5 Peluang Kerja untuk Lulusan Teknik Nuklir. Adakah yang bingung dengan prospek kerja lulusan Teknik Nuklir? Waja saja, sih. Sebab, program studi Teknik Nuklir masih terbilang langka di Indonesia. Saat ini, baru ada satu perguruan tinggi yang membuka Prodi S1 Teknik Nuklir, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Selain itu, ada Sekolah Tinggi Teknik Nuklir milik BATAN yang bersifat kedinasan.



5 Peluang Kerja untuk Lulusan Teknik Nuklir

Nah, Teknik Nuklir tidak hanya membahas nuklir sebagai senjata lho, tapi justru membedah hingga ke bagian terkecilnya. Karena masih terbilang awam dan langka, banyak yang belum tahu apa saja peluang kerja lulusan Teknik Nuklir. Buat kamu yang penasaran, simak yuk, lima prospek kerja Sarjana Teknik Nuklir berikut ini.

  1. Perusahaan Pertambangan

Mata kuliah yang dipelajari di Teknik Nuklir berkutat seputar fisika, kimia, dan matematika. Mahasiswa Teknik Nuklir terbiasa dengan kegiatan riset, observasi mendalam, dan punya ketelitian cukup tinggi. Pengetahuan ini sangat berguna di dunia pertambangan. Jadi gak harus selalu berhubungan dengan nuklir, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan juga mencari lulusan Teknik Nuklir yang kompeten.

  1. Perusahaan Perminyakan

Teknik Nuklir juga mempelajari tentang termodinamika, mekanika fluida (mekanika macam-macam jenis cairan), serta perpindahan panas dan massa. Pengetahuan ini banyak diaplikasikan di dunia perminyakan. Jadi gak ada salahnya, lulusan Teknik Nuklir menjajal peruntungan di perusahaan perminyakan.



  1. Perusahaan di Bidang Energi

Pada dasarnya, yang dipelajari dalam Teknik Nuklir adalah tentang energi. Reaksi nuklir melibatkan dan melepaskan energi. Nuklir juga bisa dijadikan sumber energi pembangkit listrik. Meski di Indonesia belum ada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), lulusan Teknik Nuklir bisa juga bergabung dengan perusahaan energi yang sudah ada seperti PLN, PJB, atau perusahaan lainnya milik swasta.

  1. Kementerian ESDM

Badan pemerintahan yang membutuhkan lulusan Teknik Nuklir adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM). Cakupannya luas, kamu yang tertarik bekerja di sini bakal mengeksplorasi sumber-sumber energi di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Pengajar atau Peneliti di Bidang Kesehatan

Teknik Nuklir juga ada hubungannya dengan dunia kesehatan, lho. Sinar gamma dan sinar X punya fungsi penting dalam bidang medis, yaitu radiologi. Pelaksanaan radioterapi dan radiodiagnosis tak bisa lepas dari reaksi nuklir di dalamnya.

5 Peluang Kerja untuk Lulusan Teknik Nuklir



Bagaimana Sobat Phi, menarik, kan? Meski prodinya langka, peluang kerjanya luas banget kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan prospek karir di masa mendatang.

*sumber: idn times

Chat Bersama Kami
Read previous post:
9 Prospek Karir untuk Lulusan Astronomi
9 Prospek Karir untuk Lulusan Astronomi

Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi
Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi

mengenal mata kuliah jurusan astronomi, mata kuliah jurusan astronomi, kuliah jurusan astronomi, jurusan astronomi
Mengenal Mata Kuliah Jurusan Astronomi

Close