu apartemen tipe studio, ataupun jenis rumah minimalis.


Berikut beberapa Tips Menata Rumah Rumah Minimalis ala Skandinavia yang telah dLuz rangkum dari beberapa sumber, yaitu:

  • Warna netral
    Penggunaan warna netral merupakan ciri khas dari desain ala Skandinavia. Selain menjadikan ruang lebih cantik, ternyata penggunaan warna ini dapat memberikan kesan ruang yang lebih luas dan modern.
  • Bukaan yang besar
    Bukaan besar menjadi salah satu ciri khas lain dari desain ala Skandinavia. Dengan bukaan yang besar membuat ruangan terlihat lebih terang, lebih hemat energi dan memberikan kesan yang natural.
  • Aksen Kayu
    Selain dari bukaan yang besar dan pengunaan warna netral yang dominan, adanya aksen kayu menjadikan desain ala Skandinavia lebih sempurna. Penggunaan elemen kayu dengan warna terang semakin memperkuat kesan minimalis, luas, dan ringan.
  • Desain Minimalis
    Desain ala Skandinavia didasari pada gaya hidup minimalis, oleh karena itu konsep desain ini sedikit menggunakan dekorasi ruangan dan menitik beratkan pada pemenuhan fungsi dasar dari masing-masing ruang.
  • Menambahkan Tanaman Hias
    Kecintaan orang Skandinavia terhadap alam dan menghabiskan waktu di luar ruangan juga tercermin dalam gaya desain interior mereka. menambahkan bunga segar dan tanaman dalam ruangan adalah cara sederhana untuk membawa suasana luar ruangan ke dalam ruangan. Selain itu, tanaman juga dapat berfungsi sebagai pemanis ruangan.
  • Interior Scandinavian Simple dan Fungsional
    Furniture di rumah Skandinavia memprioritaskan kesederhanaan dan fungsionalitas. Tetapi interior rumah Skandi tetap memiliki keanggunan dan keindahan. Misalnya, lampu gantung sering digunakan sebagai pengganti lampu gantung besar. Aksesori rumah yang ditambahkan ke rumah Skandinavia selalu memiliki fungsi misalnya penyimpanan atau penataan dan sekaligus melengkapi desain keseluruhan.
  • Interior Scandinavian Memiliki Furniture dari Kain yang Hangat dan Nyaman
    Kulit domba dan wol menambah tekstur dan kehangatan yang nyaman. Pertimbangkan juga tekstur alami seperti kapas atau goni untuk menciptakan ruang yang lebih organik.
  • Hadirkan Motif Geometris
    Untuk membuat ruangan terlihat lebih segar dan dinamis tapi tetap bergaya Scandinavian, pilih pajangan atau lukisan bermotif simpel. Motif-motif geometris seperti garis-garis, polka dot, heksagonal atau diamond. Motif yang simpel akan membuat ruangan terkesan lebih panjang atau lebar dari sebenarnya. Sebaliknya motif yang rumit dan ramai seperti bunga, buah atau kulit binatang cenderung membuat ruangan terkesan lebih kecil.
  • Pencahayaan yang Cukup
    Buatlah ruangan terlihat lebih terang untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih lebar. Biarkan cahaya alami masuk ke rumah Anda lewat jendela atau ventilasi lainnya. Jika sudah memiliki jendela yang lebar, maka Anda hanya cukup membuka lebar-lebar tirai agar cahayanya masuk. Tapi jika belum ada jendela lebar, perbanyak ventilasi dan jika perlu renovasi rumah untuk menambahkan jendela. Perlu usaha lebih memang, namun cukup layak untuk membuat rumah terasa lebih nyaman dalam jangka panjang.

Dilansir dari BHG Australia dan Livspace, berikut rekomendasi warna rumah yang cocok untuk gaya minimalis ala Skandinavia.

  • Putih
    Warna putih merupakan warna “wajib” dalam interior bergaya Skandinavia. Warna putih dapat menghadirkan kesan bersih dan terang ke dalam ruangan. Selain itu, karena bersifat netral, warna putih dapat digunakan sebagai warna dasar dan dapat dikombinasikan dengan warna apa saja.
  • Abu-Abu
    Jika Anda menginginkan warna netral dengan kesan sejuk pada rumah bergaya Skandinavia, coba gunakan warna abu-abu. Anda bisa menggunakan variasi warna abu-abu apapun, mulai dari gelap ke terang. Kombinasikan berbagai warna abu-abu yang berbeda untuk mendapatkan tampilan interior ala Skandinavia yang tidak monoton.
  • Coklat
    Warna coklat kerap dikaitkan dengan kayu yang merupakan elemen utama dalam gaya minimalis ala Skandinavia. Jadi, Anda dapat memilih warna coklat gelap atau terang yang menyerupai warna kayu. Penggunaan warna coklat kayu dalam interior ala Skandinavia dapat menghasilkan tampilan ruangan yang modern, klasik, dan timeless.
  • Hijau
    Selain warna coklat, warna hijau juga dapat Anda gunakan untuk menghadirkan kesan alami dan natural pada interior Skandinavia. Anda bisa menggunakan warna sage green yang kalem atau gunakan warna hijau gelap yang pekat dan memberi kesan pepohonan yang segar.
  • Biru Pastel
    Warna biru pastel yang terang dan pucat dapat memberikan kesan sejuk, nyaman, dan damai ke dalam rumah bergaya Skandinavia. Anda dapat mengombinasikan warna biru pastel dengan warna putih dan hitam untuk memberi kontras warna yang apik pada interior rumah Anda.
  • Pink Pastel
    Warna pink pastel yang pucat atau warna dusty pink yang kalem dapat Anda gunakan untuk menghadirkan kesan netral dan lembut. Kombinasikan warna dusty pink dengan warna coklat muda, abu-abu, dan putih untuk mendapatkan tampilan rumah minimalis ala Skandinavia yang cantik.


Ruang tamu bergaya Skandinavia sangat mengutamakan banyaknya pencahayaan yang masuk secara alami ke dalam ruangan. Penggunaan jendela besar merupakan salah satu faktor penting sekaligus ciri khas dari desain interior ruang tamu ala Skandinavia ini. Jika tak memiliki ukuran jendela tak terlalu besar, Anda bisa membuka jendela lebar-lebar untuk memberikan kesan cerah di ruang tamu. Itulah Tips Menata Rumah Rumah Minimalis ala Skandinavia, semoga informasi ini bermanfaat.

Tips Menata Rumah Minimalis ala Skandinavia

Referensi:

  • Tips Menata Rumah ala Scandinavian agar Ruangan Terkesan Lebih Luas, detik.com
  • Mencari Warna yang Cocok untuk Rumah Minimalis ala Skandinavia? Ini Rekomendasinya, momsmoney.id
  • 12 Ciri Interior Scandinavian untuk Mempercantik Rumah, ruparupa.com
  • 4 Tips Desain Ruang Tamu ala Skandinavia atau IKEA ,kompas.com
  • com
  • Top 10 Tips for Creating a Scandinavian Interior, mymove.com
  • Scandinavian Interior Design: 6 Tips to Bring Scandi Style to Your Home,moderndane.com
  • https://www.youtube.com/watch?v=UnbmxUDtexE