Greeone

9 November Hari Penemu Dunia (World Inventiors Day), tahukah kamu, Kalau tanggal 9 November diperingati sebagai hari penemu sedunia? Atau dikenal sebagai World Inventiors Day 9 November. Tanggal tersebut dipilih sebagai penghormati dan menghargai terhadap para penemu dunia.

9 November Hari Penemu Dunia (World Inventiors Day)

Baca Yuk :

Sekarang ini, banyak kenyamanan dan kemudahan yang ada karena adanya penemuan-penemuan yang telah ditemukan oleh orang-orang tercerdas di dunia. Oleh karena itu 9 November diperingati sebagai Hari Penemu Dunia (World Inventiors Day).

Hari Penemu Dunia  (World Inventiors Day)

Pada tanggal 9 November adalah Hari Penemu Dunia atau lebih dikenal dengan World Inventiors Day. Sebagai sebagai penghargaan terhadap para penemu dunia.

Hari Penemu dibuat untuk mengingatkan kita tentang para penemu masa lalu dan memberikan penghormatan yang diperlukan kepada para penemu masa kini. Hari Penemu harus membuat kita sadar bahwa segala sesuatu, atau setiap penemuan adalah untuk memulai kehidupan sebagai sebuah ide dan para penemu ini memiliki dampak yang lebih besar dan lebih positif di dunia.

Dahulu, para penemu sebagian besar berdiri sendiri dengan ide-ide mereka di awal dilakukan sendiri. Banyak Ide-ide yang bagus tidak diakui dan semakin banyak ide yang tidak konvensional, Banyak sekali para penemu juga diejek.

Sebagai contohnya adalah mobil, mobil pertama terdengar keras dan bau asap dan hanya memiliki sedikit peluang untuk sukses di masa depan, kemudian contoh lainnya adalah komputer, komputer pertama tidak membuat hidup kita lebih mudah, tetapi ide-idenya saat ini semakin lama semakin bagus dengan membuat terobosan yang baru. Kita sebagai orang yang menikmatinya tentu saja kita harus berterima kasih terhadap para penemu-penemu dunia yang telah berjasa.

Tidak semua negara merayakan Hari Penemu Dunia  (World Inventiors Day), sehingga tidak banyak informasi mengenai sejarah Hari Penemu tersebut.

Mengenal 5 Penemu Paling Penting Sepanjang Masa

Penemu Listrik

Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Fenomena listrik telah dipelajari sejak zaman purba, meskipun pemahaman secara teoritisnya berkembang lamban hingga abad ke-17 dan 18. Meski begitu, aplikasi praktisnya saat itu masih sedikit, hingga di akhir abad ke-19 para insinyur dapat memanfaatkannya pada industri dan rumah tangga.

Perkembangan yang luar biasa cepat pada teknologi listrik mengubah industri dan masyarakat. Fleksibilitas listrik yang amat beragam menjadikan penggunaannya yang hampir tak terbatas seperti transportasi, pemanasan, penerangan, telekomunikasi, dan komputasi. Listrik menjadi penemuan penting dalam peradaban umat manusia karena listrik menjadi sumber energi yang sangat penting. Listrik menjadi salah satu sumber energi yang sangat penting.

Jika dahulu tidak ada yang menemukan listrik maka saat ini kita akan hidup di kegelapan dan keterbelakangan. Namun demikian, tidak ada satupun orang yang disebutkan membuat penemuan listrik ini. Namun demikian ada beberapa nama yang muncul yaitu Benjamin Franklin dengan eksperimen layang-layangnya, dan Nikola Tesla yang dijuluki sebagai bapak listrik karena pemahamannya tentang kekuatan listrik.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kenyamanan dan kemudahan hadir karena penemuan-penemuan yang telah ditemukan oleh orang-orang cerdas di dunia.

Penemuan Telepon

Telepon adalah pesawat dengan listrik dan kawat, untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya. Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Ada banyak kontroversi mengenai penemuan telepon. Bagaimana pun juga, Alexander Graham Bell adalah bapak telepon. Sebab, desain telepon miliknya pertama kali dipatenkan pada 7 Maret 1876. Namun, Graham Bell bukanlah tokoh penemu telepon pertama yang menemukan ide telepon.

Dikutip dari Library of Congress, jauh sebelum Graham Bell mematenkan desain teleponnya, seorang imigran Italia bernama Antonio Meucci telah mengembangkan desain telegraf yang bisa berbicara pada 1849.

Sejarah Penemu Telepon

  • 1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel.
  • 1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit.
  • 1876, perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.
  • 1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat di mana telepon pertama kali dibuat dengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. Perusahaan Bell juga dtelah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen, diafragma besi, dan dering panggilan.
  • 1878, papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran di bawah kepemimpinan Theodore N. Vail, perusahaan Bell mempunyai 10.000 telepon yang dapat digunakan.
  • 1880, sirkuit metalic pertama dipasang. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire menjadi two-wire. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang sering kali dirasakan dengan penggunaan jalur one-wire.
  • 1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.
  • 1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.

Penemu Pesawat

Pesawat terbang yang lebih berat dari udara ini diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di sekitar Amerika Serikat.

Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Farnborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya.

Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Prancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900.

Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II.

Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Penemu Bohlam

Bohlam atau lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya.Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.

  • Pengembangan lampu pijar sudah dimulai pada awal abad XIX, Sejarah lampu pijar dapat dikatakan telah dimulai dengan ditemukannya tumpukan volta oleh Alessandro Volta.
  • Pada tahun 1802, Sir Humphry Davy menunjukkan bahwa arus listrik dapat memanaskan seuntai logam tipis hingga menyala putih.
  • Lalu, pada tahun 1820, Warren De la Rue merancang sebuah lampu dengan cara menempatkan sebuah kumparan logam mulia platina di dalam sebuah tabung lalu mengalirkan arus listrik melaluinya. Hanya saja, harga logam platina yang sangat tinggi menghalangi pendayagunaan penemuan ini lebih lanjut Elemen karbon juga sempat digunakan, namun karbon dengan cepat dapat teroksidasi di udara, oleh karena itu, jawabannya adalah dengan menempatkan elemen dalam vakum.
  • Pada tahun 1870-an, seorang penemu bernama Thomas Alva Edison dari Menlo Park, negara bagian New Jersey, Amerika Serikat, mulai ikut serta dalam usaha merancang lampu pijar. Dengan menggunakan elemen platina, Edison mendapatkan paten pertamanya pada bulan April 1879. Rancangan ini relatif tidak praktis namun Edison tetap berusaha mencari elemen lain yang dapat dipanaskan secara ekonomis dan efisien.Pada tahun yang sama, Sir Joseph Wilson Swan juga menciptakan lampu pijar yang dapat bertahan selama 13,5 jam. Sebagian besar filamen lampu pijar yang diciptakan pada saat itu putus dalam waktu yang sangat singkat sehingga tidak berarti secara komersial. Untuk menyelesaikan masalah ini, Edison kembali mencoba menggunakan untaian karbon yang ditempatkan dalam bola lampu hampa udara hingga pada tanggal 19 Oktober 1879 dia berhasil menyalakan lampu yang mampu bertahan selama 40 jam.

Namun sebelumnya juga ada tokoh Muslim sebagai Ilmuwan-ilmuwan hebat, ilmuwan tersebut telah melakukan penelitian dan menghasilkan karya yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah:

  1. Ibnu Ismail Al-Jazari pada abad ke-13, Teknologi robotik .
  2. Ibnu Al-Haitsam tahun 967, Pencipta Kamera.
  3. Abbas Ibnu Firnas Abad ke-9 , Pencipta Rancangan Pesawat Terbang.
  4. Ibnu Sathir abad ke-13, Penemu Teknologi jam
  5. Al-Khawarizmi tahun 780, Penemu angka nol

Itulah tadi informasi tentang 9 November Hari Penemu Dunia (World Inventiors Day),  semoga bermanfaat.

Source: enkosa.com, days.tigweb.org/world-inventors-day, gramedia

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Streaming Now